Garasi.id
Garasi.id Solusi Membeli Mobil Bekas

Tertarik Beli Mobil Panther Bekas? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini

13 Nov 2018 | 16:00 WIB

Isuzu Panther merupakan pemain lama di lini MPV (Multi Purpose Vehicle). Mobil dengan tampilan sporty ini bahkan menjadi pilihan favorit masyarakat pada tahun 1990-2000. Performa tangguhnya di segala medan menjadi salah satu faktor yang membuat Panther banyak dipilih. Mesin Panther bisa dibilang cukup andal untuk diajak berkendara pada kecepatan tinggi maupun rendah.

Tertarik Beli Mobil Panther Bekas? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini

Selain memiliki performa mesin yang ciamik, Panther juga memiliki kabin luas yang mampu menampung sembilan orang penumpang. Harga jual Panther pun diklaim stabil, sehingga banyak orang yang mengincar mobil Panther bekas.

Nah, jika Sahabat salah satu pemburu mobil Panther bekas, tampaknya Sahabat perlu mengetahui beberapa poin penting berikut. Ada apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Cek Kondisi Knalpot

Tertarik Beli Mobil Panther Bekas? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini

Tidak dapat dipungkiri, mobil bekas memiliki sejumlah masalah yang mau tidak mau harus diatasi pemilik barunya. Untuk mengantisipasi melonjaknya biaya tambahan untuk reparasi mobil bekas, Sahabat patut memperhatikan kondisi mobil Panther bekas sebelum memutuskan untuk membelinya. Poin penting pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi knalpot mobil. 

Saat tes drive, coba perhatikan warna asap yang keluar dari knalpot mobil. Warna hitam menandakan konsumsi bahan bakar yang boros. Asap knalpot pada mobil dan kendaraan bermotor lainnya pun dapat berawarna biru, yang bisa jadi berarti ada kontak antara oli dan bahan bakar di dalam ruang bakar mesin.

Untuk mengatasinya, Sahabat bisa melakukan pemeriksaan volume oli secara berkala. Selama volume oli masih berada pada batas wajar dan sesuai kebutuhan, mobil pun tetap dapat dikendarai.

Baca Juga : Selain Cek Ban, Lakukan 7 Jenis Perawatan Ini pada Mobil Bekas Kesayangan Sahabat!

Bagian Bawah Mobil

Tertarik Beli Mobil Panther Bekas? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini

Memeriksa bagian bawah mobil mungkin akan menjadi bagian paling sulit. Untuk itu, Sahabat dianjurkan untuk melakukannya di bengkel yang memiliki alat untuk mengangkat mobil. Periksa apakah kondisi bawah mobil masih dalam keadaan baik, atau malah dipenuhi karat. Jika Sahabat menemukan adanya tambalan pada bagian bawah mobil, Sahabat perlu waspada sebab bisa jadi ada kerusakan pada bagian tersebut.

Pedal Kaki

Tertarik Beli Mobil Panther Bekas? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini

Penjual nakal sering kali mengakali bagian kilometer agar mobil bekas terlihat bagus. Namun, Sahabat bisa melihat indikasinya pada bagian pedal kaki. Jika karet pedal terlihat aus, mungkin kecurigaan Sahabat ada benarnya. Dengan mengetahui ada bagian yang tidak beres pada mobil bekas, Sahabat bisa menghemat waktu dan mencari pilihan alternatif mobil bekas lainnya.

Cek Kondisi Mesin

Tertarik Beli Mobil Panther Bekas? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini

Biarpun mesin mobil tampak mengilap, Sahabat tetap perlu waspada sebab para penjual nakal sering kali melakukan pencucian mesin untuk menyamarkan indikasi kebocoran pada mesin. Biasanya, cipratan oli dan air pada mesin bisa menjadi penanda ada sesuatu yang tidak beres pada mesin mobil bekas. 

Coba periksa sil-sil karet saat Sahabat selesai melakukan tes drive. Jangan lupa pula untuk memeriksa apakah ada goresan pada mur sambungan sebab goresan tersebut bisa menjadi pertanda bahwa mobil bekas yang ingin Sahabat beli pernah mengalami reparasi besar.

Surat-surat

Tertarik Beli Mobil Panther Bekas? Perhatikan 5 Poin Penting Berikut Ini

Poin ini merupakan bagian paling penting yang perlu Sahabat perhatikan saat membeli mobil bekas. Pastikan mobil bekas yang akan Sahabat beli memilki BPKB dan STNK asli sesuai antara nomer mesin dan chasisnya. Tulisan pada catatan service pun perlu diperhatikan dengan saksama. Jangan sampai tulisan pada catatan service tersebut terlihat serupa sebab bisa jadi catatan tersebut dimanipulasi oleh penjual nakal. 

Selain itu, Sahabat pun perlu memperhatikan jumlah pemilik mobil sebelumnya. Sahabat patut waspada jika mobil bekas yang akan Sahabat beli memiliki lebih dari dua pemilik dalam kurun waktu lima tahun.

Selain poin-poin di atas, Sahabat  pun wajib memercayakan transaksi jual-beli mobil Panther bekas Sahabat pada dealer yang memiliki reputasi baik. Sahabat bisa mendapatkan referensi dan ulasan mengenai mobil bekas di internet, seperti Garasi.id. Di Garasi.id Sahabat pasti bisa mendapatkan mobil Panther bekas berkualitas dengan harga menarik.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:11 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek