Mobil Hitler
Super Mercedes

Super Mercedes Milik Hitler Siap Dilelang

08 Jan 2018 | 12:33 WIB

Sudah merupakan hal umum bahwa mobil yang memiliki sejarah pasti memiliki peminat tersendiri untuk dijadikan koleksi.

Kali ini, ada kendaraan yang cukup menjadi sorotan banyak orang karena mobil Adolf Hitler 1939 Mercedes-Benz 770K Grosser Offener Tourenwagen akan masuk ke pelelangan.

Super Mercedes Milik Hitler Siap Dilelang


Mobil yang dikenal dengan nama "Super Mercedes" ini akan dilelang ke penawar yang terdaftar di lelang Scottsdale oleh Worldwide Auctioneers di Scottsdale, Arizona pada 18 Januari 2018 nanti, seperti yang dilansir dari Detikcom.

Mobil terkenal itu merupakan salah satu kendaraan yang sangat penting pada zamannya karena digunakan oleh Hitler sebagai mobil parade utama dari Oktober 1939 sampai Mei 1941. 

Super Mercedes yang dipesan dan dibangun untuk Kanselir Jerman, diambil dari negara tersebut oleh tentara AS tepat setelah Perang Dunia II, pada 1945.

Ini menjadi bagian dari koleksi Casino Imperial Palace di Las Vegas serta beberapa koleksi mobil lainnya. Mobil tersebut, yang diduga salah satu dari delapan "pra-seri" dari generasi 770K, model W150, dianggap langka dan berharga karena merupakan satu dari sedikit Offener Tourenwagen, hanya lima yang tersisa.

Super Mercedes Milik Hitler Siap Dilelang


Mobil tersebut melakukan debut publiknya pertama kali pada bulan Oktober tahun 1939. Pada tanggal 18 Juni 1940, diarak melalui Munich sebagai bagian dari kunjungan Benito Mussolini, sebelum membawa Hitler melalui Berlin setelah kekalahan Prancis.

Setelah parade terakhirnya, mobil tersebut dikembalikan ke Mercedes-Benz di Sindelfingen untuk servis. Tapi alih-alih mencapai Fuhrer, gelombang dalam perang berbalik, dan keadaan menghalangi Grosser 189744 untuk kembali ke Berlin.

Selain Hitler, pemimpin lain dalam sejarah yang telah memiliki model mobil tersebut antara lain Kaisar Hirohito dari Jepang, Raja Norwegia, diktator Portugis Antonio de Oliveira Salazar, diktator Spanyol Jenderal Francisco Franco dan Paus Pius XI.

Mobil dengan harga yang cukup mahal itu sengaja dibuat untuk pejabat pemerintah. Kendaraan bisa dengan mudah melampaui 100 mil per jam, sebuah pencapaian besar untuk tahun-tahun sebelum dan sesudah Perang Dunia II, menurut situs lelang.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 19:17 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobillelanghitlerjualbekasklasikkoleksiperangdunia2mercedesbenzGarasisahabatsejarahjermanindonesia