Sistem pengereman mobil
Sistem pengereman mobil

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

26 Okt 2019 | 11:55 WIB
BAGIKAN

Rem mobil adalah bagian dari komponen keselamatan berkendara yang vital. Tidak sedikit kecelakaan terjadi karena komponen ini tidak berfungsi dengan seharusnya alias blong. 

Rem mobil yang blong sangat membahayakan tidak hanya keselamatan Sahabat sendiri, tapi juga orang lain di sekitar. Bahkan, kerugian yang terjadi tidak hanya soal materiil saja, tapi juga bisa membuat nyawa melayang.

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Kalau sudah kejadian, biasanya orang baru akan menyadari pentingnya sebuah perawatan rem mobil, betul? Karena itulah, Sahabat harus sadar akan pentingnya perawatan rem mobil yang baik sehingga kejadian seperti kecelakaan tersebut bisa dihindari.

Pasti kamu akan bertanya-tanya, bagaimana cara merawat rem mobil yang letaknya tersembunyi itu? Artikel berikut akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara melakukan perawatan rem mobil yang baik dan benar.

Cara merawat rem mobil sederhana

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Perawatan rem mobil secara berkala atau servis rutin biasanya termasuk prosedur yang diwajibkan oleh pabrikan. Tidak hanya mobil baru, untuk Sahabat yang memiliki mobil bekas juga wajib melakukan perawatan mobil secara berkala untuk kendaraan kesayangan-nya agar kondisinya tetap prima. Simak penjelasan berikut agar tahu bagaiamana cara mengetahui kondisi rem mobil.

Tes manual rem mobil

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Tes manual untuk memeriksa kondisi rem mobil ini cukup mudah dan sederhana. Sahabat cukup membawa mobil ke tempat yang cukup longgar, lalu gas mobil kemudian rem dengan mendadak. Kamu bisa melakukan dengan menjalankan secara maju dan mundur.

Pemeriksaan berkala rem mobil

Pemeriksaan terhadap sistem rem mobil seharusnya dilakukan pada 10.000 km sekali terutama pada bagian brake pad. Jika Sahabat tidak begitu paham dengan komponen mobil, kamu bisa membawa ke bengkel langganan . Khusus untuk sistem rem hidrolik, minimal pengecekan dilakukan setiap 40.000 KM sekali.

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Tidak ada patokan kilometer untuk melakukan penggantian komponen rem mobil. Hal ini karena tingkat penggunaan rem setiap kendaraan berbeda-beda. Jadi, untuk mengetahui apakah komponen rem mobil kamu sudah waktunya ganti atau belum, ada beberapa ciri yang bisa dijadikan patokan:

  • Timbul getaran cukup kencang saat mengerem
  • Pedal rem mobil saat diinjak sudah cukup dalam
  • Terdengar bunyi berdecit saat direm

Apabila mobil kamu sudah menunjukkan ciri-ciri tersebut, ada kemungkinan beberapa komponen sudah waktunya ganti, seperti master, kanvas, atau brake pad.

Jaga kebersihan rem mobil

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Poin yang ini bisa kamu lakukan sekalian dengan mencuci mobil. Jaga kebersihan mobil pada bagian-bagian yang sekiranya bersinggungan dengan komponen rem mobil, seperti roda (ban dan velg), cakram, dudukan rem dan lainnya.

Penumpukan kotoran berlebih pada bagian-bagian tersebut akan mengganggu kerja rem mobil. Jadi, jangan lewatkan untuk membersihkannya setiap anda mencuci mobil.

Teknik Mengerem yang baik

Cara Sahabat dalam mengerem itu mempengaruhi kondisi rem mobil juga loh. Dalam sistem pengereman, ada dua teknologi yang saat ini beredar yaitu ABS dan non-ABS.

Bagi kamu yang menggunakan mobil yang belum menggunakan teknologi ABS, ada teknik tertentu dalam mengerem, yaitu teknik kocok. Teknik ini adalah menurunkan kecepatan mobil dengan menginjak dan melepas pedal rem mobil secara bergantian dalam waktu cepat tergantung kecepatan mobil.

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Teknik kocok ini dimaksudkan untuk mencegah overheat saat mengerem dilakukan. Karena saat terjadi overheat, rem mobil akan mengunci otomatis dan mobil akan susah bergerak.

