Coating mobil
Coating mobil

Mengenal Trend Coating dan Apa Saja Manfaat Coating Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

07 Apr 2021 | 11:00 WIB

Akhir-akhir ini banyak sekali yang memperbincangkan mengenai coating body mobil. Banyak konsumen yang bertanya-tanya apa itu coating body mobil? Ada pula yang bertanya apa saja manfaat coating body mobil yang didapatkan setelah melakukan perawatan body mobil yang sedang hits saat ini. Oleh karena itu, kami akan mengulas dan memaparkan sedikit apa sih itu coating mobil, manfaat dan cara merawatnya.

Coating mobil

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Sesuai dengan namanya, coating mobil adalah sebuah proses pelapisan menggunakan bahan/produk coating pada bagian body mobil. Tujuan dari coating body mobil sendiri adalah untuk memberikan perlindungan berupa lapisan untuk melindungi cat mobil. Manfaat coating mobil lainnya adalah membuat cat mobil selalu terlihat mengkilap. Jadi ingat ya Sahabat, coating mobil adalah proses perawatan mobil dengan memberikan lapisan di seluruh body mobil agar mengkilap. 

Nano coating

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Nano coating adalah bahan/obat/teknologi yang digunakan ketika proses pelapisan perlindungan cat body mobil (coating mobil) berlangsung.  Sesuai dengan namanya nano (partikel kecil), bahan yang digunakan saat coating mobil diklaim mampu menyerap hingga pori-pori cat mobil. Sehingga perlindungan cat mobil lebih optimal karena bahan yang digunakan mampu menyerap hingga pori-pori cat mobil. 

Umur coating body mobil

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Mungkin ada yang bertanya-tanya, apakah benar coating body mobil bisa bertahan lama bahkan hingga bertahun-tahun? Terkait berapa lama daya tahan dan umur coating body mobil, kembali kepada produk atau brand yang memberikan coating. Namun secara umum coating mobil dengan teknologi/menggunakan bahan ‘nano’ mampu bertahan lama jika Sahabat melakukan perawatan-perawatan mobil dengan baik.

Manfaat coating body mobil

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti sudah dijelaskan di atas, coating body mobil adalah proses pelapisan menggunakan teknologi berbahan ‘nano’ yang berfungsi melindungi cat mobil hingga ke bagian pori-pori cat mobil. Bisa diibaratkan, mobil yang kamu miliki seperti di laminating sehingga warna mobil akan terjaga seperti baru, terlihat tampak basah dan membuat kilap mobil menjadi tahan lama. Lantas apa saja manfaat lainnya yang bisa didapatkan ketika Sahabat melakukan perawatan coating body mobil? Yuk simak di bawah ini:

Melindungi cat body mobil dari goresan

Manfaat coating body mobil yang pertama adalah melindungi body mobil dari bahaya-bahaya yang bisa membuat cat mobil rusak. Bahaya-bahaya seperti munculnya goresan/baretan halus pada cat mobil yang disebabkan oleh ranting pohon, kerikil, atau benda-benda lainnya tidak akan terjadi jika Sahabat sudah melindungi cat mobil dengan cara di coating. Jika Sahabat termasuk orang yang sering bepergian keluar kota, coating body mobil sangat direkomendasikan. Mengapa?

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Karena kamu tidak akan tahu apa saja bahaya yang mengancam mobil kamu. Bisa saja mobil kamu terkena lemparan kerikil dari ban mobil depan, atau mungkin kamu kejatuhan ranting pohon di saat hujan besar, dan hal-hal tidak terduga lainnya yang bisa membuat cat mobil tergores.

Mempertahankan kilap mobil lebih lama

Manfaat coating body mobil lainnya adalah membuat warna mobil lebih mengkilap. Bahan ‘nano’ yang menyerap hingga pori-pori cat mobil akan menjaga kondisi cat mobil selalu terhindar dari bahaya yang bisa menyebabkan cat mobil rusak atau kusam. Seperti memberikan laminating pada seluruh cat body mobil, jadi warna mobil selalu tetap dalam kondisi terbaiknya.

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Namun, dalam sebuah proses coating mobil, ada proses lain yang harus dilewati terlebih dahulu untuk menghilangkan baretan atau dent pada cat body mobil. Fungsinya adalah untuk memaksimalkan pelapisan coating mobil hingga benar-benar meresap ke dalam pori-pori mobil. Sehingga, cat body mobil benar-benar mendapatkan perlindungan secara menyeluruh.

Memberi efek daun talas

Coating mobil memberikan efek daun talas (water repellent), sehingga air hujan atau kotoran yang mengenai body mobil tidak sulit untuk dibersihkan karena efek daun talas tadi. Kamu pernah bukan melihat air di atas daun talas, dia tidak bisa diam atau menyerap bukan? Nah itulah yang terjadi pada bodi mobil kamu ketika memberikan perawatan coating mobil.

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Selain bodi mobil, efek daun talas (water repellent) bisa juga diaplikasikan pada kaca mobil. Biasanya proses ini disebut dengan glass coating. Glass coating sendiri sama seperti coating mobil. Namun yang membedakan adalah media pelapisannya. Jika coating mobil diperuntukkan pada bodi mobil, glass coating untuk kaca mobil. 

