DP Mobil Tinggi
Masa Transisi DP Mobil Tinggi

Sulitnya Beli Mobil Dengan Ketentuan DP Mobil Tinggi

12 Agt 2020 | 16:38 WIB

Baru-baru ini ramai pemberitaan tentang ketatnya pengajuan pembiayaan mobil bekas. DP mobil ringan yang dulu menjadi angin segar untuk masyarakat, kini di masa transisi atau new normal malah menjadi keluhan baru masyarakat. DP mobil 50% dari harga mobil di saat masa transisi ini pasti semakin terasa berat untuk sebagian masyarakat yang ingin mengajukan pembiayaan untuk membeli mobil bekas.

Sulitnya Beli Mobil Dengan Ketentuan DP Mobil Tinggi

Hal itu di tegaskan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) yang menyatakan sejumlah perusahaan leasing harus menaikkan uang muka (down payment/DP) pembelian kendaraan menjadi 35% - 40% dari sebelumnya hanya 25% saja untuk me-mitigasi risiko gagal bayar. Kamu juga bisa membaca Kendala Terbesar Beli Mobil Bekas Dimasa Transisi, Ini Faktanya.

Sulitnya Beli Mobil Dengan Ketentuan DP Mobil Tinggi

Kebijakan yang disebutkan oleh Ketua APPI Suwandi Wiratno ini dilakukan karena situasi ekonomi di masa pandemi Covid-19 belum sepenuhnya normal, sehingga perusahaan pembiayaan melakukan langkah mitigasi dengan menaikkan uang muka kendaraan dan lebih selektif mencari nasabah baru. Meski salah satu solusi di masa transisi ini adalah memiliki kendaraan pribadi.

Aman Berkendara Dengan Mobil Pribadi

Dimasa transisi seperti sekarang, berarti kita dituntut untuk bisa hidup berdampingan dengan virus Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia. Kita harus bisa melindungi diri dengan mengubah kebiasaan baru dengan selalu menjaga kebersihan dimanapun berada. Dengan kendaraan pribadi, Sahabat bisa lebih aman karena tau bagaimana kondisi Sahabat. Sahabat juga bisa lebih totalitas dalam menjaga kehigienisan kendaraan Sahabat, dan yang paling penting Sahabat jadi tidak berinteraksi dengan sembarang orang atau harus berkerumun menunggu antrian untuk masuk ke kendaraan umum bila menggunakan kendaraan pribadi saat ingin beraktivitas seperti pergi ke kantor misalnya.

Sulitnya Beli Mobil Dengan Ketentuan DP Mobil Tinggi

Dengan kebijakan kenaikan DP mobil ini sangat merugikan untuk masyarakat yang ingin bergegas membeli mobil agar aktivitas tetap berjalan secara maksimal tanpa takut terpapar virus. Dampak lain dari kenaikan DP mobil adalah semakin sulitnya para calon konsumen menemukan lembaga pembiayaan yang terpercaya dan bisa memberikan DP mobil ringan untuk mewujudkan rasa aman dari segi pembiayaan mobil kepada calon konsumen.

Lalu Apa Mungkin ada Solusi Pembiayaan DP Mobil Ringan?

Sulitnya Beli Mobil Dengan Ketentuan DP Mobil Tinggi

Di seiring berjalannya waktu dengan mulai berangsur pulihnya roda perekonomian, tidak menutup kemungkinan nantinya semua kembali normal. Tetapi bukan berarti juga di kondisi sekarang tidak ada satupun lembaga pembiayaan yang memiliki ketentuan DP mobil ringan loh Sahabat, buktinya ada di Garasi.id. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 12 Agt 2020 | 16:38 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

jualbelimobilDPmobiltinggilembagapembiayaangarasiidotomotif