Garasi.id juga bekerjasama dengan leasing-leasing ternama seperti BCA Finance, BCA Syariah dan Dipo Star Finance sehingga proses pengajuannya jauh lebih cepat.
Hanya di garasi.id pengajuan kredit semudah kamu berbelanja online

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

22 Mar 2020 | 14:32 WIB

Mengajukan kredit mobil bekas merupakan salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk segera memiliki kendaraan roda empat dengan mudah. Hal ini bahkan akan sangat sesuai untuk kamu yang pada dasarnya hanya memiliki sejumlah dana yang kecil untuk kebutuhan yang satu ini.

Membeli mobil dengan cara kredit mobil bekas akan memberi kamu kesempatan untuk memiliki kendaraan pribadi dengan mudah, tanpa harus berlama-lama mengumpulkan sejumlah dana yang besar terlebih dahulu. Hal ini tentu tidak ada salahnya, selama dilakukan dengan pertimbangan dan perhitungan yang tepat.

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Namun sebagaimana pengajuan kredit lainnya, pengajuan kredit mobil bekas ini juga harus membutuhkan persetujuan dari pihak ke-3 (leasing) yang akan menjadi sumber pendanaan dalam pembelian kredit yang kamu lakukan. Artinya, penting untuk membuat pihak leasing menyetujui pengajuan kredit mobil bekas tersebut. Untuk urusan yang satu ini, luangkan waktu kamu mempersiapkan segala sesuatunya, agar pengajuan kredit mobil kamu bisa disetujui dengan cepat.

Nah, beberapa cara berikut ini, bisa kamu lakukan untuk mempermudah proses pengajuan kredit mobil bekas tersebut dan tentunya bisa cari di website mobil bekas seperti Garasi.id:

Lakukan simulasi awal kredit mobil bekas

Membeli mobil dengan cara kredit tentu akan menghasilkan sejumlah cicilan tetap setiap bulannya, di mana besaran cicilan ini akan sangat dipengaruhi oleh harga mobil dan juga tempo cicilan yang akan kamu pilih. Semakin mahal harga mobil yang kamu beli dan semakin singkat tempo cicilannya, maka jumlah cicilan ini akan semakin besar. 

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Untuk itu, penting bagi kamu melakukan simulasi awal kredit mobil bekas dengan baik, di mana kamu menghitung kemampuan keuangan dan juga menyesuaikannya dengan pembelian mobil yang akan kamu lakukan. Hindari untuk mengambil kredit dengan cicilan yang besar dan berada di luar kemampuan keuanganmu, sebab hal ini akan menjadi masalah serius di dalam keuangan.

Sesuaikan tipe mobil saat ingin kredit mobil bekas

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Beragam jenis mobil yang tersedia dari berbagai merek dan juga berbagai desain terbaru serta tipe mobil yang berbeda-beda. Jika memerlukan mobil yang bisa digunakan bersama keluarga, sebaiknya memilih mobil khusus untuk keluarga, dengan desain yang minimalis, ruang yang cukup luas dan juga bahan bakar yang irit. Sementara, jika menginginkan sebuah kemewahan dari mobil, anda pilih mobil bertipe sedan yang tentunya memiliki desain yang elegan dan terkesan mahal. Pilihlah tipe mobil yang sesuai kebutuhan kamu ketika hendak kredit mobil bekas.

Hitung besaran uang muka serta cicilan kredit mobil bekas

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Umumnya untuk kredit mobil bekas, pihak leasing mensyaratkan uang muka sebesar 20%-30%. Untuk antisipasinya sebaiknya sebelum mengajukan kredit, siapkan dana untuk pembayaran uang muka tersebut, sesuai dengan harga kendaraanya. Misalnya jika harga mobil Rp200 Jutaan, maka uang muka yang harus disiapkan, sebesar Rp40 Juta – Rp60 Jutaan. Besarnya uang muka juga berpengaruh pada tenor cicilan anda nantinya, semakin besar uang muka, peluang memperpendek tenor cicilan bisa dipilih.

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Perlu di ingat dan di tanamkan dalam diri kita, dalam mengajukan kredit mobil bekas, nilai kredit harus lebih kecil dari pendapatan. Jika nilai kredit lebih besar daripada pendapatan, kita akan bingung untuk melunasi kredit tersebut dan berurusan dengan hukum. 

Memiliki rekening sehat

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Usahakan anda memiliki rekening sehat, yang seimbang antara pemasukan dan pengeluarannya ketika hendak melakukan kredit mobil bekas. Bahkan, pastikan pemasukan maksimal sehingga ketika pihak leasing melihat rekening, mereka akan percaya bahwa kamu mampu membayar cicilan setiap bulannya kelak. Paling tidak, usahakan nominal pemasukan terus meningkat dan jangan sampai Sahabat pernah masuk daftar hitam APPI (Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia) dan BI (Bank Indonesia), karena data nasabah dapat dengan mudah ditelusuri melalui sistem checking.

Siapkan semua syarat yang diminta

Jangan lupa untuk mempersiapkan semua syarat (dokumen) yang diminta, agar pengajuan kredit ini bisa berjalan dengan lancar. Tanyakan berbagai syarat ini sejak awal, sehingga kamu bisa mempersiapkannya dengan baik sejak jauh-jauh hari.

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Jika semua cara di atas kamu lakukan dengan baik, maka proses pengajuan kredit mobil bekas yang kamu inginkan tentu akan berjalan dengan lancar. Untuk proses yang terjamin dan terpercaya, kunjungi Garasi.id yang memiliki reputasi baik dan terpercaya Di sana, kamu akan menemukan banyak pilihan mobil bekas berkualitas, tentunya dengan harga terbaik dan paling menguntungkan.

Pertimbangkan apakah kredit mobil bekas menguntungkan

Ingin Punya Mobil? Begini Cara Kredit Mobil Bekas yang Mudah

Pertimbangkan dengan baik, apakah Sahabat benar-benar membutuhkan mobil saat ini atau tidak. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. Jangan sampai hanya karena ingin memiliki mobil kamu terlilit hutang yang akhirnya akan berdampak pada pengeluaran dan anggaran rumah tangga nantinya.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 13:37 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

jualbelimobilbekastipsjualbelimobilkreditmobilbekasgarasiid