Garasi.id
Mobil SUV Pilihan Garasi.id

Temukan Mobil SUV Idaman di Garasi.id

20 Sep 2019 | 13:40 WIB
BAGIKAN

Jenis mobil SUV atau Sport Utility Vehicle (SUV) merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak disukai oleh pasar Indonesia. Tidak heran hampir semua produsen otomotif mengeluarkan produk SUV mereka masing-masing. Mobil SUV menjadi salah satu pilihan mobil offroad yang banyak disukai selain mobil jeep. Biasanya mobil jeep mempunyai harga yang sangat tinggi, namun mobil SUV menawarkan harga dengan rentang harga yang lebih luas.

Temukan Mobil SUV Idaman di Koleksi Pilihan Garasi.id

Mobil jenis SUV, menurut fungsinya mampu melewati berbagai medan, baik itu off-road maupun on-road. Mobil SUV bisa saja didesain untuk membawa muatan barang, atau penumpang. Biasanya mobil SUV dituntut tangguh untuk mampu melampaui segala jenis medan. Kapasitas bagasinya cukup luas, dan bisa menampung cukup banyak penumpang, bisa tujuh, atau delapan orang. Satu keunggulan lainnya, Mobil SUV juga nyaman untuk dikendarai.

SUV terbagi menjadi beberapa kategori 

Compact SUV

compact SUV atau juga dikenal sebagai low SUV atau Mini SUV. Compact SUV ini merupakan jenis SUV yang relatif kecil baik dari segi dimensi  maupun tenaga. Rata-rata tenaga dari Compact SUV ini berada pada level terendah dalam kategori mobil SUV yakni sekitar 1500 cc, sasisnya juga cukup rendah.

Medium SUV

Mobil SUV yang cenderung lebih besar dengan mesin kira-kira 2000-2500 cc, juga dengan dimensi yang lebih besar. Sehingga kabin terasa lebih lega dan nyaman.

Luxury SUV

Mobil-mobil yang masuk dalam klasifikasi luxurious SUV ini adalah mobil SUV yang cenderung lebih mengedepankan kenyamanan penumpang, keindahan desain, dan teknologi terdepan. Namun di sisi lain juga mempunyai tenaga yang kuat  yakni dengan mesin berkekuatan 3000 cc.

Full Size SUV

jenis Mobil SUV yang sering disebut sebagai sebenar-benarnya SUV karena memang jenis mobil suv ini mempunyai tenaga besar, torsi yang besar, serta mesin yang juga kuat. Biasanya mesin yang digunakan adalah V8 yang powerful. Selain konsumsi bahan bakar yang banyak, mobil jenis full size SUV pun harganya cukup mahal yakni berkisar Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar.

Mobil SUV merupakan gabungan Jeep, pikap dan sedan. Desainnya memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh namun lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar untuk memudahkan mobil ini melewati segala medan.

Salah satu contoh pilihan mobil SUV bekas terbaik adalah Hyundai Tucson. Hyundai Tucson merupakan mobil SUV besutan Hyundai yang ikut meramaikan pasar mobil di Indonesia, terutama pasar SUV. Mobil yang  didesain begitu megah, unik dan mewah ini sangat cocok untuk Sahabat yang menginginkan kesan elegan namun tidak melupakan sisi tangguh khas mobil SUV. Hyundai merupakan produsen mobil dari Korea Selatan, awalnya mobil besutan perusahaan ini jarang sekali terlihat melintasi jalanan di Indonesia. Namun dengan teknologi dan inovasi terbaru perusahaan ini semakin memantapkan untuk melebarkan sayapnya. Apalagi ditambah dengan permintaan mobil SUV yang cukup tinggi di Indonesia, Hyundai Tucson dibuat sebagai mobil SUV kelas menengah.

Mengenal lebih dalam tentang Hyundai Tucson

Temukan Mobil SUV Idaman di Koleksi Pilihan Garasi.id

EKSTERIOR HYUNDAI TUCSON 

Eksterior Hyundai Tucson 2016 memiliki desain body yang cukup besar dengan gaya desain aerodinamik yang membuat mobil SUV ini terlihat tangguh dan sporty. Tidak lupa dengan tambahan-tambahan fitur pada bagian luar mobil membuat mobil ini juga terlihat mewah dan elegan.

Desain bagian depan

Desain bagian depan mobil SUV ini menggunakan grill dengan bentuk heksagonal dan pada bagian tengahnya terpasang logo Hyundai yang membuat mobil SUV ini menjadi terlihat lebih kokoh dan stylish. Bagian head lamp mobil ini didesain berbentuk tajam sehingga mobil ini memperlihatkan sisi tegasnya dan menggunakan lampu LED dengan Rectangle Bi-Projector ditambah dengan Auto Light Control yang akan bekerja secara otomatis memberikan penerangan maksimal pada saat pencahayaan di sekitar. Tidak lupa ada fog lamp yang dilengkapi dengan LED DRL yang akan memberikan pencahayaan maksimal ketika sedang melewati jalanan berkabut.

