Mobil BMW
Mobil BMW

10 Fakta dan Sejarah Mobil BMW yang Perlu Diketahui

24 Jul 2020 | 12:10 WIB

Bayerische Motoren Werke, atau yang kita kenal dengan mobil BMW adalah sebuah pabrikan mobil asal Jerman yang berdiri tanggal 7 Maret 1916. Ia merupakan gabungan dari 3 perusahaan berbeda yakni Rapp Motorenwerke, Bayerische Flugzeugwerke, dan Fahrzeugfabrik Eisenach.

Awalnya BMW memproduksi mesin pesawat khususnya pada masa perang. Namun akibat perjanjian Versailles yang menyatakan Jerman tidak boleh membuat mesin pesawatnya sendiri pasca Perang Dunia I, BMW pun banting setir menciptakan mobil.

10 Hal Mengenai mobil BMW Yang Belum Kamu Ketahui

Mobil BMW pertama yang mereka ciptakan adalah BMW 3/15 yang dibuat berdasarkan model Dixi 3/15, produk Dixi Automobil Werke AG yang diakuisisi BMW tahun 1928. Dan kini kami akan bakal membagikan 10 hal menarik mengenai mobil BMW, yang belum Sahabat ketahui.

10 Hal Menarik Soal mobil BMW

1. Logo mobil BMW dibuat bukan berdasarkan baling-baling pesawat

10 Fakta dan Sejarah Mobil BMW yang Perlu Diketahui

Banyak yang bilang kalau logo mobil BMW dibuat berdasarkan putaran baling-baling pesawat tempo dulu ketika mengudara. Informasi itu salah total. Bentuk bundar pada bagian luar logo mobil BMW itu didasarkan pada logo yang digunakan Rapp Motorenwerke, sementara warna biru bercampur putih pada bagian tengah diambil dari warna bendera Bavaria, kota di mana BMW dilahirkan.

2. BMW Tower di Jerman dibuat berdasarkan bentuk mesin 4 silinder 

BMW sangat bangga akan mesin 4 silinder buatannya sampai-sampai, gedung kantor pusat mereka di Jerman pun dibuat menyerupai bentuk mesin tersebut. Gedung itu terdiri dari 2 bagian; gedung utama yang bentuknya menyerupai mesin 4 silinder, serta museum BMW dengan logo mobil BMW yang besar di bagian atasnya.

10 Hal Mengenai mobil BMW Yang Belum Kamu Ketahui

3. Pada tahun 1959 mobil BMW hampir menjadi bagian dari Mercedes-Benz

Di tahun 1959 mobil BMW hampir bangkrut akibat krisis keuangan yang melanda mereka. Melihat hal ini, induk perusahaan Mercedes yakni Daimler-Benz, saat itu berusaha mengakuisisi kompetitor abadinya tersebut. Mengetahui hal itu, sejumlah pemegang saham minor dan seluruh pegawai mobil BMW tidak terima pada kenyataan bahwa Mercedes bakal membeli 'mereka'. Maka terwujudlah kerjasama paling gila sepanjang perusahaan otomotif; seluruh pegawai mobil BMW mulai dari yang paling atas sampai paling bawah, bersama para pemegang saham, bahu membahu dengan uang mereka sendiri membeli kembali saham BMW demi menyelamatkan perusahaan. 

10 Fakta dan Sejarah Mobil BMW yang Perlu Diketahui

Hal ini membuat Herbert Quandt, salah satu pemegang saham yang terlibat dalam kerjasama itu, memutuskan untuk mengeluarkan lebih banyak uang dan setuju untuk melakukan restrukturisasi total mobil BMW. Sampai hari ini, keluarga Quandt masih memiliki porsi saham yang besar di BMW berkat jasanya di tahun 1959 tersebut.

4. BMW pernah menciptakan Lamborghini di tahun 1970-an

Di pertengahan tahun 1970, Lamborghini bekerjasama dengan BMW untuk menciptakan sebuah mobil balap premium. Rencananya mobil BMW bakal menyediakan mesin dan suspensi buat mobil tersebut, sementara Lamborghini menyelesaikan sisanya. Namun hingga tenggat waktu yang ditentukan, Lamborghini ternyata tidak berhasil menyelesaikan prototipe dari mobil tersebut.

10 Fakta dan Sejarah Mobil BMW yang Perlu Diketahui

Alhasil BMW pun mengambil alih proyek itu dan bekerjasama dengan Baur guna menciptakan mobil balap yang kemudian kita kenal dengan mobil BMW M1. Ya, kejadian ini adalah cikal bakal dari M Series mobil BMW yang saat ini kita ketahui.

5. Elvis Presley diabadikan menjadi nama dari salah satu seri mobil BMW

Elvis 507 adalah sebutan untuk seri BMW 507 yang rilis di tahun 1960-an, karena Sang Raja pernah memiliki dan mengendarai mobil tersebut sebelumnya. Selang berpuluh-puluh tahun setelah Sang Raja mengendarai mobil BMW 507, keberadaan mobil itu pun tidak diketahui lagi. Hingga akhirnya Jackie Jouret, seorang jurnalis otomotif dari Bimmer Magazine, menuliskan risetnya mengenai mobil tersebut di tahun 2006.

10 Fakta dan Sejarah Mobil BMW yang Perlu Diketahui

Kesimpulan dari risetnya menyatakan bahwa mobil BMW 507 yang digunakan Elvis Presley berkode 70079. Ia juga menuliskan bahwa siapapun yang memiliki BMW 507 dengan kode tersebut, bisa menghubungi redaksinya. Selang 1 tahun berlalu, seorang bernama Jack Castor menghubungi Jackie Jouret. Castor mengaku bahwa mobil itu ada padanya. Dan setelah didatangi, memang benar itu adalah BMW 507 berkode 70079 yang dicari selama ini. BMW pun melakukan investigasi lebih lanjut terhadap mobil itu dan ternyata benar, mobil itu pernah dipakai oleh Sang Raja, sebelum dirinya mengawali wajib militer.

6. Sebelum Tesla, BMW sudah menciptakan mobil listrik di tahun 1972

Sebelum Tesla terkenal dengan mobil listriknya, BMW sudah lebih dulu menciptakan mobil listrik di tahun 1972, bertepatan dengan penyelenggaraan Olimpiade Munich. Mobil ini bernama BMW 1602e. Ditenagai 12 baterai dan memiliki tenaga 50 tenaga kuda. Jika dalam kondisi terisi penuh, mobil BMW ini bisa melaju hingga jarak 20 kilometer. Namun BMW tidak melepas mobil ini secara luas melainkan hanya sebagai model konsep yang dibuat untuk memeriahkan Olimpiade Munich.

7. Pada hakekatnya mobil BMW adalah sebuah mainan LEGO

Ya karena Sahabat bisa bongkar pasang mobil BMW ini dan mengotak-atik beberapa bagiannya sesuka hati kamu. Sebagai contoh Sahabat bisa menggunakan suspensi belakang dari BMW M Coupe di tahun 2000an untuk Seri 3 E30 milikmu. Sahabat juga bisa menggunakan rem dan suspensi depan dari mobil BMW M3 E36 ke Z3 tahun 1990.

8. BMW merupakan pemilik resmi Rolls Royce dan Mini Cooper

Siapa tidak tahu Rolls Royce dan Mini Cooper? Tentu semua orang tahu, bukan? Ya, saat ini kedua merk tersebut merupakan milik BMW. Dengan kata lain, 2 merk mobil terbaik di Inggris dimiliki oleh perusahaan Jerman. Menarik sekali.

9. Grill depan di setiap mobil BMW disebut Kidney Grill

Grill, atau bagian depan pada mobil BMW, adalah sesuatu yang membuat orang mengetahui bahwa sebuah mobil adalah BMW. BMW menamai grill tersebut dengan sebutan Kidney Grill.

10 Fakta dan Sejarah Mobil BMW yang Perlu Diketahui

Kidney Grill didesain oleh desainer BMW bernama Franz Fielder yang, kemudian diimplementasikan oleh BMW di BMW 303 pada tahun 1933.

Dan sampai hari ini, Kidney Grill selalu ada di semua mobil keluaran BMW.

10. Ciri khas BMW lainnya adalah Hofmeister Knick

Selain Kidney Grill, ciri khas mobil BMW lainnya adalah Hofmeister Knick. Hofmeister Knick adalah sebutan untuk lekukan khas BMW di bagian jendela belakang.

Design ini awalnya dikenalkan oleh Wilhelm Hofmeister untuk BMW pada tahun 1961 dan sejak saat itu, seluruh mobil BMW dan diikuti oleh beberapa pabrikan lainnya menerapkan model lekukan kaca belakang yang serupa dengan Hofmeister Knick ini.

Demikian 10 fakta mengenai BMW yang belum kamu ketahui. Tidak hanya itu, Sahabat juga bisa mencari mobil BMW bekas di Garasi.id. Sebagai situs jual beli mobil bekas online, Garasi.id hadir memberikan solusi kepada Sahabat yang ingin membeli mobil bekas. Dengan fitur-fitur andalan yang ada di Garasi.id, Sahabat bisa dipastikan tidak perlu lagi cemas saat ingin membeli mobil bekas.

Nah, jika kamu bingung dimanakah tempat beli mobil bekas yang tepat, Garasi.id adalah solusinya. Melalui fitur Mobil Pilihan kamu akan mendapatkan mobil bekas dengan kriteria seperti:

  • Kilometer rendah
  • Umur mobil muda
  • Bergaransi 1 tahun
  • Sudah di Inspeksi

Selain itu, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bagi konsumen, Garasi.id juga sudah melakukan sterilisasi dengan disinfektan di beberapa bagian mobil yang sering disentuh. Tidak hanya itu, Sahabat garasi juga bisa melakukan Test Drive di rumah untuk menguji mobil bekas yang kamu inginkan. 

#PilihanAman Beli Mobil Bekas di Era New Normal

Untuk info Syarat dan Ketentuan, Sahabat bisa menghubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di clara@garasi.id. Masih banyak kejutan lainnya yang menanti kamu di Garasi.id, buruan sebelum kehabisan!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 26 Jul 2020 | 12:15 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

bmwinfogarasigarasiidtipsotomotifmobilpilihan