Wiper mobil mati
Wiper mobil mati

Wiper Mobil Mati saat Hujan? Ini yang Perlu Dilakukan

21 Okt 2022 | 11:00 WIB

Memasuki musim penghujan seperti sekarang, Sahabat sebagai pengendara mobil pastilah sangat bergantung kepada wiper mobil untuk membantu agar jarak pandang tidak terganggu. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga wiper mobil tetap memiliki kinerja yang prima.


Namun Sahabat perlu tahu nih beberapa penyebab wiper mobil mati. Seperti halnya karet wiper yang aus, gerakannya lambat atau tidak bergerak sama sekali. Nah, jika hal itu terjadi apa yang harus dilakukan? Bagaimana mengatasinya?

Penyebab Wiper Mobil Mati dan Cara Mengatasinya

Berikut ini adalah penyebab utama wiper mobil mati dan bagaimana cara mengatasi berbagai kerusakan ini.

Wiper Mobil Mati saat Hujan? Ini yang Perlu Dilakukan


1. Karet Wiper yang Aus

Pertama yang perlu Sahabat perhatikan adalah kondisi dari karet wiper. Bila telah aus atau mengeras, sebaiknya diganti dengan karet yang lentur. Selain menyebabkan sapuannya terhadap air di permukaan kaca tak merata, lentur karet yang mengeras juga berpotensi menyebabkan kaca mobil baret. Bila itu terjadi, biaya pemulihannya cukup mahal.

2. Gerakan Wiper Lambat

Permasalahan wiper mobil  ini biasanya disebabkan karena ada bagian dalam sistem penggerak wiper yang kotor. Hal ini berdampak pada arus listrik dan bisanya membuat engkol wiper terhambat. Cara untuk mengatasinya, bersihkan tahanan koil tersebut. Selain itu alasan wiper mobil jadi lambat yakni adanya karat di elemen wiper tersebut. Alhasil membuat kinerja tidak optimal, sapuannya melambat. Cara untuk mengatasinya, bersihkan engkol dari karat dan semprot bagian itu dengan cairan anti karat. Bila sudah parah harus dilas atau menggantinya.

3. Gigi Motor Penggerak Wiper 

Cara selanjutnya, Sahabat bisa coba periksa gigi motor penggerak wiper. Selain sekring wiper, komponen ini juga bisa menyebabkan adanya gangguan pada dinamo wiper mobil . Biasanya, gangguan pada gigi motor penggerak disebabkan oleh penumpukan kotoran atau pengendapan grease (sisa pelumas wiper) pada permukaan gigi. Sebagai cara memperbaiki dinamo wiper mobil, Sahabat cukup membersihkan permukaan gigi motor penggerak. Ganti pelumas wiper secara berkala agar tidak ada endapan grease yang bisa menghambat kerja gigi motor penggerak wiper mobil. Namun, jika gigi motor penggerak wiper rusak karena korosi atau karat, sebaiknya Sahabat melakukan penggantian. Gigi motor penggerak yang rusak karena korosi tidak bisa dibersihkan dan memang harus diganti dengan spare part baru.

Wiper Mobil Mati saat Hujan? Ini yang Perlu Dilakukan


4. Wiper mobil tidak bergerak sama sekali

Terkadang ada kejadian dimana wiper sama sekali tidak mau bergerak. Kemungkinan pertama yakni motor listrik yang sudah aus. Bila terjadi maka tidak ada pilihan lain kecuali menggantinya dengan yang baru. Kedua, sekring bermasalah. Permasalahan pada sekring itu pun ada dua. Bila sekring putus berarti ada arus listrik yang berlebihan. Oleh karena itu, cermati rangkaian dan hubungan antar kabel yang terkait dengan sekring.

5. Dinamo Wiper (Motor Wiper) Rusak

Seperti dinamo pada umumnya kerusakan yang sering terjadi pada dinamo wiper juga masalah kumparan yang terbakar. Biasanya disebabkan oleh hubungan singkat arus listrik pada mobil. Coba periksa apakah lampu indikator wiper mobil menyala atau tidak. Jika lampu tidak menyala, ketuk dinamo wiper dengan palu karet. Jika wiper bergerak, maka bisa disimpulkan memang ada kerusakan pada dinamo wiper. Bisa jadi komutator dinamo ada lilitan yang terbuka pada angker dinamo. Kedua hal ini bisa menyebabkan arus listrik tidak mengalir dan wiper pun tidak dapat bekerja dengan baik. Kalau sudah begini wiper mobil dinyatakan rusak total dan harus diganti.

6. Semburan Air dari Washer Kurang

Persoalan lain yang juga kerap terjadi pada wiper mobil adalah semprotan air dari kepala washer yang ada di kap mobil kurang kuat, kecil, atau tak tepat. Semua persoalan itu dikarenakan lubang di kepala washer yang tersumbat. Cara membersihkannya cukup mudah. Sahabat tinggal melepas tabung langsung campurkan pasir kerikil lalu kocok-kocok hingga kotoran yang menempel dinding tabung hilang. Agar benar-benar bersih, lakukan cara itu beberapa kali. Tentunya jangan lupa untuk membasuhnya dengan air bersih.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 21 Okt 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiidwiperkacamobiljamurmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family