Apakah masih diperlukan perawatan setelah mobil di coating mobil?

Sangat perlu. Meskipun coating body mobil sudah dilakukan, Sahabat tetap harus melakukan perawatan seperti biasa. Sebagus apapun, semahal apapun produk coating mobil yang kamu gunakan, jika kamu tidak bisa merawatnya dengan baik akan mengurangi umur dari lapisan coating mobil. Nah apa saja perawatan coating mobil yang perlu kamu lakukan agar selalu menjaga mobil kamu tetap kinclong? Berikut Garasi.id rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya dan akurat. 

Pencucian secara berkala

Jika Sahabat hampir setiap hari menggunakan mobilnya, sudah tentu mobil akan lebih cepat kotor dan terlihat kusam bukan? Sangat dianjurkan minimal melakukan pencucian mobil 3 hari hingga 1 minggu sekali dengan menggunakan sabun.

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Namun, akan lebih baik jika kamu melakukan pembersihan setiap hari baik sebelum dan sesudah mobil digunakan. Sederhana, kamu tinggal mengelap seluruh permukaan mobil yang sudah terlebih dahulu disiram oleh air. Dengan begitu, debu yang merusak cat tidak menempel terlalu lama pada body mobil yang sudah di coating. 

Perhatikan penggunaan air

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Air adalah salah satu faktor yang bisa berpengaruh pada warna cat mobil. Usahakan selalu menggunakan air yang tepat ketika hendak mencuci atau sekedar membersihkan body mobil. Akan sangat berbahaya menggunakan air sumur (air tanah) tanpa di filtrasi terlebih dahulu. Karena kandungan kadar besinya yang banyak sangat berbahaya bagi cat mobil. Apalagi jika mobil kamu sudah di coating, bisa-bisa lapisan yang seharusnya melindungi body mobil malah rusak.

Gunakan sabun/shampo khusus mobil

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Bagi kalian yang sering sekali mencuci mobil di tempat pencucian mobil, kalian harus waspada lho. Melakukan pencucian mobil tanpa menggunakan sabun memang tidak dianjurkan terlalu sering, namun jangan asal memilih sabun cuci mobil. Selalu gunakan sabun cuci mobil yang memiliki kandungan baik terhadap cat mobil. Jika asal dalam menggunakan sabun/shampoo itu akan merusak lapisan cat maupun lapisan coating pada mobil kamu. 

Gunakan lap khusus mobil

Penggunaan dan jenis lap juga sangat berpengaruh pada kerusakan warna dan cat body mobil. Usahakan untuk selalu menggunakan lap khusus mobil seperti lap microfiber dan bedakan lap untuk panel mobil, kaca dan bodi. Tujuannya adalah agar tidak merusak bagian-bagian tersebut, apalagi jika mobil sudah dilapisi coating. Bisa-bisa lapisan coating rusak yang diakibatkan salah penggunaan lap mobil.

Pengertian Trend Coating Mobil dan Apa Saja Manfaat yang Perlu Kamu Ketahui

Nah itulah beberapa penjelasaan mengenai manfaat coating body mobil dan beberapa cara melakukan perawatannya. Sebenarnya, melakukan perawatan mobil setelah di coating tidaklah sulit, hanya perlu ketelatenan dan kejelian. Ingat jika kamu berpikir bahwa coating mobil akan melindungi mobil secara terus menerus tanpa harus dilakukan perawatan setelahnya itu persepsi yang salah. 

Coating mobil di Garasi.id

Mungkin ada dari Sahabat yang tergugah untuk melakukan coating mobil saat ini juga namun masih bingung dimanakah tempatnya. Jangan bingung dan jangan ragu, karena Garasi.id adalah tempat yang tepat untuk melakukan salah satu perawatan mobil yaitu coating mobil. Kamu bisa memilih semua jenis coating mobil yang kamu butuhkan dari berbagai macam partner yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas dan reputasinya dengan mudah. 

Mengenal Trend Coating dan Apa Saja Manfaat Coating Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Lalu bagaimana dengan kondisi saat ini mengenai penyebaran Covid-19? Tenang, Garasi.id punya layanan home servis bagi kamu yang menginginkan melakukan perawatan coating mobil di rumah. Partner kami seperti Sealant, Scuto, 2R Autospa dan Quicklin siap memberikan layanan coating mobil terbaik selama kamu #DiRumahAja.

Sahabat juga tidak perlu khawatir karena seluruh partner Garasi.id telah dihimbau untuk menerapkan dasar-dasar kebersihan seperti penggunaan sarung tangan, masker, hand sanitizer, mencuci tangan dan yang lainnya untuk selalu menjaga higienitas ketika bertemu dengan konsumen. Tentunya promo-promo dan diskon coating mobil sudah menanti kamu lho di Garasi.id. Jadi, dapatkan seluruh manfaat dari coating mobil di atas hanya di Garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Apr 2021 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

nanocoatingcoatingdetailingmobilglasscoatingperawatanmobildetailingmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family