Pilihan warna mobil
Warna mobil

10 Warna mobil yang paling diminati dan aman dari kecelakaan

20 Apr 2021 | 12:07 WIB

Tak dipungkiri, jika melihat persaingan otomotif saat ini, esensi keselamatan menjadi hal penting yang terus dikembangkan. Bahkan, tak jarang banyak mobil sudah dinilai tahan uji dan diberikan bintang lima berdasarkan penilaian ASEAN NCAP Safety Rating.Lantas, apakah warna mobil juga berpengaruh?

Jawabannya iya! Membeli mobil bekas, pastinya tidak asal-asalan bagi calon pembelinya. Selain model, fitur, dan mesin, ada lagi satu hal yang patut diperhatikan dalam membeli mobil bekas, yaitu cat mobil.

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Jika melihat statistik yang dilansir oleh carloans.com, warna cat mobil bekas paling laku jatuh pada mobil berwarna hitam. Tercatat ada 47% mobil hitam yang pernah mengalami kecelakaan lalu lintas. Dari data ini, warna hitam bisa disimpulkan menjadi warna yang paling tidak aman daripada pilihan warna lainnya. 

Memilih warna cat mobil bukan saja masalah selera namun juga keamanan Dari fakta penelitian, memilih mobil juga harus mempertimbangkan jenis warna yang aman. Nah apa saja sih warna mobil bekas yang aman dan kerap kali menjadi daya tarik tersendiri bagi pembelinya? Yuk simak dibawah ini.

Warna mobil bekas paling laku dan aman : Putih

Studi menjelaskan bahwa warna mobil putih cenderung banyak diminati oleh para pengguna mobil. Putih menjadi warna yang terlihat kontras meski berada di area minim pencahayaan ataupun terhadap aspal yang berwarna hitam. Penelitian yang dilakukan oleh Monash University menuturkan bahwa warna putih adalah warna yang paling aman. Bahkan jika warna putih dibandingkan dengan warna hitam, memperlihatkan fakta bahwa warna hitam lebih tinggi resiko kecelakaannya di angka 12%, diikuti Grey atau abu-abu sebesar 11%, perak atau Silver 10% dan warna lainnya 7%.

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Meski terbilang cukup aman, warna cat mobil putih juga memiliki kekurangan dalam hal kebersihan. Pasalnya, noda, debu atau cipratan air, dapat mudah terlihat pada mobil berwarna putih. Jika kamu memilih warna mobil ini, pastikan selalu mencucinya secara rutin ya sobat.

Kuning

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Pernahkah kamu mengamati mobil taksi yang ada di luar negeri, seringkali diberi warna kuning? Alasannya cukup masuk akal, mengingat warna kuning memberi tampilan yang cerah meski dalam kondisi hujan, berkabut atau bahkan berdebu. Apalagi jika diamati pada malam hari, warna kuning masih terlihat jelas dan kontras dengan objek lalu lintas lainnya. Dalam hal ini, warna kuning adalah salah satu warna mobil paling aman.

Krem

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Bagi sebagian orang, warna mobil krem lebih terlihat membosankan. Namun sebaliknya, warna krem bisa terlihat kontras di malam hari. Perlu juga menjadi catatan, warna krem juga bisa berpotensi menyamarkan penglihatan orang dikarenakan jenis warna ini juga paling banyak ditemui di alam luas. Bahayanya lagi, apabila ketika hujan lebat turun, maka bisa dipastikan pengendara lain tidak bisa melihat keberadaan mobil kamu.

Pink

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Warna yang paling kontras dengan kondisi jalan maupun objek lainnya adalah warna mobil pink atau merah muda. Tidak banyak objek lalu lintas jalanan kota yang berwarna merah muda sehingga mobil berbalut warna pink lebih mudah diamati dan cenderung Eye-Catching. Namun, jenis warna ini tidak banyak disukai oleh berbagai kalangan dikarenakan pesan 'Girly’ atau feminim yang diusungnya.

Silver

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Silver atau perak adalah warna yang sering ditawarkan oleh para pihak sales mobil. Mengapa begitu? Pasalnya, warna mobil Silver diklaim memiliki nilai jual kembali atau resale yang cukup tinggi. Sedangkan dari segi keselamatan, Silver memiliki kontras yang baik di saat siang maupun di area minim pencahayaan. Namun, jika hujan tiba, mobil berwarna Silver seringkali terlihat samar dan sulit terlihat oleh pengendara lainnya.

Hijau

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Banyak hal berwarna hijau mulai dari rerumputan, beberapa rambu jalan hingga lampu lalu lintas. Warna hijau pada mobil memang terbilang sangat terang namun ia tidak cukup kontras dengan warna di sekitarnya. Warna mobil hijau tergolong Eye-Catching karena warnanya yang terang. Di sisi lain, hijau tidak begitu bagus untuk digolongkan sebagai warna paling aman bagi mobil.

Merah

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Merah adalah warna yang paling mudah diamati di antara kerumunan kota. Namun perlu diingat bahwa banyak rambu-rambu hingga lampu lalu lintas juga menggunakan warna merah. Dalam hal ini, warna mobil merah bisa beradaptasi dengan baik di cuaca hujan maupun berkabut. Sayangnya, warna merah tidak terlihat begitu terang di malam hari.

Biru

10 Warna Mobil Bekas Paling Laku dan Paling Aman Dikendarai

Warna biru pada mobil tidak tergolong cukup aman. Mengapa begitu? Pasalnya, warna mobil biru tidak dapat memberikan kontras yang cukup ketika dipadukan dengan warna hitam pada aspal. Apalagi jika warna biru yang dipilih adalah biru gelap yang juga menimbulkan pandangan samar-samar bagi pengendara lain di malam hari.

Nah bila sudah tau warna apa yang banyak diminati atau Sahabat ingin mencari warna kesukaan untuk mobil idaman kamu. Sahabat bisa mencarinya di Garasi.id, disana Sahabat bisa menemukan banyak pilihan warna, tipe, dan juga tahun produksi sesuai keinginan. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 20 Apr 2021 | 12:07 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsjualbelimobilbekasjualbelimobilbekasonlinegarasiidSolusiPuas
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family