Mobil Anak Bangsa
Ezzy Mobil Anak Bangsa

Tunggangi Mobil Listrik Anak Bangsa, Jokowi Bilang "Enak"

27 Des 2017 | 14:59 WIB

Setelah menunggangi sepeda motor trail Kawasaki dan mobil off-road lawas Land Rover Defender County, kali ini Presiden Jokowi menggunakan kendaraan roda empat bertenaga listrik Ezzy II saat menjajal tol Surabaya-Mojokerto, beberapa waktu lalu.

Mobil listrik tersebut merupakan buah karya anak bangsa, yang dikembangkan mahasiswa Insitut Teknologi Sepuluh Nopember 2017. Berbalut cat merah, mobil listrik Ezzy II menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh, dengan kemampuan jelajah 130 kilometer.

Tunggangi Mobil Listrik Anak Bangsa, Jokowi Bilang "Enak"


Presiden ketujuh Republik Indonesia tersebut mengapresiasi kendaraan listrik ITS tersebut. Dari komentar yang diunggah akun Kantor Staf Presiden, Joko Widodo menyebut kalau Ezzy II terbilang nyaman.

"Kalau saya enak-enak saja, sebagai sebuah produk baru awal," tutur Joko Widodo seperti dikutip akun @KSPgoid, yang dilansir dari Kompas.com.

Meski Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif (PUI SKO) ITS Muhammad Nur Yuniarto kepada Presiden menyebut, masih ada beberapa kekurangan dari Ezzy II, tapi Presiden mengakui bahwa secara umum mobil tersebut sudah sangat baik.

Jokowi mengatakan, kekurangan mobil listrik itu merupakan sesuatu yang wajar. Terlebih lagi bila melihat pengalaman negara lain. Untuk melangkah ke tahap berikutnya diakui Presiden tidaklah mudah.

Presiden sendiri sudah menginstruksikan untuk mengebut. Peraturan Presiden tentang Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan, sebagai kelanjutan dari Perpres nomor 22 tahun 2017 tentang Rencana Umum Energi Nasional (RUEN).

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:32 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbaruanakbangsaitsezzydalamnegrinasionaljakartaindonesiaduniaproduksikarya