Recall
Recall Mazda Indonesia

Usai Honda, Kini Mazda Yang Kena Wabah "Recall"

22 Okt 2018 | 20:00 WIB

Mazda Indonesia ternyata juga sedang melakukan recall. Perbaikan gratis bertalian dengan masalah global, yakni airbag Takata.

Yang menjadi persoalan adalah jika konsumen justru tidak tahu dengan kampanye ini. Pasalnya, kampanye disebut bersifat proaktif. Konsumen diharapkan mengecek sendiri nomor rangka kendaraannya (VIN) di situs yang sudah mereka sediakan.

Usai Honda, Kini Mazda Yang Kena Wabah "Recall"

Lalu bagaimana jika konsumen tidak tahu dengan program yang mencakup recall ini? Igor Panjaitan selaku Costumer Service Director Mazda Indonesia menjelaskan bahwa sebenarnya pihaknya sudah menghubungi tiap konsumen berdasarkan data servis rutin.

Baca Juga : Ingat! Sekarang "Recall" Wajib Lapor Menteri Perhubungan

"Telepon ke konsumen, pasti. Program servis dari dulu-dulu sudah ada. Cuma yang sekarang ada medianya. Gratis," kata dia, seperti yang dilansir dari laman Liputan6.

Lantas bagaimana jika konsumen tidak servis di bengkel resmi yang akibatnya tidak tercatat untuk dihubungi?

"Kalau dia datang servis, pasti akan dicek VIN-nya apa yang perlu di-update. Kalau misalnya dia tidak datang-datang ke tempat servis sekian lama, ya konsumen harus punya tanggung jawab juga," kata dia.

Dia kemudian menganalogikan hal ini dengan garansi kendaraan yang didasari pada kewajiban servis berkala supaya layanan tersebut tidak hangus.

"Contoh garansi, itu kan bisa gugur kalau tidak mengikuti histori. Dia harus servis 1.000 km, 3.000 km, 10.000 km. 30.000 km, tetapi tiba-tiba, maaf, setelah servis 1.000 km, selanjutnya dia servis di luar atau lupa servis, pasti itu gugur. Jadi harus ada kerja sama, antara konsumen dan kita," tambahnya lagi seraya menyebut kalau 70-80 persen mobil konsumennya sudah diperbaiki.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 04:45 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbeliairbagtakatamazdaindonesiainfogarasiidotomotifrecallairbag