Garasi.id - Daihatsu terus menunjukkan kepedulian mereka akan keamanan berkendara, yang kali ini tertuang melalui sharing edukasi kendaraan bersama Sahabat Klub Daihatsu, bertajuk 'Daihatsu Club Auto Clinic 2018'.
Dengan mengusung tema Defensive Driving, pelaksanaan Daihatsu Club Auto Clinic yang telah memasuki tahun kedua ini diikuti 80 peserta dari klub MAXXIO (Gran Max Luxio Club Indonesia), CALSIC (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia) dan ZEC (Daihatsu Zebra Club) yang berlangsung pada Sabtu (15/9/2018) di Karawang, dengan topik 'Teknik Pengereman yang Tepat'.
Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dibagi menjadi 7 batch dan bekerjasama dengan GT-Radial. Setiap batch dibagi menjadi 2 sesi yakni sesi teori dan sesi praktek. Kegiatan ini diharapkan semakin membuat para Sahabat Club Daihatsu untuk lebih mengerti tentang pentingnya keselamatan berkendara.
Pada sharing kali ini, disampaikan 2 teknik pengereman yaitu dengan ABS dan non ABS yang terdiri dari beberapa teknik penting yang dapat digunakan ketika kendaraan belum menggunakan sistem pengereman non ABS. Berikut sedikit ulasannya:
1. Teknik Treshold
Pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90% (mengambang) atau tidak sampai mengunci, sehingga ban masih dapat dibelokkan.
2. Teknik Stab
Pengereman ini bagus dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan drum brake/tromol dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang dengan secara cepat untuk mengurangi kecepatan kendaraan. Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, juga dapat mencegah ban mengunci, dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli dibidangnya (expert).
3. Teknik Squeeze.
Metode pengereman ini mirip dengan pengereman Stab yakni dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang tapi dengan perlahan.
"Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat," ujar Ben Faqih, Executive Coordinator People Development Department â CSVC Division, PT Astra Daihatsu Motor. [DeF]
Foto : Garasi.id