Wacana Ganti Plat Warna Cerah, Apa Mungkin Seperti Luar Negri?

Wacana Ganti Plat Warna Cerah, Apa Mungkin Seperti Luar Negri?

02 Okt 2017 | 15:11 WIB
Pihak Korlantas Polri bakal mengganti warna plat nomor kendaraan. Kenapa harus diganti warna dasarnya ? Karena sekarang Indonesia lagi getol-getolnya membangun Smart City. Salah satunya adalah mengawasi para pengguna jalan tak perlu lagi menggunakan petugas Korlantas Polri namun digantikan oleh kamera CCTV.

Wacana Ganti Plat Warna Cerah, Apa Mungkin Seperti Luar Negri?

Kabarnya perubahan ini baru akan mulai diberlakukan 2 tahun lagi. Meski baru akan mulai diberlakukan tahun 2019, tetapi Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri) sudah mulai menggelar rapat sosialisasi pelayanan SIM, BPKB, STNK, dan TNKB. Di mana dalam salah satu arahannya menyangkut penggantian warna plat nomor. Menyangkut hal tersebut, Polisi saat ini tengah menggodok perubahan warna plat nomor kendaraan. Selain warna, ukuran dari plat kendaraan ini juga akan ikut menyesuaikan. Hal itu merupakan sebagai upaya dalam menerapkan aksi tilang berbasis kamera CCTV. Warna cerah pada kendaraan akan mudah dibaca oleh CCTV saat melakukan pelanggaran.

Wacana perubahan warna tersebut sepertinya tidak mudah untuk dilakukan. Terlebih, regulasi warna plat nomor kendaraan telah tercantum dalam Peraturan Kapolri No 5 Tahun 2012. Ternyata, penggunaan plat nomor berwarna cerah ini telah diaplikasikan di beberapa negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, Belanda dan Jerman seperti gambar di bawah ini.  Seperti halnya negara kincir angin Belanda dimana plat nomor kendaraannya berwarna kuning. Hal itu cukup aneh karena plat berwarna kuning hanya berlaku bagi angkutan umum di Indonesia.

Wacana Ganti Plat Warna Cerah, Apa Mungkin Seperti Luar Negri?


Foto : Internet
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 08:30 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

korlantasplatnomernopolhitamcerahsmartcitymobilkendaraanroda4