Thermostat Mobil

Penjelasan Lengkap Thermostat Mobil, Fungsi dan Juga Jenisnya

11 Jun 2024 | 07:00 WIB

Pernahkah Sahabat mendengar istilah thermostat mobil? Jika masih belum terlalu familiar dengan nama tersebut, sekarang waktunya untuk mengenali komponen mobil yang satu ini.

Secara umum, thermostat berfungsi sebagai menjaga suhu mesin mobil agar tetap stabil.

Thermostat sendiri berguna untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin dari radiator, sehingga tetap berada pada suhu ideal, dan tidak overheat. Lebih jelas terkait penyebab mobil overhaet dan cara mengatasinya Sahabat bisa membaca Penyebab Mesin Mobil Overheat dan Cara Menanggulanginya.

"Suhu yang diinginkan berada di 80-92 derajat celcius. Pada suhu ini mesin akan menghasilkan proses pembakaran paling optimal, di titik paling bertenaga dan paling efisien pemakaian BBM-nya," ucap suparna Kepala Bengkel Auto 2000 Cilandak, seperti yang dilansir dari kumparan.

Cara Kerja Thermostat Mobil

Cara kerjanya sendiri sederhana, saat kondisi mesin dingin, posisi katup thermostat masih tertutup, sehingga air yang dingin tidak tersirkulasi, sehingga mesin bisa cepat panas, untuk menuju suhu idealnya (80-92 derajat celcius).

Lalu, begitu suhu air pendingin (yang di dalam mesin) melebihi suhu ideal (92) maka thermostat terbuka, sehingga cairan pendingin yang sudah panas di dalam mesin, akan dialirkan dan didinginkan kembali ke radiator, dengan bantuan kipas dan putaran udara.

"Jadi kerja thermostat ini seperti katup yang membuka dan menutup secara otomatis sesuai suhu pendingin, agar suhu kerja ideal di dalam mesin terjaga," tuturnya.

Jenis Thermostat Mobil

Sementara itu, untuk jenis dari thermostat mobil terbagi menjadi dua. Dikutip dari sekolahkami.com, jenis thermostat terdiri dari tanpa katup bypass dan thermostat dengan katup bypass.

Lalu, apa perbedaan thermostat tanpa katup bypass dan dengan katup bypass? Berikut penjelasannya.

1. Thermostat Tanpa katup Bypass

Thermostat ini merupakan salah satu jenis thermostat yang digunakan pada kendaraan keluaran lama. Biasanya posisi thermostat ini terletak pada saluran masuk radiator.

Thermostat tanpa katup bypass ternyata tidak dilengkapi dengan saluran cadangan untuk mengalirkan air pendingin apabila terjadi kerusakan pada thermostat.

Air pendingin pada thermostat ini akan terjebak pada water jacket dan radiator ketika mesin dalam kondisi dingin.

Satu kelebihan dari thermostat tanpa katup bypass adalah karena harganya yang lebih murah. Meskipun begitu, thermostat ini punya beberapa kekurangan.

Pertama, thermostat ini tidak punya saluran pengaman jika terjadi kerusakan. Kedua, ketika suhu mesin tinggi, tidak terdapat saluran air yang menjadi pendingin.

2. Thermostat Dengan Katup Bypass

Sementara itu, untuk thermostat dengan katup bypass ini salah satu jenis thermostat yang digunakan di jenis kendaraan keluaran terbaru.

Posisi, thermostat ini biasanya terletak pada saluran keluar radiator. Thermostat ini punya katup bypass yang menyatu dengan thermostat.

Water coolant akan terjebak atau tidak dapat bersikulasi dengan radiator. Oleh karena itu water coolant hanya mengalir dari water jaket ke thermostat, lalu masuk ke water pump dan dipompa ke water jaket kembali. Lebih jelas tentang water coolant Sahabat bisa membaca Cara Pilih Radiator Coolant yang Tepat.

Untuk kelebihannya, thermostat dengan katup bypass punya saluran pengaman jika terjadi kerusakan. Selanjutnya, karena punya katup bypass, maka air pendingin dapat bergerak cepat mendinginkan suhu mesin yang panas.

Sementara itu, untuk kekurangannya, thermostat yang satu ini hadir dengan konstruksi yang rumit dan harga yang mahal.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Jun 2024 | 07:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

thermostatmobilinfootomotiftipsotomotifgarasiidotomotif
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
 Family