Volkswagen

Mobil Bekas
Volkswagen Berkualitas

VW atau Volkswagen merupakan brand otomotif mobil asal Jerman yang terkenal kuat. VW memproduksi banyak model antara lain SUV, Compacts, Wagon, dan Sedan.
Bagikan halaman ini

Pilihan Mobil Bekas VW Berkualitas

Sejarah VW Volkswagen di Dunia

Awalnya berdiri tahun 1937 oleh serikat dagang Nazi, yaitu serikat buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront). Hingga tahun 1930-an pabrikan otomotif Jerman masih terdiri dari pabrikan mobil mewah, dan kebanyakan orang Jerman tidak bisa membeli kendaraan lain lebih dari motor.

Karena terlihatnya ada potensial pasar yang besar, beberapa pabrikan mobil membuat proyek mereka sendiri-sendiri untuk “mobil rakyat” layaknya Mercedes 170H, Adler AutoBahn, Steyr 55, Hanomag 1.3L, dan lainnya. Ini sebenarnya bukanlah tren baru, karena Béla Barényi sudah tercatat sebagai orang yang mendesain pertama "mobil rakyat" di pertengahan 1920-an.

Josef Ganz sendiri mengembangkan mobil dengan panggilan Standard Superior (dan di iklan disebutnya "Mobil Rakyat Jerman" (German Volkswagen) persis dengan keinginan Adolf Hitler. Namun, mobil tersebut lebih kecil dan harganya pun lebih murah. Namun para produsen mobil sayangnya tidak ada yang tertarik. Bahkan pada saat Nazi berkuasa, Joseph Ganz dimasukan ke dalam penjara karena dia merupakan penganut Yahudi. Dan karena adanya hal tersebut para pemimpin Nazi kemudian mendekati Ferdinan Porsche yang merancang prototipe mobil mirip dengan superior, dan diberi nama Kafer.

Semenjak tahun 1937, produksi VW Beetle sudah tumbuh secara pesat dari tahun ke tahun. serta di tahun 1954, VW Beetle sudah menggapai sampai 1 juta mobil. Sedangkan itu, di tahun 1973, produksi mobil ini sudah menggapai sampai 16 juta, serta popularitasnya sudah menyebar sampai ke pelosok di belahan dunia. Mobil ini sangat fenomenal apalagi di tiap Negeri mobil ini mempunyai nama yang berbeda yang menggambarkan wujudnya. Kala di Jerman mobil ini bernama Kafer, di Perancis mobil ini bernama Coccinelle, di Brazil bernama Fuscha, di Amerika Serikat mobil ini Bug, serta di Indonesia sendiri mobil ini bernama VW Kodok.

Sejarah VW di Indonesia

VW sendiri mulai masuk Indonesia bukan melalui jalan bisnis, melainkan melalui jalan PBB, yang kala itu bertepatan dengan dorongan penanggulangan penyakit meluas pada tahun 1950- an serta 1960- an. Mobil VW yang banyak masuk kala itu merupakan jenis Beetle alias VW kodok. Kala itu, mobil tersebut digunakan oleh Kementerian Kesehatan. Tetapi sebab mereka tidak berfokus pada dunia otomotif melainkan kesehatan manusia, hasilnya juga membuat para VW ini tidak dirawat. Apalagi pada masa tersebut, banyak rakyat Indonesia yang menyebut kalau VW gampang terbakar. Ini sebab masih banyak orang yang belum ketahui metode menjaga mobil VW.

Dibisniskan oleh PT Piola yang dipegang oleh keluarga Panggabean, bisnis komersial mobil VW juga mulai berkembang di Indonesia. Dari keluarga ini, berikutnya yang aktif berbisnis merupakan Albert Panggabean yang ialah generasi kedua dari pengelola PT Piola. Nama piola itu sendiri konon diambil dari nama salah satu anak keluarga Panggabean, tetapi dari anak yang tidak turut berbisnis VW.