Lebih mudah bagi kamu yang mobilnya sudah dilengkapi dengan sistem ABS. Kamu tidak perlu memikirkan teknik pengereman ini, tinggal injak pedal rem mobil saja dan sistem ABS akan otomatis akan melakukan teknik kocokan.

Penyebab rem mobil blong

Setelah mengetahui cara melakukan pengecekan rem mobil, berikut adalah penyebab rem mobil ‘nyelonong’ alias rem blong. Seperti dikutip dari liputan6.com, ada 6 penyebab rem mobil blong yang diakibatkan kurangnya perawatan di bagian pengereman mobil, mari simak beberapa faktor yang bisa membuat rem blong di bawah ini.

Minyak rem mobil habis atau kotor

Minyak rem yang mulai habis tentu akan membuat rem mobil tidak bekerja maksimal. Mengapa? karena proses lajunya mobil dibantu oleh minyak rem. Jika minyak rem mobil berkurang drastis setiap kali mobil dinyalakan, ini berarti ada sesuatu yang tidak beres.

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Rendahnya kualitas minyak rem mobil juga menjadi penyebab kotornya minyak rem. Hal in karena minyak oli murahan sangat mudah mengendap dan hasil dari endapannya akan berubah menjadi puing-puing kotoran. 

Kampas rem aus

Rem mobil yang sudah aus biasanya ditandai dengan bunyi ngorok setiap menginjak rem. Akan tetapi, kanvas aus hanya terjadi pada mobil tertentu yang sudah dilengkapi plat indikator.

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Kondisi kanvas rem yang aus sudah biasa terjadi. Hampir semua mobil berplat indikator mengalaminya. Hanya saja, tidak boleh membiarkan ini berlarut-larut. Segera ganti kanvas rem mobil lama dengan kanvas rem baru.

Piston rem rusak

Piston rem mobil yang rusak akan menyebabkan kinerja rem tidak maksimal. Hal ini karena piston tidak lagi dapat meneruskan tekanan hidrolik dari pedal untuk menekan kanvas. Alhasil, sistem pengereman pun macet bahkan tidak dapat berfungsi lagi. Kerusakan pada piston rem biasanya ditandai dengan aus dan berkarat.

Seal piston rem master rusak

Rusaknya seal piston master rem silinder biasanya disebabkan karena pemakaian rem mobil yang sudah lama dan kualitas dari minyak rem yang tidak sesuai. Pemakaian minyak rem yang tidak berkualitas menjadi penyebab utama kerusakan pada rem mobil. Untuk itu, selalu gunakan minyak rem yang berkualitas dan sesuai dengan tipe dan merek kendaraanmu.

Sistem pengereman bocor

Ada dua tempat yang biasanya mengalami kebocoran, yaitu master rem mobil yang biasanya disebabkan karena penggunaan rem yang cukup lama. Apalagi jika rem sama sekali tidak diberi jeda waktu untuk beristirahat.

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Kedua adalah selang saluran rem mobil, yang disebabkan karena penggunaannya yang cukup lama sehingga kinerja dan elastisitasnya berkurang.

Selang oli rem tersumbat

Hal ini biasanya terjadi karena banyaknya kotoran yang masuk ke dalam minyak rem mobil. Kotoran pada minyak rem biasanya terjadi saat mengisi minyak rem. Selain itu, kotoran juga bisa masuk dari tangki cadangan.

Vapour lock

Vapour Lock merupakan suatu kondisi dimana terjadi penguapan pada minyak rem mobil. Hal ini disebabkan karena mesin mobil yang terlalu panas, sehingga oli rem mendidih dan muncullah gelembung-gelembung udara pada sistem pengereman mobil. Gelembung udara ini nantinya akan mengendap dan kinerja mobil pun tak lagi maksimal.

Penyebab Rem Mobil 'Blong', Perhatikan Komponen Berikut !

Nah Sahabat, sudah paham kan mengapa kita harus selalu merawat mobil kita terutama komponen pengereman. Selalu berkendara dengan hati-hati ya Sahabat, keluarga di rumah menanti !

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 26 Okt 2019 | 11:55 WIB
BAGIKAN