Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

05 Nov 2018 | 13:36 WIB

Toyota Avanza adalah salah satu mobil keluarga yang paling banyak kita temukan di jalanan. Meskipun sudah cukup lama diluncurkan, masih banyak calon pembeli yang mencari mobil ini. Bahkan di pasar mobil bekas sendiri, Avanza termasuk tipe yang sangat mudah ditemukan. Kepopulerannya tidak lain karena mobil ini dikenal tangguh, awet, dan memiliki harga yang relatif terjangkau. Jaringan bengkel resminya pun luas, membuat pemilik mobil tidak perlu khawatir soal penanganan kerusakan dan penggantian suku cadang.

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

Nah, Sahabat Garasi, tertarik berburu mobil bekas Avanza juga? Daripada jadinya malah rugi, yuk dibaca dulu tips-tips berburu mobil yang sering disebut "mobil sejuta umat" ini.

Cek Kaki-Kaki

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

Terutama untuk unit yang sudah agak tua dan memiliki kilometer yang banyak, Sahabat harus pastikan kaki-kaki mobil sehat. Mobil Avanza banyak dijadikan kendaraan operasional dan rental, sehingga bisa saja digunakan oleh jenis orang yang urakan dalam mengemudi. Lihat juga sistem power steering electric dan bannya. Kondisi ban bisa dijadikan patokan ketika ada masalah di kaki-kaki mobil.

Test Drive

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

Berburu mobil bekas jenis apa pun, test drive adalah sesuatu yang wajib Sahabat lakukan. Saat test drive, perhatikan dengan saksama apakah ada suara aneh yang terdengar, khususnya ketika melindas lubang, melintasi gundukan, dan ketika belok. Nilai pula kenyamanan setir mobil ketika sedang melaju. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah respons dan aktivitas ban belakang, rasakan jika terjadi keganjilan.

Cek Mesin Mobil

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

Mobil bekas Avanza yang memiliki kilometer yang banyak akan berdampak pada performa mesinnya. Pastikan tidak ada kebocoran cairan di area sekitar mesin. Cek juga cairan yang berada di sekitar ruang mesin, seperti oli, minyak rem, minyak kopling, dan radiator. Jika Sahabat menemukan jejak penambahan cairan atau jumlah cairan yang berkurang, itu artinya ada masalah pada sistemnya.

Minta Buku Riwayat Servis Mobil

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

Buku riwayat servis yang terisi secara berkala menunjukkan ketelatenan pemilik sebelumnya dalam merawat mobil. Apalagi jika servis tersebut dilakukan di bengkel resmi Avanza, Sahabat jadi bisa mengecek langsung kebenaran kondisi yang tertera. Pastikan Sahabat meminta buku riwayat servis mobil sebelum memutuskan membeli unit yang mana. Penilaian dari buku riwayat servis akan lebih objektif ketimbang penilaian yang disampaikan oleh bagian penjualan gerai mobil bekas yang Sahabat datangi.

Cek Kabin

Berhubung Avanza adalah mobil bertipe MPV (Multi-Purpose Vehicle), biasanya sering digunakan untuk mengangkut penumpang dan bawaan yang banyak. Oleh karena itu, jangan lupa untuk melakukan inspeksi pada bagian dalam kabin. Lihat apakah bangku, panel pintu, dasbor, dan interior secara keseluruhan masih minim baret, sobek, atau kotor. Mungkin kesannya tidak terlalu penting, tetapi lumayan juga loh Sahabat Garasi, biaya yang harus Sahabat keluarkan untuk merapikan interior tersebut.

Cek AC

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

Terutama untuk Sahabat yang tinggal di daerah panas seperti Jakarta, jangan lupa untuk memeriksa performa AC unit yang Sahabat taksir. Cek blower depan dan belakang apakah masih menghasilkan udara dingin yang wajar.

Memilih Tipe

Tertarik Beli Mobil Bekas Avanza? Baca Ini Dulu!

Ada dua tipe pilihan mesin yang dimiliki mobil Avanza, yaitu 1.300 cc dan 1.500 cc. Untuk trim utama ada tiga pilihan: E, G, dan Veloz. Bagi Sahabat yang tinggal di kota yang penuh kemacetan seperti Jakarta, unit bertipe trim G dengan mesin 1.300 cc adalah pilihan ideal. Tipe tersebut memiliki mesin kecil yang irit bahan bakar dan fitur yang cukup. Namun jika Sahabat lebih sering menempuh jarak jauh dan ingin fitur yang lebih canggih, Avanza Veloz bermesin 1.500 cc adalah unit yang pas untuk Sahabat. Harga jual kembali tipe ini juga lebih tinggi sehingga pas untuk digunakan sebagai kendaraan pribadi.

Nah, Sahabat Garasi, mobil bekas Avanza memang pilihan MPV yang cocok untuk berbagai kebutuhan berkendara. Untuk mendapatkan mobil bekas Avanza yang berkualitas atau jenis mobkas lainnya, Sahabat bisa cek di Garasi.id. Selamat berburu Avanza bekas!

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:04 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek