Kredit mobil bekas
Kredit mobil bekas

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

09 Okt 2019 | 17:54 WIB
BAGIKAN

Ada berbagai macam cara atau tips kredit mobil bekas yang bisa Sahabat temukan di internet. Sebagai salah satu bentuk transportasi yang konon ‘wajib’ dimiliki di masa sekarang, mereka rela untuk melakukan simulasi kredit mobil bekas. Gengsi dan kebutuhan seakan-akan menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Faktor kepraktisan dan kurang nyamannya sarana transportasi umum membentuk sebuah pola pikir orang untuk wajib memiliki kendaraan sendiri. Untuk mempunyai mobil, setiap orang memiliki banyak cara dan pilihan. Jika Sahabat termasuk kategori yang memiliki dana yang cukup, kamu akan memilih membeli mobil baru atau mobil bekas dengan pembiayaan tunai. Namun jika Sahabat termasuk kategori yang tidak memiliki dana tunai, kamu akan cenderung lebih memilih melakukan kredit baik itu mobil baru atau kredit mobil bekas.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Melihat kemampuan daya beli masyarakat Indonesia yang kebanyakan masih di bawah rata-rata, membuat mereka mencari cara untuk memiliki mobil. Apalagi jika mobil yang diinginkan masih dibanderol dengan harga yang cukup mahal, mobil bekas pun menjadi solusinya. Di Indonesia sendiri, banyak e-commerce otomotif di Indonesia yang menawarkan layanan jual beli mobil bekas yang berkualitas seperti di Garasi.id.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Mungkin untuk sebagian orang awam, istilah mobil bekas memiliki makna yang buruk namun nyatanya tidak. Ada beberapa kategori orang yang memang menjual mobilnya karena ingin mengganti model saja, atau menambah jumlah kapasitas penumpang. Maka dari itu bisa disimpulkan tidak semua mobil bekas itu jelek dan tidak layak pakai, apalagi mobil-mobil yang ada di Garasi.id.

Balik ke pembicaraan awal mengenai cara kredit mobil bekas. Untuk membeli sebuah mobil baik itu baru maupun bekas, membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dengan semakin banyaknya peminat untuk pembelian mobil ini, maka munculah lembaga-lembaga penyedia pembiayaan. Mulai dari bank hingga leasing yang sudah sangat menjamur dapat dijadikan pilihan untuk mengajukan kredit mobil bekas.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Baik bank maupun penyedia pembiayaan leasing memiliki konsep dan peran yang serupa, yakni menyediakan dana talangan saat Sahabat ingin memiliki mobil dengan dana yang terbatas. Kedua penyedia pembiayaan akan membayarkan terlebih dahulu sebagian dari harga mobil yang diinginkan, kemudian kamu tinggal membayar cicilan secara berkala sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Walaupun kedua penyedia pembiayaan bisa dikatakan memiliki cara kerja yang sama, apa sih yang membedakannya ketika kamu akan melakukan proses pengajuan kredit mobil bekas. Untuk itu, mari kita ulas apa saja sih yang membedakan dari dua jenis pembiayaan tersebut, atau ada jenis pembiayaan lain yang bisa kamu gunakan ketika ingin membeli mobil bekas.

Penyedia Pembiayaan Bank dan Leasing

Sebelum kita membahas lebih dalam apa yang menjadi pembeda antara kedua pembiayaan saat ingin melakukan kredit mobil bekas ada baiknya kita melihat apa saja persamaan antara keduanya. Sedikit telah dibahas di atas, baik penyedia pembiayaan dari bank atau leasing ketika ingin melakukan kredit mobil bekas, sama-sama memiliki syarat utama dengan DP minimal 30% dari harga jual mobil yang sudah disepakati.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Seperti dilansir di cermati.com, ketentuan DP minimal 30% ini telah diatur oleh Bank Indonesia yang tercantum dalam Surat Edaran Ekstern Nomor 14/10/DPNP yang menetapkan uang muka minimal 30% untuk pembelian kendaraan bermotor roda empat non produktif. Namun, meskipun syarat untuk melakukan kredit mobil bekas sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia, masih ada seluk beluk dari kedua penyedia pembiayaan kredit ini yang menjadi pembedanya. Apa saja sih pembedanya? Mana yang lebih baik ? Mari simak penjelasan berikut ini.

