10 Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi
10 Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

10 Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

22 Jul 2022 | 11:00 WIB

Ketika sedang berkendara di jalanan yang cukup lengang, seperti di jalan tol, kadang Sahabat pasti terpancing untuk memacu laju kendaraan dengan lebih kencang lagi untuk menguji performa mesin di kendaraan. Biasanya ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi keseimbangan mobil menjadi tidak senyaman ketika mobil melaju pada kecepatan normal. Pengemudi tiba-tiba mulai merasakan mobil bergetar. Getaran yang dihasilkan pada kendaraan janganlah dianggap remeh, karena getaran ini hanya muncul apabila terdapat sistem atau bagian mobil yang tidak ideal sehingga harus segera diperbaiki agar Sahabat bisa lebih nyaman dan aman ketika mengendarai kendaraan.

Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang perlu Sahabat ketahui, yaitu adalah:

1. Ban

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yang pertama adalah terjadinya masalah pada ban. Perlu diketahui bahwa untuk setiap kendaraan bermotor, apalagi mobil, ban merupakan salah satu komponen utama yang sangat penting. Sehingga apabila terdapat masalah yang dialami oleh ban, maka hal tersebut akan begitu terasa pada mobil yang sedang kamu kendarai, seperti terjadinya getaran.

Umumnya, penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi yaitu karena kondisi ban yang sedang tidak seimbang. Dalam artian, bisa saja jumlah angin yang terdapat di dalam ban berbeda satu sama lain, yang membuat mobil menjadi bergetar ketika dikendarai.

Nah, perputaran yang tidak selaras pada ban ini tentunya membuat keseimbangan mobil bisa menjadi goyah. Bukan hanya bisa menimbulkan rasa kurang nyaman, baik itu bagi pengendara maupun penumpang, melainkan juga bisa membahayakan jiwa orang yang berada di dalam mobil tersebut.

10 Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi

2. Mesin

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya adalah terdapat masalah pada mesin. Apabila mesin mobil tidak mendapatkan pasokan bahan bakar yang sesuai, maka hal tersebut akan menimbulkan masalah pada sistem kelistrikan dan kompresi. Tak hanya itu, kopling yang habis dan setelan mobil yang kurang tepat juga diduga mampu mengganggu performa mesin.

Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan pada penyuplaian bahan bakar atau filter bensin pada mobil kamu. Selain itu, lakukan pula pengecekan pada komponen mesin, seperti busi dan filter bensin, apakah dalam keadaan kotor dan tersumbat atau tidak.

Alangkah baiknya apabila kamu melakukan pergantian secara berkala sebagaimana yang direkomendasikan oleh pabrik.

3. Shockbreaker

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya bisa datang dari shockbreaker. Nah, shockbreaker itu sendiri berfungsi dalam mengurangi atau meredam getaran ketika mobil tengah melaju. Sehingga, apabila bagian satu ini rusak, maka dapat dipastikan mobil akan terus-menerus bergetar secara otomatis.

Umumnya, getaran ini akan muncul ketika mobil sedang melaju di kecepatan yang cukup tinggi. Namun, jika getaran justru bisa dirasakan ketika mobil secara melaju pada kecepatan rendah, maka itu tandanya shockbreaker mobil kamu sudah benar-benar dalam keadaan rusak parah.

Maka dari itu, salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti bagian shockbreaker lama dengan yang baru, agar getaran mobil dapat diredam ketika mobil tengah melaju, baik itu kecepatan rendah maupun pada kecepatan tinggi.

4. Rem

Penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi selanjutnya juga bisa akibat adanya masalah pada rem mobil. Akan tetapi, penyebab satu ini biasanya dapat kamu rasakan ketika sedang menginjak rem. Nah, jika demikian, maka masalah pada cakram rem bisa menjadi jawabannya.

10 Penyebab Mobil Bergetar Saat Kecepatan Tinggi


Cakram rem yang sudah tidak presisi pada tempatnya atau fisiknya yang sudah mulai tidak bagus bisa menyebabkan getaran ketika rem sedang diinjak. Oleh karena itu, apabila kamu bisa merasakan getaran tersebut, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengganti cakram.