Sayangnya PT Piola ini digusur dari kedudukannya bagaikan pengelola bisnis VW di tanah air. Terdapat yang bilang, penyebabnya PT Piola digusur ini sebab kesusahan keuangan, setelah itu diambil alih pihak lain. PT Garuda Mataram lah yang mengambil alih waktu itu. PT ini, dipunyai oleh Yayasan Dharma Putra Kostrad serta Tim Sudono Salim alias Oom Liem alias Liem Siow Liong yang populer itu.

Pada periode PT Garuda Mataram, ialah pada dini tahun 1970- an, VW pernah jaya di Indonesia. Produk- produknya antara lain merupakan VW Kombi, Safari/ 181, Passat, serta Golf. Kombi sendiri pada periode itu terdapat 3 berbagai, ialah VW Kombi Jerman, VW Kombi Brazil, serta VW Mitra. VW Mitra merupakan semacam VW Kombi( wujud bodinya mirip, apalagi nyaris persis), tetapi terbuat oleh PT. Pindad( yang berafiliasi dengan Angkatan Darat sebagaimana Garuda Mataram). Mesinnya ialah pengembangan ataupun modifikasi pendingin mesin pompa air buatan Jerman.

Produk VW di Indonesia yang Bisa Jadi Pilihan Kamu

Untuk kamu yang ingin mencari mobil bekas, salah satu pilihannya adalah mobil bekas VW. Dengan pengalaman puluhan tahun di dunia mobil, VW tidak jarang akan menjadi pilihan utama dalam pilihan mobil bekas.

Beberapa model pilihan mobil bekas VW yang paling banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut :

1. Mobil Bekas VW Golf

Kekurangan dan Kelebihan Mobil VW Golf

Tentunya setiap barang beredar dipasar memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Tidak terkecuali juga mobil keluaran Volkswagen Golf. Sekarang coba kami akan membahas bagaimana kekurangan dan kelebihan yang ada di mobil ini.

Kelebihan VW Golf :

  • Bensin irit. Tipe mesin otomatis yang dimiliki VW Golf hanya membutuhkan 6.4 liter untuk 100 km. Mesin tipe baru ini hanya terdapat pada VW Golf versi baru, yakni VW Golf (MK7). Dengan konsumsi bahan bakar yang hemat tentu akan membuat pemakaian mobil ini jadi lebih ekonomis.
  • Mesin ramah lingkungan. Volkswagen menambahkan mesin TSI pada VW Golf agar lebih ramah lingkungan. Mesin ini sudah banyak diakui di dunia sebagai mesin yang paling ramah dengan lingkungan
  • Desain interior dan eksterior elegan, Rasanya semua setuju kalau kelebihan VW Golf sebagai mobil Eropa adalah desainnya yang sangat elegan. Kita bisa lihat pada interior dan eksterior mobil ini yang sangat elegan dan sengaja didesain dengan halus.
  • Suara mesin halus. VW Golf semakin berkualitas dengan menambahkan suara kap mesin yang begitu canggih sehingga meredam suara mesin menjadi lebih tenang.

Kekurangan VW Golf :

  • Harga sedikit mahal. Ya namanya mobil produksi Eropa, tentu kualitasnya tidak bisa diragukan lagi. Begitu juga dengan harganya, mobil ini dijual sesuai dengan kualitas tinggi sehingga menjadikannya sedikit lebih mahal dari para pesaingnya yang kebanyakan mobil Jepang.
  • Putaran setir tidak seringan mobil Jepang.
  • Kursi belakang sangat tegak.

Harga Mobil VW Golf Bekas di Pasaran

Harga mobil VW Golf bekas sangat beragam di pasaran Indonesia tergantung dari tahun pembuatannya sampai dengan tipenya. Untuk mobil VW Golf pembuatan tahun 2012-2013 itu berkisar antara 120jt - 130jt. Sedangkan untuk keluaran mobil tahun 2014 itu berkisaran antara 270jt - 290jt. Kamu juga bisa mengecek harga pasaran dengan fitur pencarian mobil bekas di Garasi.id.

