Membuat SIM online
Membuat SIM online

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

20 Nov 2019 | 15:09 WIB
BAGIKAN

Membuat SIM online bukanlah perkara mustahil lagi, karena kini zaman semakin canggih begitu pula dengan pelayanan masyarakat. Polisi sudah menyediakan layanan untuk membuat maupun memperpanjang SIM secara online bagi masyarakat. 

Dengan adanya layanan membuat SIM online, tentu mempermudah masyarakat khususnya yang sibuk bekerja untuk melakukan pendaftaran. Melakukan pendaftarannya cukup mudah dan simpel, lewat website atau aplikasi resmi Korlantas. 

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

Tapi sayangnya, layanan bikin SIM online ini cuma berlaku untuk pembuatan atau perpanjangan SIM A dan C aja. Untuk SIM selain itu, diharuskan melakukan registrasi secara langsung.

SIM atau kepanjangan dari Surat Izin Mengemudi merupakan legalitas dari seseorang bahwa mereka telah layak untuk mengendarai kendaraan. Selain sudah layak mengemudi ini juga menjadi bukti bahwa kamu sudah mengetahui banyak hal tentang peraturan lalu lintas yang berlaku di Indonesia.

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

Nah bagi kamu yang masih bandel ingin mengendarai kendaraan tanpa memiliki SIM maka kamu akan melanggar ketentuan undang-undang lalu lintas seperti yang tertera di bawah ini. Setiap pengendara yang tidak memiliki SIM akan dikenakan pidana dengan kurungan penjara paling lama 4 bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta (Pasal 281).

Memang hukuman ini terbilang cukup berat untuk mendisiplin mereka yang melanggarnya. Kabar baiknya sekarang ini kamu tidak perlu bingung lagi membuat SIM karena sekarang Polri telah menggunakan layanan membuat sim online. Bagaimana sih caranya? Ayo mari kita bahas di bawah ini.’

Langkah membuat SIM online

Dahulu hanya kota-kota tertentu saja yang bisa membuat SIM online, tetapi kini semua kota sudah bisa memanfaatkan cara ini agar memudahkan pemohon SIM baru dan tidak mengantri panjang di Polres/Polda.

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

Kunjungi halaman ini untuk mengetahui di kota kamu sudah bisa melakukan pembuatan sim secara online : http://sim.korlantas.polri.go.id/simonline-registrasi/

Kunjungi website resmi Polri untuk membuat SIM online

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mendaftarkan langsung di web registrasi resmi dari Polri : http://sim.korlantas.polri.go.id

Setelah memasuki website di atas kamu bisa memilih beberapa pilihan, yaitu:

  • Perpanjangan SIM
  • Pengalihan Golongan SIM
  • Perubahan Data Pengemudi
  • Penggantian SIM karena Rusak atau Hilang

Pilih menu perpanjangan SIM dan isi semua data permohonan membuat sim online. Setelah mengisi semua data permohonan membuat sim online maka kamu akan diarahkan ke halaman data pribadi. Disini kamu harus mengisi beberapa form, form yang harus diisi: Kewarganegaraan, NIK/Nomor KTP, Nama, Jenis kelamin, tempat lahir, tanggal lahir, golongan darah, alamat, provinsi, agama, agama, tinggi, pendidikan, pekerjaan, berkacamata, cacat fisik, telepon, asal negara.

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

Selanjutnya kamu harus mengisi data keadaan darurat, ini adalah informasi yang perlu mereka tau agar dapat identifikasi kerabat atau keluarga terdekat jika kamu mengalami kecelakaan atau keadaan buruk lain. Konfirmasi data input permohonan membuat SIM online. Pastikan data yang sudah kamu tuliskan sudah sesuai sehingga tidak ada kesalahan data saat di input. Pastikan setelah mengisi data, muncul tulisan proses registrasi telah berhasil. 

Pembayaran membuat SIM online

Terakhir, proses registrasi telah berhasil maka kamu harus melakukan pembayaran melalui ATM atau EDC BRI. Setelah sukses melakukan pembayaran maka kamu harus datang ke lokasi Satpas, Gerai SIM Keliling yang telah dipilih saat registrasi melalui website dengan membawa KTP fotokopi, KTP asli dan SIM asli. Setelah itu petugas polisi akan mengecek semua data yang kamu masukan di website. Jika data cocok langsung dilakukan identifikasi dan verifikasi (pengambilan foto, sidik jari, dan tanda tangan). Pemohon akan menjalani ujian teori dan praktik seperti halnya pada pembuatan SIM baru konvensional. Jika lulus ujian, SIM diterbitkan.

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

Nah, bagaimana Sahabat mudah bukan membuat SIM online. Mungkin ada beberapa orang awam yang masih tidak mengerti apa sih keuntungan membuat SIM online. Nah berikut Garasi.id rangkum keuntungan ketika kamu memilih untuk membuat SIM online ketimbang membuat sim secara konvensional.

Pelayanan publik yang dilakukan secara online tentu bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. Ada beberapa kelebihan ketika kamu membuat SIM online, ketimbang harus datang langsung ke sana, berikut ini kelebihan-kelebihannya.

Pendaftaran bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun

Membuat SIM online gak perlu melakukan pendaftaran langsung ke kantor polisi, cukup menggunakan ponsel pintar, perangkat komputer, dan tentunya ada koneksi internet. Kamu bisa melakukan pendaftaran langsung secara online untuk mendapatkan jadwal ujian teori dan praktek.

Tidak perlu antre saat melakukan pendaftaran

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

Sebelum ada layanan ini, kamu diharuskan untuk melakukan pendaftaran secara langsung ke kantor kepolisian. Hal yang paling bikin orang malas adalah antriannya panjang dan lama. Belum lagi kalau disuruh isi data diri secara manual. Tapi, dengan layanan membuat SIM online, kamu gak perlu antri lagi deh. Tinggal klik-klik saja proses registrasi bisa langsung selesai.

Bisa memilih tanggal kedatangan

Tidak Perlu Ribet! Begini Cara Membuat Sim Online 2019

Meski membuat SIM online mudah, kamu tetap harus ke kantor kepolisian secara langsung. Kedatangan fisik diperlukan untuk ujian teori, praktek, dan pengambilan. Tapi enaknya registrasi online, kamu bisa menentukan sendiri waktu kedatangan semau kamu.

Cepat dan akurat

Membuat SIM online otomatis memangkas waktu yang diperlukan untuk proses pembuatan SIM secara keseluruhan. Karena pertama, kamu gak perlu menunggu lama karena antrian panjang pendaftarannya.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 20 Nov 2019 | 15:09 WIB
BAGIKAN