Pintu mobil elektrik
Pintu mobil elektrik

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

27 Mei 2021 | 09:00 WIB

Kendaraan multiguna atau Multi Purpose Vehicle (MPV) saat ini semakin banyak dipilih oleh konsumen. Alasan utamanya adalah karena mereka membutuhkan mobil yang bisa digunakan untuk berpergian bersama keluarga atau kerabat dalam jumlah banyak. Biasanya beberapa mobil MPV menggunakan pintu geser elektrik untuk menambah kesan mewah. Tetapi dibalik kemewahannya tersebut ternyata Sahabat perlu memberikan perawatan ekstra untuk merawat pintu geser elektrik atau biasa disebut electric sliding door.

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Untuk membuka pintu geser elektrik biasanya ada dua cara, yakni secara otomatis dan manual. Baik pintu geser elektrik atau manual sama-sama membutuhkan perawatan yang sama. Tidak seperti pintu biasa yang mengandalkan engsel, mekanisme pintu geser elektrik lebih rumit. Ada tambahan komponen mulai dari roller, pengunci, rel dan sebagainya. Untuk yang elektrik tentu ditambah motor penggerak pintu.

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Mobil dengan menggunakan pintu geser elektrik pastinya lebih menarik dibandingkan mobil yang menggunakan desain pintu biasa. Namun Sahabat tidak perlu khawatir, asalkan pintu geser elektrik atau manual dirawat dengan baik fungsinya akan selalu terjaga selalu. Nah, lalu bagaimanakah cara yang benar untuk merawatnya? Yuk simak di bawah ini.

Kondisi rel pintu geser elektrik atau manual

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Hal pertama yang harus dilakukan untuk selalu menjaga pintu geser elektrik atau manual bekerja dengan baik adalah memperhatikan kondisi rel pintu. Debu dan kotoran lain yang menempel pada rel pintu akan menghambat kinerja saat membuka atau menutup. Oleh karena itu, Sahabat harus sering membersihkan rel pintu dengan lap dan jangan lupa semprotkan pelumas. Jangan lupa juga perhatikan di bagian dalam rel jika ada ranting atau daun yang terselip karena bisa terdorong ke dalam bagian dalam rel pintu geser. 

Berikan pelumas pada pintu geser elektrik atau manual

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Hal kedua yang harus dilakukan untuk selalu menjaga pintu geser elektrik atau manual bekerja dengan baik adalah memberikan pelumas pada rel. Untuk melakukan tahapan ini, jangan lupa untuk benar-benar membersihkan rel seperti yang disebutkan di tahapan pertama ya Sahabat. Kamu bisa mencari pelumas gemuk yang mengandung parafin di toko-toko aksesoris mobil yang bisa kamu temui. Jangan pernah menggunakan gemuk yang mengandung oli untuk dioleskan pada rel pintu geser elektrik karena akan membuat debu dan kotoran menempel.

Cek kondisi bearing pintu geser elektrik atau manual

Hal kedua yang harus dilakukan untuk selalu menjaga pintu geser elektrik atau manual bekerja dengan baik adalah mengecek komponen bearing. Jika Sahabat mendengar bunyi asing ketika membuka atau menutup pintu geser itu menandakan komponen bearing sudah waktunya untuk di cek kondisinya. 

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Sahabat hanya perlu memberikan pelumas pada komponen bearing saja. Namun, usahakan untuk berhati-hati jangan sampai cairan pelumasnya menetes ke bodi mobil. Jika ada yang menetes ke bodi mobil, lap dengan kain halus lalu bilas dengan air dan lap kembali hingga kering. Cairan pada pelumas dapat merusak warna cat mobil sehingga dibutuhkan ketelitian saat mengoleskannya.

Jangan menggunakan pintu geser elektrik ketika mesin mati

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Bagi kalian yang memiliki mobil dengan pintu geser elektrik, usahakan jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu mobil ketika mobil dalam keadaan mati. Ketika melakukan buka tutup pada pintu geser elektrik saat mesin mati akan menyebabkan beban aki yang cukup berat. Sehingga alangkah lebih baik untuk menyalakan mesin terlebih dahulu baru mengoperasikan pintu geser elektrik. Selain itu, jangan pernah memaksa membuka pintu geser elektrik, biarkan sistem bekerja sampai selesai karena bisa merusak motor elektrik pintu tersebut.

Hindari pintu geser manual dari benturan

Pintu geser tidak bekerja seperti pintu mobil biasa yang menggunakan sistem engsel. Jadi untuk mengoperasikan membuka atau menutupnya jangan pernah dilakukan dengan keras. Dengan hentakan yang cukup keras, akan membuat pintu geser mengalami kerusakan secara perlahan. Lebih baik tutup pintu dengan pelan saja sembari melihat apakah ada benda asing yang bisa menahan pintu geser. 

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Nah itulah beberapa tips merawat dan menjaga pintu geser elektrik atau manual pada mobil agar selalu tetap awet dan bekerja dengan baik. Pintu mobil geser elektrik atau manual membuat mobil MPV tampak semakin mewah dan elegan sehingga tidak sedikit orang yang mencarinya. Untuk Sahabat yang sedang mencari mobil dengan fitur pintu geser elektrik (automatic sliding door), kalian bisa mendapatkannya di Koleksi Mobil Automatic Sliding Door di Garasi.id. 

5 Tips Merawat Pintu Geser Elektrik Mobil Agar Terhindar Dari 'Macet'

Disana Sahabat bias memilih berbagai macam jenis mobil yang memiliki fitur pintu geser elektrik. Tentunya Sahabat juga akan mendapatkan kemudahan hanya dengan 1 tarikan/sentuhan akses masuk dan keluar mobil sehingga membuat berkendara kalian semakin nyaman.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 27 Mei 2021 | 09:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiidsolusipuasperawatangarasiidpintumobilgeserelektrik
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family