Desain bagian samping

Bagian samping mobil SUV ini terlihat begitu sporty dan garang berkat lekukan yang terdapat di sepanjang pintu mobil. Aksen krom pada bagian lis jendela dan gagang pintu mobil membuat mobil ini terlihat elegan. Tidak lupa bagian samping mobil SUV ini dilengkapi dengan teknologi canggih, seperti spion yang mengusung teknologi Turning Signal LED Plus Electric Folding Mirror yang membuat spion ini bisa dilipat secara otomatis hanya dengan menekan tombol di bagian dalamnya.

Desain bagian belakang

Di bagian belakang mobil SUV ini dilengkapi dengan LED Combination Stop Lamp dan Mufler Tip Chrome yang memanjang hingga ke pintu bagasi sehingga memberikan kesan sporty dan elegan pada mobil ini. Selain itu bumper belakang didesain secara aerodinamis yang membuat bagian belakang mobil ini terlihat sporty.

INTERIOR HYUNDAI TUCSON 2016

Lanjut ke bagian interior Hyundai Tucson 2016. Karena desain eksterior mobil ini begitu besar, maka otomatis luas kabin pada mobil ini juga begitu luas. Selain itu bagian interior mobil SUV ini memiliki fitur-fitur penunjang yang canggih sehingga memberikan kesan modern dan elegan.

Temukan Mobil SUV Idaman di Koleksi Pilihan Garasi.id

MESIN HYUNDAI TUCSON 2016

Mesin Hyundai Tucson 2016 menggunakan mesin NU 2.0 MPI Gasoline 4 silinder dan 16 katup dengan kapasitas hingga mencapai 1.999 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 157 Ps setiap mencapai putaran ke 6.200 rpm dan maksimum torsi 20.0 kg.m pada putaran 4.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin mobil ini akan disalurkan melalui sebuah sistem transmisi Automatic Shiftronic 6 percepatan dengan tipe clutch Torque Converter.

Nah Sahabat, menarik bukan Hyundai Tucson untuk dimiliki. Untuk Sahabat yang berencana membeli mobil SUV bekas terbaik asal negara Korea Selatan ini bisa mencarinya di Garasi.id. Tidak hanya Hyundai Tucson, mobil SUV lainnya seperti Terios, Fortuner, Pajero, Mercedes Benz GLA 200 sport, KIA Sorento, Nissan X-trail dan sebagainnya bisa Sahabat temui di Koleksi Pilihan Garasi

Untuk informasi tambahan bila Sahabat sudah memiliki mobil SUV. Modifikasi tampilan kendaraan sesuai selera memang bisa menciptakan rasa puas tersendiri, namun modifikasi mobil kesayangan juga tidak bisa sembarangan. Seperti halnya mobil SUV yang tidak enak bila diubah menjadi ceper.

Mengapa Mobil SUV tidak enak kalau ceper?

Menjadikan mobil kesayangan menjadi mobil ceper memang tidak ada salahnya Sahabat Garasi. Tapi ingat ya, tidak semua mobil cocok untuk dijadikan ceper ya. Karena jika Sahabat Garasi memaksakan untuk menjadikan mobil tertentu menjadi ceper, dijamin tidak akan nyaman.

Sebut saja seperti jenis mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV), Multi Purpose Vehicle (MPV) yang memiliki 7 penumpang, atau Double Cabin. Karena model-model ini memang di desain dengan dimensi yang lebih tinggi untuk kenyamanan berkendara, yang bisa dikendarai di segala medan.

Selain itu mobil-mobil tersebut memiliki sasis berbeda, yang dirancang dengan mampu menahan bobot yang lebih berat. Memang mobil berjenis ini bisa saja dibuat menjadi ceper, namun kenyamanan akan dipertanyakan pastinya.

Sebut saja seperti model SUV atau mobil besar lainnya dengan bobotnya yang besar. Jika dibuat menjadi ceper, maka beban roda dan ban akan bekerja lebih berat dari model standarnya. Ini yang membuat kenyamanan akan berkurang terlebih saat berjumpa dengan jalanan berlubang atau jalanan yang kurang bagus, kenyamanan berkendara akan berkurang berkat bobot yang dibawanya.

Lalu kira-kira mobil jenis apa ya yang pas dibuat menjadi ceper? Tentu saja model yang cocok dan pas untuk dijadikan ceper ialah mobil sedan dan hatchback. Karena memang dari pabrikan, mobil ini memiliki dimensi yang cukup rendah semenjak awal. Selain itu bobot tidak terlalu berat, membuat kenyamanan akan lebih terasa.

Jadi buat Sahabat yang hobi dengan modifikasi mobil menjadi ceper, Sahabat juga bisa nih cari mobil sedan atau hatchback di Garasi.id. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 20 Sep 2019 | 13:40 WIB
BAGIKAN