Kabin yang bersih akan membuat sensasi berkendara yang nyaman
Selain membersihkan karpet, membersihkan plafon mobil juga wajib

Tips Membersihkan Langit-langit Mobil

30 Jun 2019 | 14:01 WIB
BAGIKAN

Halo Sahabat, pernahkah Sahabat memperhatikan plafon mobil Sahabat? Bagian ini memang terkadang luput dari perhatian kita saat membersihkan interior mobil karena posisinya yang di atas batas pandangan mata. Meskipun plafon berada di atas batas pandangan mata kita, plafon mobil tetap harus dirawat dan selalu dibersihkan agar kebersihan mobil tetap terjaga dan Sahabat serta keluarga pun merasa nyaman. Plafon yang kotor dan berbau kurang sedap akan membuat Sahabat tidak betah selama perjalanan. Berhubung plafon mobil zaman sekarang kebanyakan berbahan fabric dan beludru, maka mari kita simak beberapa tips untuk membersihkannya berikut ini.

Baca juga: Beli mobil bekas apa saja kondisi eksterior dan interior yang perlu dicermati

Plafon Berbahan Fabric

 Cara yang dapat Sahabat lakukan untuk membersihkan plafon mobil jenis fabric adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan cairan pembersih khusus fabric (banyak dijual di toko-toko perkakas dan aksesoris mobil) dan kain berjenis microfiber. Setelah itu, basahi kain tersebut dengan cairan pembersih fabric tadi. Sebaiknya, Sahabat tidak langsung menyemprotkan cairan tersebut ke plafon, karena hal ini malah akan membuat kotor permukaan plafon. Menyemprotkan cairan pembersih fiber ke kain berfungsi agar plafon tidak terlalu basah saat dibersihkan.

Ketika proses membersihkan plafon berlangsung, serat halus yang ada pada fabric bahan plafon akan bergerak. Oleh karena itu, lebih baik Sahabat membersihkannya dengan cara searah agar serat halus plafon tidak rontok. Setelah Sahabat membersihkannya dan permukaan plafon sudah kering, tengoklah arah serat halus plafon tadi. Pastikan serat-serat halus dalam plafon itu rapi dan menyatu dengan sekelilingnya. Untuk mengatur arah serat, Sahabat dapat menggunakan kain microfiber. Jangan gunakan sikat karena dapat membuat plafon mobil tertarik oleh bulu sikat sehingga mengakibatkan kerontokan.

Baca juga: Ini cara mudah lenyapkan noda di interior mobil tanpa bikin kantong jebol

Plafon Berbahan Beludru.

Plafon berbahan beludru sangat sulit untuk dibersihkan. Dalam perawatannya pun perlu hati-hati karena material bahan beludru berlapis-lapis. Sehingga, ada cara khusus dalam merawat dan membersihkannya. Pertama, bersihkan plafon dengan menggunakan air secukupnya. Kemudian, gosok perlahan dengan lap yang setengah basah. Lapisan luar plafon berasal dari bahan kain wol yang jika terkena air sedikit saja dapat mengakibatkan lapisan wol itu menjadi lebih lembab. Plafon yang lembab akan menimbulkan masalah baru bagi interior mobil, yaitu efek bau yang kurang sedap.

Nah, jika kamu bingung jenis perawatan apa yang cocok untuk mobil kamu, Garasi.id memberikan solusinya loh. Di garasi.id tersedia beragam paket perawatan berkualitas yang tidak hanya memberikan jasa perawatan saja tetapi juga memberikan promo menarik loh.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 02 Jul 2019 | 13:08 WIB
BAGIKAN