Kredit mobil bekas melalui bank

Di Indonesia sendiri banyak bank yang menawarkan produk untuk melakukan kredit mobil bekas. Apa sih yang membedakannya jika melakukan kredit mobil bekas melalui penyedia pembiayaan secara leasing. Bagi Sahabat yang memilih melakukan kredit mobil bekas melalui bank, maka kamu akan menerima suku bunga yang lebih rendah daripada saat kamu memilih penyedia pembiayaan secara leasing.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Ini tentu saja akan sangat sesuai untuk kamu yang menginginkan kredit mobil bekas yang murah dengan DP yang cukup ringan. Selain itu bila kamu memiliki dana yang cukup lebih kamu bisa melunasi utang pokok dalam waktu tertentu. Cara seperti ini akan mengurangi beban angsuran yang harus kamu bayarkan setiap bulannya ketika kamu memilih kredit mobil bekas melalui bank. 

Seperti contoh di situs jual beli otomotif ternama Garasi.id yang bekerjasama dengan BCA Finance dan BCA Syariah sebagai penyedia bantuan dana kredit mobil bekas. Selain sudah bisa dipastikan terpercaya, jika Sahabat menginginkan kredit mobil bekas tanpa riba bisa melalui BCA Syariah sebagai penyedia bantuannya.

Kekurangan kredit mobil bekas melalui bank

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Kekurangan dari kredit mobil bekas melalui bank adalah prosesnya yang cukup lama dan terbilang rumit. Kelengkapan dokumen seperti slip gaji, surat keterangan domisili, akta kelahiran, kartu keluarga dan dokumen pendukung lainnya bukan perkara yang mudah. 

Setelah dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya lengkap, proses kredit mobil bekas melalui bank belum selesai di tahap ini.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Pihak bank akan melakukan survei untuk menilai status layak atau tidak calon konsumen untuk mendapatkan kredit. Tidak hanya sekedar bertanya dan melakukan wawancara kepada Sahabat saja, berkas-berkas tagihan seperti listrik, PDAM, sampai kartu kredit akan dilakukan pengecekan.

Proses pengajuan kredit mobil bekas melalui bank memang dapat dikatakan lama namun semua itu dilakukan untuk menjamin kemampuan pembeli mobil dalam membayar cicilan dan uang muka. 

Kredit mobil bekas melalui leasing

Selain melakukan pembiayaan kredit mobil bekas melalui bank, pilihan lainnya yaitu mengajukan pembiayaan kredit mobil bekas melalui leasing.

Kelebihan kredit mobil bekas melalui leasing

Mengajukan bantuan pembiayaan kredit mobil bekas melalui leasing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dilihat dari segi kecepatan proses pengajuan, pengajuan kredit mobil bekas melalui leasing lebih cepat dan mudah.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Berbeda dengan pengajuan kredit mobil bekas melalui bank, staff dari pihak leasing akan membantu Sahabat dalam mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan sehingga kamu tidak perlu repot untuk mengisi dokumen yang dibutuhkan. Di Garasi.id, kamu bisa menggunakan Dipo Star Finance ketika akan membeli mengajukan kredit mobil bekas. Tentunya eksistensi dan reputasi dari Dipo Star Finance tidak perlu kamu ragukan lagi. 

Kekurangan kredit mobil bekas melalui leasing

Meski semua proses berlangsung cepat dan mudah, namun mengajukan kredit mobil bekas melalui leasing memiliki kekurangan seperti suku bunga yang cukup tinggi ketimbang di bank. Selain itu ada biaya lain yang harus dibayarkan seperti biaya fidusia, biaya asuransi dan juga biaya provisi. Ketiga biaya tersebut bersifat wajib untuk menghindari risiko seperti hilang atau rusak karena kecelakaan.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Nah, bagaimana Sahabat sudah jelas bukan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing penyedia bantuan dana ketika kamu akan kredit mobil bekas? Dibalik semua kelebihan dan kekurangannya, kedua penyedia bantuan dana baik bank maupun leasing sama-sama memberikan keuntungan kamu untuk membeli sebuah mobil. Dimanakah letak keuntungannya? 

