Ac mobil tidak dingin
Ac mobil tidak dingin

10 Penyebab Ac Mobil Kamu Tidak Dingin

17 Mar 2022 | 12:00 WIB

AC mobil merupakan salah satu fitur mobil yang pasti ada kita temui di mobil-mobil baik itu keluaran baru maupun lama. Tidak dinginnya AC mobil ketika di gunakan untuk perjalanan jauh ataupun macet pasti membuat kesal. Untuk itu Sahabat perlu banget memperhatikan kinerja AC mobil.


Salah satu yang jadi petunjuk AC mulai bermasalah yakni saat keluar angin, tapi tidak dingin. Sebenarnya, kenapa AC mobil tidak dingin? Lalu, apa saja penyebab AC mobil kadang dingin, kadang tidak atau panas, atau bahkan AC mobil tidak dingin padahal sudah isi freon? Berikut penyebab AC mobil tidak dingin


Lakukan Perawatan AC Mobil Secara Berkala

Lakukan Perawatan AC Mobil Secara Berkala


1. Refrigerant atau Freon Habis atau Kurang

Apa yang menyebabkan AC mobil tidak dingin atau kurang dingin? Penyebab AC mobil kurang dingin pertama yakni berkurangnya atau habisnya freon yang merupakan media pendingin AC mobil. Bila freon berkurang atau habis, tentu akan menjadi penyebab AC mobil tidak dingin. Tentu freon tidak akan habis bila tidak ada penyebabnya. Adapun yang menyebabkan freon habis yakni terjadi kebocoran pada sistem AC seperti pada kondensor, sambungan seal o-ring, evaporator, ataupun komponen AC lainnya.

2. Fan Belt atau Drive Belt Putus

Apa penyebab AC mobil panas hanya keluar angin? Pengemudi mobil kerap mengalami putus atau copotnya fan belt, yang menghubungkan antara putaran mesin dengan kompresor AC mobil. Kompresor tidak akan berputar dan membuat kondensor tidak bekerja sebagaimana mestinya bila fan belt putus atau copot. Akibatnya, AC mobil tidak dingin dan hanya mengeluarkan angin.

3. Kondensor Kotor

Penyebab AC mobil kurang dingin berikutnya yakni karena kondisi dari kondensor yang kotor. Padahal kondensor berfungsi untuk membuang panas yang dilepaskan kompresor. Hal ini tentunya menjadi penyebab AC mobil tidak dingin pada siang hari atau saat cuaca panas, apabila terdapat kotoran pada bagian dari kondensor tersebut. Kotornya kondensor karena tidak rutin dibersihkan sehingga menyebabkan menumpuknya kotoran atau timbul karat.

4. Motor pada Extra Fan Mati

Apa penyebab AC mobil tiba-tiba panas lainnya? Sudah cek kondensor pada mobil kamu tidak mengalami kerusakan? Mungkin yang jadi penyebab AC mobil kurang dingin adalah karena motor extra fan mati. Sahabat bisa mengeceknya, apakah extra fan berputar atau tidak. Pasalnya extra fan yang tidak berputar atau rusak berpengaruh pada proses kondensasi yang menjadi tidak berjalan optimal dan bisa membuat mobil menjadi overheat.

5. Magnetic Clutch Mengalami Kerusakan

Katup magnet atau magnetic clutch merupakan bagian dari kompresor AC mobil yang bertugas menghubungkan putaran mesin dengan kompresor melalui drive belt. AC mobil bisa tidak berfungsi bila magnetic clutch di kompresor rusak. Salah satu sebab kerusakan magnetic clutch adalah cara pengoperasian AC yang tidak benar seperti menyalakan suhu terlalu rendah sehingga magnetic clutch sering putus-sambung.

6. Kompresor Aus

Saat kompresor yang merupakan salah satu bagian dari sistem AC mobil mengalami aus atau kerusakan, biasanya akan terlihat sight glass berwarna hitam. Hitamnya sight glass menandakan bahwa receiver dryer atau expansion valve terhambat karena adanya kotoran. Sahabat bisa segera bawa mobil ke bengkel AC terdekat dan lakukan pengecekan lebih lanjut bila merasakan AC mobil kurang dingin disertai munculnya sight glass berwarna hitam.

7. Oil Kompresor Berlebih

Dalam sistem AC mobil terdapat refrigerant atau freon yang berfungsi sebagai media yang menyerap panas dari ruang sekitar dan membuat ruang kabin menjadi lebih dingin. Freon akan bersirkulasi terus menerus karena dipompa oleh kompresor AC mobil. Terdapat juga fluida yang ikut mengalir yakni oli kompresor AC mobil, selain freon yang bersirkulasi.

Oli kompresor AC memiliki fungsi sebagai pelumas piston yang berada di dalam kompresor AC. Setiap mobil punya jumlah takaran yang berbeda-beda, jadi jangan terlalu berlebihan dan jangan juga kurang. Bila oli kompresor AC terlalu berlebihan akan berefek ke sistem pendingin, menyebabkan tabung dryer mampet. Imbasnya, freon AC sudah tidak bisa lagi bersirkulasi dengan baik sehingga AC mobil menjadi kurang dingin.

8. Evaporator AC Mobil Kotor atau Tersumbat

Debu menjadi salah satu penyebab dari tersumbatnya bagian pada evaporator AC mobil. Bila debu sudah mulai menyumbat, tentu akan membuat aliran udara dari blower jadi terhambat. Hal ini akan membuat sirkulasi AC juga akan terganggu apabila aliran udara yang keluar dari blower terhambat. Inilah yang menjadi penyebab AC mobil gak dingin lainnya.

9. Tekanan Berlebih pada Sistem AC Mobil

Penyebab AC mobil kurang dingin berikutnya yakni tekanan berlebih pada sistem AC mobil karena adanya pengisian oli kompresor yang melebihi batas. Kapasitas dari oli kompresor yang berlebihan bisa membuat tekanan pada freon malah meningkat. Hal itu bisa mengakibatkan kompresor akan sangat panas.

10. Filter AC Tersumbat

Cara cek AC mobil tidak dingin adalah dengan meneliti kembali kondisi filter pada AC tersebut. Apa fungsinya dryer filter AC Mobil? Dryer filter berfungsi sebagai tempat penampung sementara freon yang sudah menjadi cair oleh kondensor yang juga menjadi penyaring dan pengering uap di dalam sistem AC mobil.

Dryer filter menjadi alat penyaring freon yang sudah menjadi cair dan punya beberapa komponen di dalamnya seperti filter, desiccant, sight glass, dan fusible plug. Dryer filter yang terletak di antara expansi valve dan kondensor ini tergolong sebagai komponen vital yang dimiliki oleh AC mobil.

Bila dryer filter bermasalah, tentunya akan berdampak pada AC mobil seperti adanya penyumbatan yang bisa terjadi atau adanya masalah di sekitar area dryer filter.

Itulah 10 penyebab AC mobil tidak dingin, semoga dengan informasi tersebut Sahabat jadi semakin paham bila AC mobil bermasalah. Dan untuk Sahabat yang mau ingin melakukan perawatan AC mobil dengan diskon hingga 50%, Sahabat bisa nih langsung aja beli voucher perawatan AC di Garasi.id.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 18 Mar 2022 | 11:10 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifACperawatanACMasalahAC
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family