Servis Mazda
Mazda CX-9

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

13 Jul 2021 | 14:08 WIB

All New Mazda CX-9 termasuk barang unik. Dia seolah bermain sendirian, berbeda dengan SUV lainnya yang ada di Tanah Air. Punya tampilan klimis, tak sepenuhnya galak seperti SUV lainnya. Tapi punya kenyamanan dan kemampuan yang tak kalah mumpuni. Sebagaimana trik posisi produk Mazda, mereka bermain di pasar niche. PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) memboyong varian anyar untuk kelas SUV yaitu Mazda CX-9 AWD. Full Size SUV 7-seater ini menyasar pasar kelas atas. Tak hanya beberapa fitur baru, seri flagship Mazda ini ditambah kapabilitas 4x4. 

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

Sejak diluncurkan pada 2018 lalu, All-New Mazda CX-9 telah mendapatkan sambutan yang luar biasa dari konsumen otomotif Indonesia. Kehadiran All-New Mazda CX-9 dengan sistem penggerak empat-roda All-Wheel Drive akan memberikan tambahan pilihan bagi pecinta SUV Premium. Mazda CX-9 memiliki 2 varian yaitu 2WD dan AWD. Dengan mesin yang Skyactiv-G 2.5 Turbo Inline, 4-cylinder DOHC 16-valve turbocharged. Pemacu daya empat silinder ini sanggup mengekstrak tenaga sebanyak 231 PS 5.000 rpm didukung torsi berlimpah 420 Nm yang sudah bisa dirasakan sejak 2.000 rpm. Bedanya adalah menggunakan AWD tadi. Inilah poin lebihnya. Distribusi tenaga yang dihasilkan mesin tersalur ke empat roda. Memberikan tambahan traksi maksimum saat berakselerasi sekaligus meningkatkan keselamatan berkendara.

Eksterior Mazda CX-9

Mengusung bahasa desain KODO: Soul of Motion pada desain eksteriornya, membuat model-model kendaraan Mazda terlihat mencolok dan kekar termasuk Mazda CX-9. Berdiri di atas struktur SKYACTIV-CHASSIS, bodinya dilabur dengan garis-garis yang mendukung aerodinamika dan didesain agar mampu menahan benturan keras. Sehingga dengan struktur tersebut dapat tetap menjaga keselamatan seluruh penghuni kabin.

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

All-New Mazda CX-9 memiliki dimensi yang lebih pendek dibandingkan generasi sebelumnya. Namun memiliki wheelbase yang lebih panjang yakni 2.885 mm sehingga menghasilkan volume kabin yang lebih luas. 

Interior Mazda CX-9

Masuk ke kabin sebenarnya serupa. Mazda menawarkan sistem Entertainment  lansiran BOSE dengan 12-speaker + Sub-woofer yang terintegrasi dengan baik di dalam interiornya. Yang meningkat adalah sistem hiburan tersebut ditambahkan kemampuan koneksi agar dapat disambungkan dengan ponsel atau gawai pintar Sahabat Garasi. 

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

All-New Mazda CX-9 juga memiliki MZD Connect Infotainment System dengan layar sentuh 9 inci. Ini lebih besar dari pendahulunya yang hanya 8 inci. Sebagai varian termewah, Mazda menggunakan Nappa Leather pada keseluruhan bagian jok sehingga memunculkan aura mewah. Ada pengaplikasian Real Wood Panel pada beberapa bagian interior. 

Fitur lain yang cukup membantu adalah Frame-Less Auto-Dimming Rear View Mirror. Bahasa mudahnya adalah spion tengah frameless. Perangkat ini memberikan tampilan yang lebih luas bagi pengemudi ketika melihat kondisi di belakang kendaraan.

Sistem Mazda CX-9

Cara kerja teknologi AWD ini cukup unik di antara pemain AWD tangguh. Secara default, penyaluran daya diberikan untuk roda depan saja. Berfungsi layaknya varian 2WD. Namun, ketika otak komputer membaca selip, maka putaran mesin akan turut diterjemahkan ke roda belakang. Sistem bekerja secara simultan, selalu membaca pergerakan roda jika terjadi selip atau membutuhkan tambahan traksi oleh roda belakang. 

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

Fitur-fitur lain penyempurnaan generasi sebelum yang ada di model 2WD tentu hadir di versi anyar ini. Menunjang kepraktisan pemakaian dan kenyamanan berkendara. Misal power liftgate dengan handsfree function. Fitur ini membantu Sahabat membuka bagasi tanpa sentuhan. Cukup menggerakkan kaki pada bagian bawah bumper belakang, maka pintu bagasi akan otomatis membuka atau menutup.

Kemudian ada Auto Hold pada Electric Parking Brake, memberikan kemudahan serta keamanan pada saat berkendara. Tidak lupa fitur control stabilitas G-Vectoring Control Plus (GVC+) yang akan menjamin pengendaraan menjadi lebih aman dan nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-9

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

Kelebihan Mazda CX-9 :

  • Nyaman Untuk Aktivitas Perkotaan
  • Varian AWD Sajikan Traksi Optimum
  • Mesin SkyActiv pertama yang pakai turbo
  • Kaya Fitur Keselamatan
  • Desain Atraktif
  • Kabin Mewah dengan Sound System Berkualitas

Kekurangan Mazda CX-9 :

  • Bodi Mazda CX-9 Besar
  • Boros BBM
  • Visibilitas Kurang Bagus
  • Harga Mahal tapi Tidak Punya Kemampuan Off Road Mumpuni
  • Baris Ketiga Sempit dan Gerah

Perawatan Mazda CX-9

Dibalik semua pembahasan tentang Mazda CX-9 diatas, memiliki tampilan dan performa mesin yang aduhai tidaklah cukup. Perawatan atau servis Mazda adalah kunci dari segalanya. Menjaga performa mesin Mazda agar selalu prima tentu harus dengan perawatan atau servis Mazda yang benar. Ikuti petunjuk pedoman perawatan dan servis Mazda secara teratur. Jangan lupa untuk selalu menggunakan spare part asli Mazda saat melakukan servis Mazda.

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

Nah buat Sahabat yang memiliki mobil dengan merek Mazda dan ingin melakukan servis mazda berkala dalam waktu dekat ini, bisa melakukanya lewat Garasi.id.

Garasi.id bersama Eurokars memberikan promo menarik servis Mazda. Buat Sahabat yang memiliki mobil Mazda dan ingin melakukan servis mazda dengan tipe Mazda CX9 bisa membeli E-Voucher Paket Servis Mazda di Garasi.id. Dengan membeli Paket Servis Mazda CX-9, Sahabat bisa mendapatkan diskon hingga 25%.

Paket Servis Mazda Meliputi : 

Telisik Lebih Dalam Mazda CX-9, Mulai Dari Kelebihan Kekurangan Hingga Perawatan

Servis Mazda CX-9 - Rp 1.628.000

  • Penggantian Oli MGO 5W-30 (Mazda Genuine Oil)
  • Penggantian Oil Filter
  • Penggantian Ring Washer
  • Engine conditioner
  • Penggunaan Mazda Brake Kit (Brake Cleaner & Brake Grease)
  • Biaya Jasa
  • Pajak Pertambahan Nilai (PPn)

Buat Sahabat yang tertarik promo ini bisa cek Servis Mazda, dan untuk info lebih lanjut silahkan hubungi di [email protected] atau 0813-1858-8068 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00 WIB.

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 13 Jul 2021 | 14:08 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

reviewmobilmazdacx9servisresmimazdagarasiidjualbelimobilonlineperawatanmobil