Tak hanya itu, perhatikan pula kampas remnya. Karena, kampas yang sudah memiliki kualitas buruk juga bisa menjadi salah satu penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Perlu diketahui bahwa sistem pengereman merupakan komponen yang paling penting dalam berkendara. Sehingga, masalah sedikit pun harus segera diatasi, guna meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

5. Propeller

Propeller juga merupakan salah satu penyebab mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Akan tetapi, kemungkinannya sangat kecil, sebab propeller itu sendiri memang dibuat dengan kemampuan menahan getaran saat mentransmisikan data dari gearbox ke diferensial.

Selain itu, propeller juga dibuat dengan keunggulan yang dapat menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan serta jumlah beban yang didapatnya. Propeller bahkan juga memiliki ketahanan apabila mengalami tekanan yang dapat menimbulkan pembengkokan. Hanya saja, perputaran propeller juga bisa menghambat performa mobil ke tingkat maksimal apabila mengalami masalah.

6. As Roda

Penyebab mobil bergetar lainnya yaitu datang dari as roda. Perlu diketahui, apabila mobil kamu pernah mengalami kecelakaan sebelumnya, maka ada kemungkinan as roda ini akan rusak.

As roda yang mengalami kerusakan juga bisa membuat perputaran roda menjadi tidak stabil, sehingga menimbulkan getaran, terutama ketika mobil sedang melaju pada kecepatan tinggi. Kerusakan as roda ini bukanlah masalah umum yang sering terjadi, melainkan berpotensi terjadi pada mobil yang memiliki riwayat kecelakaan.

As roda itu sendiri merupakan salah satu komponen utama pada mobil, karena posisinya yang terletak telah di bawah mobil. Sehingga, apabila terdapat masalah, kamu bisa dengan sangat jelas merasakan kerusakannya. Karenanya, alangkah lebih baiknya apabila kamu segera melakukan perbaikan ketika masalah ini terjadi.

Namun, patut diketahui pula bahwa biaya perbaikan as roda cukup menguras dompet. Meski begitu, tak perlu khawatir sebab as roda merupakan bagian mobil yang sangat kuat, sehingga tidak akan mudah rusak kecuali mobil mengalami kecelakaan fatal.

7. Velg

Velg juga bisa menjadi pemicu mobil bergetar saat kecepatan tinggi. Biasanya velg yang bengkok dan mengalami kerusakan dalam bentuk akan membuat mobil bergetar. Kerusakan ini akan membuat ban Sahabat tidak bulat sempurna dan mengganggu keseimbangan. Velg juga akan mengalami kekurangan daya tahan beban yang semestinya di didapatkan dan membuat velg ban yang baik akan mengalami kelebihan kerja. 

Solusinya segera lakukan penggantian velg ban. Selalu hindari lubang di jalan agar velg tidak mendapat kerusakan akibat benturan yang keras. 

8. Piston

Piston juga bisa menjadi pemicu mobil bergetar, kekurangan tenaga dengan piston akan membuat tenaga gerak mobil kamu menjadi turun dan jika dipaksakan akan membuat getaran di mesin dan berimbas ke bodi mobil jika dipacu dengan kecepatan tinggi. Kerusakan piston juga bisa disebabkan karena oli mobil yang tidak rutin diganti karena kotor. 

9. Busi

Busi mati bisa membuat mesin menjadi pincang. biasanya mobil memiliki busi sebanyak empat buah jika salah satu mati sebaiknya diganti semua agar performa mesin kamu baik. jika performa mesin sedang tidak baik maka akan ada gejala ketidaknyamanan jika kamu sedang berkendara. paling lazim adalah mesin mobil bergetar.

10. Engine Mount

Fungsi engine mount adalah untuk menahan bobot mesin mobil. jika salah satu engine mount rusak maka mesin mobil bergetar keras dan mengalami getaran yang membuat mobil ikut bergetar apalagi jika dalam kecepatan tinggi. kerusakan Engine mount bukanlah sebuah kerusakan umum. Engine mount dibuat secara khusus sehingga memang berfungsi dengan ketahanan tinggi. kerusakan engine mount biasanya disebabkan karena mobil pernah mengalami kecelakaan.

Nah Sahabat itulah 10 penyebab umum mobil bergetar saat kecepatan tinggi, bila sudah mulai terasa segera periksakan mobil kamu ke ahlinya ya biar tidak terjadi hal buruk. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 22 Jul 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family