Keuntungan kredit mobil bekas

Jika dihitung secara matematis, membeli mobil bekas dengan cara mencicil memang terlihat menyusahkan. Padahal jika mau menghitung dengan cermat, membeli kendaraan dengan sistem ini cukup menguntungkan.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Katakanlah sebuah mobil bekas dibanderol seharga Rp100.000.000. Karena keterbatasan biaya, Sahabat membeli mobil tersebut secara kredit dengan tenor (jangka waktu pembayaran) selama tiga tahun. 

Kenapa harus tiga tahun? Tiga tahun adalah waktu yang paling tepat agar Sahabat tidak perlu berlama-lama mencicil, atau harus mengeluarkan uang yang cukup banyak setiap bulannya karena waktu cicilan terlalu cepat.

Perhitungan kredit mobil bekas dengan tenor 3 tahun (3 bulan) sebagai berikut:

DP (Uang Muka) = Rp100.000.000 x 30% = Rp30.000.000

Utang Pokok  (UP) = Harga Mobil – DP 

        = Rp100.000.000 – Rp30.000.000 = Rp70.000.000

Cicilan per bulan =  (UP x (suku bunga x tenor)) +UP : 36 bulan

      = (Rp70.000.000 x (10% x 3)) + Rp70.000.000 : 36 

      = Rp24.000.000 + Rp70.000.000 : 36 

      = Rp2.611.111

Hasil cicilan per bulan di atas merupakan nominal yang harus Sahabat bayarkan selama 35 bulan. Adapun pada bulan pertama, cicilan biasanya dibayarkan bersama uang muka, biaya administrasi, serta premi asuransi. Misalkan biaya administrasi sekitar Rp10.000.000 dan asuransinya Rp 500.0000, maka total pembayaran pertama adalah, Rp30.000.000 + Rp2.611.111 + Rp10.000.000 + Rp500.000 = Rp 43.111.111.

Artinya, hingga jangka waktu kredit berakhir, nominal yang harus Sahabat bayarkan totalnya sekitar Rp134.499.996. Ini berarti, ada selisih sekitar Rp34.000.000 jika dibandingkan dengan harga mobil. Lalu, apakah angka Rp34.000.000 tersebut merupakan kerugian karena Sahabat melakukan kredit mobil bekas?

Tentu saja tidak. Anggap saja 34 juta merupakan kompensasi yang harus dibayar karena mobil bekas bisa Sahabat gunakan meskipun cicilannya belum lunas. Angka Rp34.000.000 tentunya jauh lebih murah dibandingkan biaya transportasi pulang-pergi kerja, antar jemput anak, rekreasi, jalan-jalan, bahkan biaya transportasi saat belanja selama 3 tahun.

Belum lagi jika Sahabat harus bermacet-macet ria, kehujanan, kepanasan, sehingga harus berteduh atau membeli makanan di sebuah restoran sambil menunggu macet berlalu. Anggap saja 34 juta merupakan biaya sewa untuk bisa menggunakan mobil tersebut selama tiga tahun meskipun belum dilunasi.

Tips Memilih Kredit Mobil Bekas yang Aman dan Terpercaya

Inilah mengapa kredit mobil bekas cenderung menguntungkan. Sistem kredit jelas lebih efektif daripada menabung bertahun-tahun untuk mendapatkan mobil impian. Apalagi jika Sahabat dihadapkan pada situasi yang membuat uang tabungan harus diambil saat itu juga, seperti sakit mendadak atau kecelakaan.

Bisa dibayangkan berapa lama waktu menabung yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah mobil. Padahal jika dibeli secara kredit, Sahabat dapat memiliki kendaraan tersebut dalam waktu singkat. 

Foto: Garasi.id 

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 09 Okt 2019 | 17:54 WIB
BAGIKAN