Mobil merupakan moda transportasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari
Mobil merupakan moda transportasi untuk menunjang aktivitas sehari-hari

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

30 Agt 2019 | 16:02 WIB
BAGIKAN

Pergerakan aktivitas anak muda yang tinggi membuat mereka berpikir untuk memiliki sebuah mobil. Selain terhindar dari cuaca yang ekstrem, mobil juga membuat kemudahan dalam pergerakan kaum muda sehari-hari. Tetapi, apakah mereka sudah bisa menentukan mobil apa yang paling sesuai dan dapat menunjang kesibukannya?

Sama seperti membeli barang lainnya, membeli mobil harus disesuaikan dengan kondisi keuangan yang dimiliki. Yang pasti, saat memilih mobil, baik mobil bekas atau mobil baru, banyak sekali faktor-faktor yang harus dipertimbangkan. 

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, diharapkan Sahabat bisa memilih jenis mobil apa yang sangat cocok untuk menjadi moda transportasi kamu sehari-hari. Nah, apa saja sih sebenarnya yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan membeli mobil, mari simak penjelasan di bawah ini.

Menentukan anggaran

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

Sahabat harus bertanya kepada diri sendiri, alasan apa yang mendorong kamu untuk membeli sebuah mobil. Apakah mobil tersebut hanya untuk dikoleksi, atau memang digunakan sehari-hari untuk menunjang aktivitas kamu. Jika alasan kamu adalah untuk menunjang aktivitas kamu sehari-hari, coba pikirkan berapa anggaran yang kamu miliki saat ini. Jangan pernah memaksakan diri untuk membeli mobil dengan harga yang melebihi anggaran, karena banyak faktor lain seperti perawatan yang harus kamu lakukan setelah membeli mobil.

Sesuaikan dengan kondisi finansial

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

Namanya anak muda pasti memiliki model mobil tersendiri yang mereka inginkan. Dari sekian banyak tipe mobil yang diproduksi oleh berbagai produsen, harga dan fitur pasti menjadi faktor pertimbangan utama. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sesuaikan jenis model mobil dengan anggaran yang kamu punya, tapi jangan lupakan faktor keamanan dan kenyamanan dari mobil yang akan kamu inginkan.

Sesuaikan dengan selera

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

Mahasiswa yang didominasi oleh anak muda pasti menginginkan mobil yang mendukung gaya hidup mereka. Oleh karena itu, jangan sampai kamu mengeluh di kemudian hari karena salah memilih mobil. Biar kamu tidak salah dalam memilih mobil, perhatikan spesifikasi dan fitur mobil yang dipilih dan bandingkan dengan jenis mobil yang setipe. Apalagi ketika kamu ingin membeli mobil bekas, kamu harus sangat memperhatikan riwayat pemakaian sebelumnya, kelengkapan surat, kondisi mobil dan yang lainnya.

Sesuaikan harga

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

Untuk melihat harga bekas di pasaran, kamu bisa cek di Garasi.id.Banyak anak-anak muda sekarang yang lebih memilih mobil jenis city car atau sedan dengan kisaran harga 100 jutaan. Jika budget sudah tersedia, Sahabat bisa langsung membeli secara cash dan itu lebih baik karena tidak perlu memikirkan cicilan apapun nantinya. Tetapi, kalau kamu hanya memiliki anggaran setengah dari harga mobil yang kamu inginkan, mungkin kamu bisa mempertimbangkan skema cicilan mobil. Apalagi, di Garasi.id ada promo-promo DP ringan hingga promo cicilan syariah. Tinggal mencocokan promo apa yang dibutuhkan dan pas dengan keuangan kamu Sahabat.

Memilih mobil melalui marketplace

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

Kita sekarang hidup di era digital dimana segala sesuatunya dijual melalui internet termasuk mobil. Hanya dengan menggunakan handphone yang Sahabat miliki, kamu sudah bisa membeli mobil secara online. Kamu tinggal buka sebuah situs marketplace jual beli mobil bekas yang terpercaya, transparan dan berkualitas seperti Garasi.id. Disana kamu akan mendapatkan informasi terlengkap baik dari foto mobil, data-data seperti kilometer, tahun pembuatan hingga data inspeksi mobil. Gali informasi sebanyak mungkin sehingga ketika kamu memutuskan untuk membeli kamu tidak kecewa.

Tes Drive

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

Setelah menentukan mobil apa yang kamu inginkan, ajukan untuk melakukan pengujian kendaraan (test drive) biar kamu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut. Jangan pernah ragu untuk bertanya akan kondisi mobil yang sedang diuji, walaupun data yang tertera sudah akurat. Tidak ada salahnya bukan untuk melakukan pengecekan berkali-kali.

Kelengkapan dokumen

Tips Membeli Mobil Bekas Untuk Kaum Muda

Setelah pengecekan fisik mobil selesai dan cocok dengan keinginan kamu, maka dilanjutkan ke tahap pemeriksaan kelengkapan dokumen dan legalitas mobil. STNK dan BPKB mobil harus asli berikut nomor mesin dan rangka di dalam mobil juga harus sesuai dengan yang tertera dalam BPKB. Periksa lagi dengan teliti faktur pembelian dan lakukan konfirmasi ulang pada penjual.

Nah itulah beberapa langkah agar kamu para kawula muda tidak ragu dalam menentukan jenis mobil apa yang dibutuhkan. Baik mobil baru atau bekas, langkah-langkah di atas dapat dipastikan bisa menjadi pedoman kamu ketika akan membeli mobil. Nah, apalagi jika kamu yang memang sedang dilema dalam memilih mobil terutama mobil bekas.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 30 Agt 2019 | 16:02 WIB
BAGIKAN