Lebih lengkapnya untuk mobil bekas VW Golf silahkan cek disini : mobil VW Golf

2. Mobil Bekas VW Polo

Kekurangan dan Kelebihan Mobil VW Polo

Tentunya setiap barang beredar dipasar memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Tidak terkecuali juga mobil Volkswagen Polo. Saat ini kami akan coba membahas bagaimana kekurangan dan kelebihan yang dalam mobil ini.

Kelebihan VW Polo :

  • Kombinasi mesin petrol dan transmisi yang unggul
  • Performa dan penanganan yang mumpuni
  • Kualitas konstruksi yang sangat impresif

Kekurangan VW Polo :

  • Lebih mahal dari para pesaingnya
  • Ruang yang sempit untuk penumpang bagian belakang
  • Bersaing keras di pasaran untuk model di tahun yang sama
  • Harga Mobil VW Polo Bekas di Pasaran

Harga mobil VW Polo bekas sangat beragam di pasaran Indonesia tergantung dari tahun pembuatannya sampai dengan tipenya. Untuk mobil VW Polo pembuatan tahun 2016 itu berkisar antara 160 jt - 190 jt. Sedangkan untuk keluaran mobil tahun 2017 itu berkisaran antara 170 jt-an. Kamu juga bisa mengecek harga pasaran dengan fitur pencarian mobil bekas di Garasi.id.

Lebih lengkapnya untuk mobil bekas VW Polo silahkan cek disini : mobil bekas VW Polo

Artikel menarik untuk di baca : VW Polo GT, Hal Besar Dalam Ukuran Yang Kecil

3. Mobil Bekas VW Tiguan

Kekurangan dan Kelebihan Mobil VW Tiguan

Tentunya setiap barang yang beredar di pasar memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Tidak terkecuali juga mobil Volkswagen Tiguan. Saat ini kami akan coba membahas bagaimana kekurangan dan kelebihan yang dalam mobil ini.

Kelebihan VW Tiguan :

  • Banyaknya pilihan mesin yang bisa kamu pilih dipasaran
  • Material interior kelas atas dengan pilihan kulit dan material
  • Tenaga besar untuk mesin bertenaga
  • Fitur lengkap dengan konektivitas lengkap

Kekurangan VW Tiguan :

  • Baris ketiga kurang nyaman karena terlalu sempit
  • Hembusan AC kurang terasa di kursi baris ketiga
  • Pengaturan kursi elektrik hanya pada kursi pengemudi
  • Pengaturan mode berkendara yang ribet
  • Harga Mobil VW Tiguan Bekas di Pasaran

Harga mobil VW Tiguan bekas sangat beragam di pasaran Indonesia tergantung dari tahun pembuatannya sampai dengan tipenya. Untuk mobil VW Tiguan pembuatan tahun 2014 itu berkisar antara 230 jt - 250 jt.

Sedangkan untuk keluaran mobil tahun 2015 itu berkisaran antara 250 jt- 300 jt an untuk kondisi paling baik. Kamu juga bisa mengecek harga pasaran dengan fitur pencarian mobil bekas di Garasi.id.

Lebih lengkapnya untuk mobil bekas VW Tiguan silahkan cek disini : mobil bekas VW Tiguan

4. Mobil Bekas Scirocco

Kelebihan dan Kekurangan VW Scirocco

Tentunya setiap barang yang beredar di pasar memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Tidak terkecuali juga untuk mobil Volkswagen Scirocco. Saat ini kami akan coba membahas bagaimana kekurangan dan kelebihan yang dalam mobil ini.

Kelebihan VW Scirocco:

  • Desain eksterior sporty dan elegan
  • Fitur di kabin pengemudi modern
  • Performa mesin mobil sporty
  • Mobil sport dengan 4 seater
  • Fitur keselamatan dan keamanan yang lengkap

Kekurangan VW Scirocco :

  • Pintu untuk penumpang tidak ada
  • Hanya tersedia transmisi otomatis
  • Ground clearance cukup rendah
  • Desain interior yang biasa saja

List Harga Mobil Bekas VW