Perawatan interior mobil
Perawatan interior mobil

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

08 Okt 2019 | 15:30 WIB
BAGIKAN

Proses perawatan interior mobil bisa Sahabat lakukan setiap saat, hanya saja membutuhkan niat dan kesabaran yang cukup tinggi. Ingat Sahabat, memiliki sebuah mobil tidak hanya sekedar membeli dan menggunakan, tapi kamu harus mendisiplinkan diri untuk melakukan perawatan interior mobil. Baik itu perawatan interior mobil setelah digunakan atau sebelum mobil digunakan.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Kebersihan bagian interior mobil sangat mempengaruhi kondisi ketahanan dan keawetan dari semua bagiannya. Percaya tidak percaya, interior mobil yang terawat bisa meningkatkan harga jual mobil yang kamu miliki lho Sahabat. Selain itu, perawatan interior mobil juga akan membantu menjaga kesehatan Sahabat dan keluarga saat berada di dalam mobil.

Nah, apa saja sih cara perawatan interior mobil agar selalu terjaga kebersihannya dan selalu terawat kondisinya? Mari simak tips perawatan interior mobil sederhana yang bisa Sahabat lakukan dirumah baik itu di akhir pekan atau di waktu yang senggang. 

Perawatan interior mobil di bagian jok

Perawatan interior mobil yang paling penting adalah  jok (kursi mobil) yang wajib dibersihkan setiap hari. Selalu bersihkan sebelum dan sesudah digunakan agar timbul rasa nyaman dan jauh dari debu dan kotoran.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Cara membersihkannya cukup mudah, gunakan kemoceng atau lap basah untuk membersihkan bagian permukaan jok. Setelah itu gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat semua debu yang bersarang di sela-sela jok tempat duduk dan jok sandaran. Lakukan secara berulang hingga Sahabat merasa jok di mobil sudah bebas dari debu dan kotoran.

Bersihkan kaca depan dan samping

Perawatan interior mobil selanjutnya adalah menjaga kebersihan dan kekinclongan kaca mobil.  Kebersihan kaca depan, samping kanan dan juga samping kiri bagian dalam sangatlah mempengaruhi keamanan dalam berkendara. Jika komponen ini tidak diperhatikan akan berpeluang membahayakan Sahabat saat mengemudi. 

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Kebersihan kaca bagian depan sangatlah penting karena akan mempengaruhi jarak pandang mata pengemudi. Debu dan kotoran yang menempel akan membuat jarak pandang terlihat samar-samar. Sedangkan untuk kaca bagian kanan dan kiri wajib juga untuk dijaga kebersihannya karena jika kotor akan mempengaruhi aktivitas pada saat akan mendahului kendaraan lain atau saat akan berbelok.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Cara membersihkannya cukup mudah, gunakan air pada lap kanebo untuk mengangkat debu yang menempel. Setelah itu gunakan lap kering agar air yang tersisa tidak menimbulkan bercak di kaca. Selain itu ada cara lain untuk membersihkan kaca mobil yaitu menggunakan cairan khusus pembersih kaca. 

Bersihkan Bagian Pijakan Kaki

Perawatan interior mobil yang ketiga adalah membersihkan bagian pijakan kaki. Banyaknya kerikil-kerikil kecil dan juga tanah yang terbawa masuk ke dalam mobil kita oleh sandal ataupun sepatu membuat pijakan kaki kita menjadi tidak nyaman. Hendaknya Sahabat sering membersihkannya dengan menggunakan sapu khusus mobil secara rutin.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Selanjutnya untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal bisa memanfaatkan vacuum cleaner agar sisa-sisa debu bisa terangkat. Dengan demikian pijakan kaki di mobil Sahabat menjadi lebih terasa nyaman.

Perawatan interior mobil bagian setir

Bagian setir merupakan salah satu bagian yang berinteraksi langsung dengan kedua tangan. Jadi kamu wajib menjaga kebersihannya dan melakukan perawatan interior mobil di bagian ini. Jika dibiarkan, kuman dan kotoran pada setir akan menempel pada tangan.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Untuk itu sering-seringlah membersihkan setir mobil Sahabat menggunakan kanebo lembab agar debu yang ada pada bagian permukaan kemudi bisa terangkat. Selanjutnya bersihkan juga bagian-bagian sekitar kemudi yang berinteraksi langsung dengan tangan agar selalu terjaga kebersihannya

 Bersihkan Bagian Spion Dalam

Perawatan interior mobil di bagian ini wajib hukumnya. Spion yang ada di bagian dalam mobil di tengah-tengah atas mempunyai fungsi untuk membantu melihat area belakang sehingga bisa memudahkan Sahabat saat parkir ataupun bisa untuk mengamati situasi saat dalam perjalanan.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Bayangkan saja apabila kaca spion ini buram karena bekas pegangan tangan atau pun banyak debu yang menempel. Pasti fungsinya tidak akan bisa sempurna karena area yang kita lihat di spion tidak terlihat jelas.

Bersihkan Lubang Ventilasi AC

Perawatan interior mobil selanjutnya adalah merawat ventilasi AC. Komponen AC merupakan komponen yang sangat penting ketika kamu menginginkan udara di dalam kabin sejuk. Kotoran dan debu bisa saja menempel pada ventilasi AC sehingga kamu wajib menjaga kebersihannya.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Sahabat bisa membersihkannya dengan menggunakan kemoceng berbahan lembut terlebih dahulu, kemudian melakukan penggelapan menggunakan kanebo lembab. Jika AC mobil bersih, maka sirkulasi udara di dalam mobil pun ikut bersih dan tentu saja lebih sehat.

