Aki Mobil
Cek Kesehatan Aki Mobil

3 Cara Mudah Cek 'Kesehatan' Aki Mobil

05 Jul 2018 | 16:26 WIB
BAGIKAN

Aki atau baterai menjadi salah satu sumber listrik utama pada mobil. Jika komponen ini bermasalah atau bahkan habis arus listriknya, maka mesin dan perangkat pada mobil bakal sulit dinyalakan.

Seperti yang tertulis di halaman Astraworld, yang dilansir dari Viva, aki menjadi komponen vital pada mobil, dan jika bermasalah bukan tidak mungkin akan mengganggu rencana perjalanan Sahabat.

3 Cara Mudah Cek 'Kesehatan' Aki Mobil

Baca Juga : Begini Cara Merawat Aki Basah Agar Tetap Awet

Ada tiga cara mudah yang sebenarnya bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengetahui kondisi kesehatan aki kendaraannya. Apa saja?

1. Mesin susah hidup

Aki yang ngadat membuat bunyi 'cetak-cetek' saat kunci mobil diputar ke posisi start, bahkan pada kondisi terburuk tidak terdapat bunyi sama sekali saat kunci kontak mobil diputar. Pada kondisi aki normal, listrik dari aki akan mengalir ke dinamo starter mobil untuk membantu menyalakan mesin.

2. Perhatikan lampu peringatan di dasbor

Saat memutar kunci kontak dalam kondisi normal, maka lampu-lampu indikator akan menyala. Sebaliknya, jika kondisi aki lemah, lampu indikator jadi redup atau bahkan mati.

3. Suara klakson melemah

Salah satu cara mudah untuk mengetahui kondisi aki adalah dengan menekan klakson. Tekan dan tahan klakson, lalu putar kunci kontak ke posisi starter. Jika aki lemah, akan mengakibatkan suara klakson melemah bahkan tidak bersuara sama sekali.

Jika sudah melakukan ketiga hal tersebut, dapat dipastikan bahwa salah satu penyebab terbesar mobil ogah nyala karena baterai atau akinya sudah lemah. Agar mobil hidup, dapat dilakukan dengan cara memancing (jumper) aki yang lemah tadi untuk kondisi darurat.

Baca Juga : Aki Tekor? 'Jump Start' Dengan Cara Ini

Jika dengan cara jumper arus aki tidak berhasil, maka jalan terbaik adalah dengan mengganti aki dengan yang baru.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 05 Jul 2018 | 16:26 WIB
BAGIKAN