Mobil untuk usaha
Mobil untuk usaha

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

13 Jul 2020 | 15:12 WIB

Dalam menjalankan atau bisnis kecil-kecilan, terkadang alat transportasi memiliki peranan yang cukup penting. Salah satu alat transportasi yang biasanya memiliki peranan penting adalah mobil untuk usaha. Dengan memiliki mobil untuk usaha sendiri, Sahabat bisa menempuh jarak yang lebih jauh dengan cepat karena bisa melewati jalan tol (jika ada kebutuhan diluar kota). Selain itu, mobil juga memiliki kapasitas angkut yang lebih besar sehingga segala keperluan untuk usaha dapat dibawa dengan mudah.

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Berbisnis dengan menggunakan mobil memang lebih efisien dan hemat biaya. Sahabat  tak perlu membayar iuran sewa untuk tempat usaha. Kalaupun diminta biaya saat berhenti di sebuah lokasi jualan, kemungkinan besar harganya lebih murah dibandingkan harus menyewa sebuah ruangan untuk jualan. Di Indonesia sendiri, banyak jenis usaha yang bisa dijalankan dengan bermodalkan mobil. Mulai dari kuliner jajanan pasar, nasi pecel, kopi, pakaian dan masih banyak lagi. Nah, biar kamu tidak merugi yuk simak tips memilih mobil untuk usaha yang tepat dalam menjalankan usaha kecil-kecilanmu.

Tentukan Jenis Usaha dan Keperluan

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Langkah pertama yang wajib Sahabat ketahui ketika ingin membeli mobil untuk usaha adalah tentukan jenis usaha dan keperluannya. Jenis usaha akan sangat berpengaruh dengan jenis mobil yang akan dibeli. Misalkan mobil itu akan digunakan untuk mengantar makanan dalam usaha catering, maka kamu membutuhkan jenis mobil dengan daya angkut cukup besar dan cukup higienis, misalnya jenis family car atau MPV. Atau jika usaha anda adalah jual-beli furniture maka mobil jenis pick up atau truk yang mungkin cocok.

Sesuaikan Dengan Anggaran

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Langkah kedua yang Sahabat wajib ketahui ketika ingin membeli mobil untuk usaha adalah sesuaikan anggaran. Hitunglah perkiraan keuntungan riil-immateril yang didapat dengan memiliki mobil dan bandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Jangan sampai kalian habiskan semua dana yang ada demi untuk memiliki sebuah mobil. Jika biaya yang dikeluarkan tidak sebanding dengan keuntungan yang didapat, mungkin mobil bekas adalah solusinya. 

Perhatikan Kualitas Mobil

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Langkah ketiga dalam memilih mobil untuk usaha adalah untuk lebih detail memperhatikan kualitas mobilnya. Ingat, pastikan kondisi mobil untuk usaha selalu optimal agar tidak menghambat usaha yang kamu jalankan hanya karena mobil mengalami banyak masalah.

Biaya perawatan

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil untuk usaha, kamu perlu menyadari bahwa mobil membutuhkan perawatan dan mengalami penyusutan. Biaya perawatan mobil tentu tidak semurah perawatan sepeda motor. Anggarkan setiap bulan biaya perawatan untuk mobil, jangan sampai anda ‘kaget’ setelah terlanjur membeli mobil ternyata banyak biaya yang dikeluarkan untuk merawatnya.

Biaya bahan bakar

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Bahan bakar mobil juga perlu menjadi pertimbangan sebelum membeli mobil untuk usaha. Hitunglah perkiraan biaya bahan bakar yang akan dikeluarkan untuk mobil. Lebih lagi harga bahan bakar sekarang ini begitu mahal. Oleh karena itu, pilihlah mobil yang hemat energi, tanyakan kepada dealer atau teman montir mengenai masalah ini.

Ajak Teman

Jika kamu termasuk orang yang awam terhadap teknik otomotif, tidak ada ruginya mengajak teman yang paham seluk beluk mobil ketika survey sebelum membeli. Mintalah saran-saran dan tanyalah padanya hal-hal yang perlu diperiksa dari mobil yang akan dibeli.

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Jika kamu tidak memiliki teman yang paham benar tentang otomotif, tenang Garasi.id punya layanan yang memudahkan kamu untuk mendapatkan mobil untuk usaha yang tepat. Melalui fitur Bantu Beli Garasi.id kamu akan dibantu mulai dari mencari mobil sesuai keinginan, memastikan kondisi mobil tidak bekas banjir dan kecelakaan, hingga mengajukan kredit dengan proses cepat dan mudah.

Siapa supirnya?

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Yang tidak kalah penting adalah menyiapkan sumber daya yang akan mengoperasikan mobil untuk usaha tersebut. Jika kamu sendiri maka pastikan sudah memiliki kemampuan menyetir dan Surat Izin Mengemudi. Alangkah baiknya Sahabat membeli mobil-mobil yang tidak membutuhkan Surat Izin Mengemudi khusus seperti pick up, truk.

Koleksi Mobil Untuk Usaha

Tips Membeli Mobil Untuk Usaha Sekaligus Berinvestasi

Nah, apakah Sahabat sudah mengerti apa saja yang dibutuhkan untuk membeli mobil untuk usaha yang tepat. Untuk mendukung usaha yang akan kamu lakukan, Garasi.id sudah mempersiapkan mobil-mobil yang cocok untuk kalian lho. Melalui koleksi Mobil Penunjang Usaha, kamu akan mendapatkan mobil-mobil bekas berkualitas yang cocok untuk dijadikan mobil usaha. Daripada berlama-lama yuk cek apa saja sih mobilnya biar Sahabat tidak penasaran.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 13 Jul 2020 | 15:12 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonlinegarasiidotomotifberkualitasmobilbekasjualbelijabodetabek