smart city jakarta
smart city jakarta

Ubah Warna Plat, Korlantas Polri Punya Gagasan Program Smart City

03 Okt 2017 | 10:21 WIB
Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) sudah mulai menggelar rapat sosialisasi pelayanan SIM, BPKB, STNK, dan TNKB. Di mana dalam salah satu arahannya menyangkut penggantian warna plat nomor.

Menyangkut hal tersebut, Polisi saat ini tengah menggodok perubahan warna plat nomor kendaraan. Selain warna, ukuran dari plat kendaraan ini juga akan ikut menyesuaikan. Hal itu merupakan sebagai upaya dalam menerapkan aksi tilang berbasis kamera CCTV. Warna cerah pada kendaraan akan mudah dibaca oleh CCTV saat melakukan pelanggaran.

Ubah Warna Plat, Korlantas Polri Punya Gagasan Program Smart City

Selain itu, tujuan dilakukannya perubahan warna pada plat nomor kendaraan adalah memudahkan pihak Kepolisian dalam mengawasi para pengguna jalan dengan menggunakan kamera CCTV. Plat warna hitam yang kini berlaku di Indonesia ternyata tidak jelas terbaca oleh petugas ATCS (area traffic control system). Penggantian warna dasar hitam plat nomor ini berkaitan dengan program Electronic Registration and Identification (Regident) di Korlantas Polri. Jadi jika nanti warna hitam ini diganti warna yang cerah maka dipastikan akan semakin mudah terbaca oleh petugas dan langsung bisa ditindak jika kendaraan tersebut melanggar lalu lintas.

Nantinya program Regident akan dikembangkan menjadi program-program lain yang sudah tentu berkaitan dengan pengoperasian kendaraan bermotor. Program pengaturan lalu lintas selain Regident yaitu ada ETC (electronic Toll collect), e-parking, ELE (electronic law enforcement) dan nantinya akan dilengkapi dengan teknologi RFID (radio frequency information database).

Jadi dengan sistem pengaturan lalu lintas yang menggunakan teknologi canggih diharapkan Indonesia bisa setara dengan negara-negara lain yang sudah terlebih dulu mengaplikasi teknologi ini. Semoga Program smart city yang dipelopori Polri bisa terwujud dan masyarakat menjadi lebih tertib berlalu lintas. Tertib tak harus ada petugas yang mengawasi !


Foto : Internet

Kemendagri gagas regulasi dan panduan nasional smart city

Permasalahan perkotaan yang sangat kompleks membuat pembangunan, pengembangan dan pengelolaan kota harus dilakukan secara cerdas melalui teknologi informasi. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pun tengah menggodok regulasi dan panduan bagi kota-kota yang ingin menerapkan smart city.

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:43 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

jakartasmartcitycitykorlantasplatmobilkendaraanwarnacerahnopol