Bersihkan Bagian Dashboard Mobil

Perawatan interior mobil di bagian dashboard sangatlah penting.  Sahabat yang sedang berkendara akan banyak meletakkan barang perlengkapan termasuk makanan di bagian ini.  Nah jika Sahabat malas membersihkan permukaan dashboard mobil, bisa beresiko mengganggu kesehatan yang datang melalui makanan yang dimakan pada saat sedang berada di dalam mobil.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Cara membersihkannya pun cukup mudah, bersihkan dulu dengan menggunakan kemoceng untuk mengangkat debu yang ada pada permukaan. Untuk mengangkat semua debu yang masih tersisa, anda bisa mengelapnya menggunakan kanebo lembab dan menyemprotkan anti bakteri.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Cukup mudah bukan Sahabat untuk melakukan langkah-langkah dalam perawatan interior mobil diatas. Nah, selain itu ada lagi yang perlu kamu perhatikan ketika melakukan perawatan interior mobil, bagian tersebut adalah bagian langit-langit mobil. Bagian ini memang terkadang luput dari perhatian kita saat melakukan perawatan interior mobil karena posisinya yang di atas batas pandangan mata. 

Perawatan interior mobil bagian plafon

Meskipun plafon berada di atas batas pandangan mata kita, plafon mobil tetap harus dirawat dan selalu dibersihkan agar Sahabat serta keluarga pun merasa nyaman. Plafon yang kotor dan berbau kurang sedap akan membuat Sahabat tidak betah selama perjalanan. Berhubung plafon mobil zaman sekarang kebanyakan berbahan fabric dan beludru, maka mari kita simak beberapa tips perawatan interior mobil bagian di bagian plafon. 

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Plafon Berbahan Fabric

Cara melakukan perawatan interior mobil bagian plafon mobil jenis fabric adalah dengan terlebih dahulu menyiapkan cairan pembersih khusus fabric (banyak dijual di toko-toko perkakas dan aksesoris mobil) dan kain berjenis microfiber. Setelah itu, basahi kain tersebut dengan cairan pembersih fabric tadi. Sebaiknya, Sahabat tidak langsung menyemprotkan cairan tersebut ke plafon, karena hal ini malah akan membuat kotor permukaan plafon.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Menyemprotkan cairan pembersih fiber ke kain berfungsi agar plafon tidak terlalu basah saat dibersihkan. Ketika proses membersihkan plafon berlangsung, serat halus yang ada pada fabric bahan plafon akan bergerak. Oleh karena itu, dalam melakukan perawatan interior mobil di bagian ini Sahabat harus membersihkanya dengan cara mengelap searah agar serat halus plafon tidak rontok. Setelah Sahabat membersihkannya dan permukaan plafon sudah kering, tengoklah arah serat halus plafon tadi.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Pastikan serat-serat halus dalam plafon itu rapi dan menyatu dengan sekelilingnya ketika kamu melakukan perawatan interior mobil bagian ini. Untuk mengatur arah serat, Sahabat dapat menggunakan kain microfiber. Jangan gunakan sikat karena dapat membuat plafon mobil tertarik oleh bulu sikat sehingga mengakibatkan kerontokan.

Plafon berbahan beludru

Plafon berbahan beludru sangat sulit untuk dibersihkan. Dalam melakukan perawatan interior mobil di bagian langit-langit berbahan ini diperlukan hati-hati karena material bahan beludru berlapis-lapis. Sehingga, ada cara khusus dalam merawat dan membersihkannya.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Pertama, bersihkan plafon dengan menggunakan air secukupnya. Kemudian, gosok perlahan dengan lap yang setengah basah. Lapisan luar plafon berasal dari bahan kain wol yang jika terkena air sedikit saja dapat mengakibatkan lapisan wol itu menjadi lebih lembab. Plafon yang lembab akan menimbulkan masalah baru bagi interior mobil, yaitu efek bau yang kurang sedap.

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Oleh karena itu, Sahabat perlu segera membersihkan nya sebelum lembab semakin meluas.Lalu, Bagaimana jika plafon mobil terlanjur kotor dan rusak?Untuk hal ini, sayangnya Sahabat tidak dapat memperbaikinya sendiri. Kamu perlu membawa mobil ke bengkel untuk memperbaiki plafon mobil. Plafon mobil sangat berpengaruh dan perlu dirawat karena berhubungan dengan para penumpang dan pengendara mobil.

Pentingnya perawatan interior mobil

Melakukan perawatan mobil tidak hanya dilakukan pada perawatan eksterior mobil saja tapi perawatan interior mobil juga harus diperhatikan. Perawatan interior mobil dan eksterior diperlukan supaya mobil memberikan manfaat yang maksimal dalam penggunaanya. Tidak sedikit pemilik mobil lebih senang merawat eksterior mobil mereka dibanding perawatan interior mobil. 

8 Perawatan Interior Mobil yang Wajib Kamu Lakukan

Padahal, dengan melakukan perawatan interior mobil, akan membuat suasana berkendara Sahabat semakin nyaman lho. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari debu, kotoran dan bakteri yang dapat menggangu kesehatan. So, ayo lakukan perawatan interior mobil agar kamu selalu nyaman berkendara.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 08 Okt 2019 | 15:30 WIB
BAGIKAN