Mobil Bekas
Mobil Bekas Innova Atau Wuling Cortez Baru

Toyota Kijang Innova Diesel Bekas, Lebih Ok Dari Wuling Cortez?

19 Mei 2020 | 17:31 WIB

Pasar Toyota Kijang Innova bisa jadi salah satu target Wuling Cortez. Bila dihadapkan pilihan membeli Cortez atau Innova, agak kurang seimbang karena perbedaan harganya sangat besar. Contoh terdekat, selisih harga antara Innova termurah dengan Cortez termahal mencapai Rp 38 juta. Di saat Sahabat Garasi bisa mendapatkan Cortez bertransmisi otomatis, plus sunroof dan seabrek fitur keselamatan lain, Sahabat belum bisa membeli Innova termurah bertransmisi manual yang belum ada immobilizer-nya.

Toyota Kijang Innova Diesel Bekas, Lebih Ok Dari Wuling Cortez?

Ada pilihan tak kalah menarik bila mencari Innova dengan harga setara Cortez. Mau tidak mau jatuh ke mobil bekas. Opsinya, tak lain generasi terakhir Grand New Kijang Innova tahun edar 2015. Edisi terakhir sebelum regenerasi ke Innova Reborn. Jangan pilih mesin bensin karena boros dan pelan. Mesin diesel Innova sangat menggoda, sebab lebih kencang dan juga irit. Saking populernya mobil ini, harga bekasnya masih tinggi. Coba kunjungi berbagai situs mobil bekas seperti Garasi.id. Rata-rata mematok antara Rp 240 - 250 jutaan. Itu pun masih varian Innova G yang miskin fitur. Tipe tertinggi, Innova V, tentu lebih mahal lagi, bahkan bisa melampaui harga Cortez tertinggi.

Menarik untuk menilik perbandingan kedua mobil ini dari sisi produk. Toyota Kijang Innova 2.5 V A/T 2015 merupakan pilihan paling logis jika ingin disejajarkan dengan Cortez. Fiturnya sudah mencukupi sesuai kebutuhan mendasar. Paling tidak, ada ABS dan EBD yang menjaga sektor pengereman, sementara airbag cukup dua di depan. Sarana hiburan sudah berupa monitor layar sentuh yang pengaturannya dapat dilakukan tombol di setir. Kontrol pendingin udara sudah model digital yang dapat diatur melalui tombol, bukan kenop putar. Tapi semua sudah terkesan "Jadul" karena tak banyak berubah sejak Innova pertama kali lahir 2004 silam.

Toyota Kijang Innova Diesel Bekas, Lebih Ok Dari Wuling Cortez?

Kalau melihat apa yang dipunyai Innova V, Cortez cukup menjagokan tipe C untuk menghadapinya. Berarti dana untuk menebusnya lebih murah daripada Innova V diesel bekas sekalipun, yaitu Rp 218 sampai 233 juta. Secara fitur keselamatan dan keamanan unggul mutlak atas Innova, karena dilengkapi Electronic Stability Control (ESC), Traction Control dan Hill Hold Control (HHC). Keamanan terjamin berkat adanya immobilizer, tidak seperti Innova lawas yang masih menjadi incaran curanmor sampai sekarang.

Akomodasi kabin Cortez sedikit lebih lapang dari Innova. Sasis monokok dan tidak adanya gundukan gardan, mampu menambah luas ruang kepala dan kaki. Kedua mobil ditawarkan dalam pilihan 7-seater maupun 8-seater untuk disesuaikan kebutuhan daya angkut.

Kunggulan Innova 2.5 V bekas jelas dari mesin. Diesel dengan kode 2KD-FTV menawarkan torsi besar dan telah terbukti durabilitas maupun reliabilitasnya. Perawatannya juga terjangkau dan bisa menenggak solar kualitas buruk. Akselerasi mampu unggul dari mesin bensin Cortez. Apalagi dengan mudahnya ditingkatkan lagi melalui pemasangan piggyback atau remap ECU. Pilihan transmisi otomatisnya pun lebih meyakinkan. Masih konvensional torque converter 4-speed, juga terbukti daya tahannya selama ini.

Rasa berkendara dua mobil ini berbeda cerita. Sama-sama mengedepankan kenyamanan dari lembutnya bantingan suspensi. Tapi Cortez mengarah pada kestabilan dan kelincahan lebih baik karena konstruksi sasis berbeda. Innova pakai ladder frame yang umum digunakan truk atau kendaraan pengangkut barang. Sehingga kaki-kakinya kuat dan tangguh, cocok untuk melalui medan tergolong berat, bahkan semi off-road sekalipun. Mobil ini juga tidak bisa dikatakan lincah, pergerakan bodinya lamban dan body roll-nya besar.

Toyota Kijang Innova Diesel Bekas, Lebih Ok Dari Wuling Cortez?

Walaupun dalam kondisi bekas dan model lama, Innova diesel 2015 ternyata masih lebih mahal dari Wuling Cortez tipe C sekalipun. Harganya pun bersinggungan langsung dengan Cortez L yang fiturnya lebih ramai lagi. Innova unggul di mesin diesel, transmisi dan kekuatan suspensi yang telah teruji. Meski sudah berumur 3 tahun, seharusnya masih awet untuk dipakai 10 tahun lagi. Tapi ada syaratnya, pastikan teliti dan sabar sebelum membeli sampai menemukan kondisi mobil terbaik. Cortez bagaimana? Jika Sahabat butuh MPV murah, komplet, lapang dan nyaman, Cortez bisa menjadi pilihan terdepan. Namun, brand image dan kualitas produknya masih menjadi ganjalan bagi Sahabat bukan?

Foto : Internet

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 19 Mei 2020 | 17:31 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

jualbelimobilbekasmobilbekasataumobilbaruToyotainnovawulingcortezgarasiid