KlikNClean
Promo Cuci Mobil 40%

Bahaya ! Perhatikan 4 Komponen Berikut Saat Mencuci Mobil

22 Des 2020 | 13:36 WIB

Perawatan mobil selain melakukan servis yang rutin, mencuci mobil juga merupakan salah satu perawatan yang perlu dilakukan. Mencuci mobil bisa membuat mobil kamu tampak lebih bersih dan terhindar dari korosi. Namun, tahukah kamu penggunaan air bertekanan saat mencuci ternyata berbahaya untuk beberapa bagian mobil. Seperti yang dikutip situs resmi Hyundai, saat kita mencuci mobil dengan air bertegangan tinggi bisa membuat komponen seperti sensor, bodi dan lapisan pelindung karat rusak lho Sahabat. Berikut penjelasannya;

Sensor

Sensor memiliki fungsi untuk mendeteksi keadaan mesin mulai dari bukaan throttle gas, suhu mesin, kevakuman pada intake manifold dan lain sebagainya. Data dari sensor tersebut kemudian diolah oleh ECU dan kemudian diteruskan ke komponen lainnya. Nah, sensor yang bisa eror ketika kamu terlalu sering mencuci mobil dengan air tegangan tinggi (steam) adalah sensor parkir.

Bahaya ! Perhatikan 4 Komponen Berikut Saat Mencuci Mobil

Selain sensor kelistrikan di bagian lampu-lampu juga tidak harus dihindari dari semprotan air bertekanan, Sudah pasti bagian ini rawan konslet dan bisa saja menyebabkan kebakaran mobil karena api bisa muncul komponen yang eror. Selain itu, kamu juga jangan terlalu sering menyemprot bagian ban mobil ya Sahabat. Di ban mobil terdapat sensor ABS di bagian roda, sudah tahu kan pentingnya ABS pada mobil kamu, jadi lebih baik jangan terlalu sering mencuci dengan air bertegangan tinggi ya Sahabat.

Bodi Mobil

Bagian ini memang paling kecil rusak akibat air bertekanan. Namun jika mobil sudah pernah di cat ulang dengan kualitas rendah, sebaiknya dihindari. Selain menimbulkan goresan dari kotoran yang menempel, nantinya juga dapat berpengaruh ke warna cat mobil itu.

Bahaya ! Perhatikan 4 Komponen Berikut Saat Mencuci Mobil

Lapisan Anti Karat

Menyemprot dengan air bertekanan dapat mengikis lapisan anti karat yang ada di mobil, seperti di bagian rumah roda. Bahkan beberapa pencucian mobil menyikat bagian rumah roda untuk menghilangkan noda yang bandel, dan jelas memperparah rusaknya lapisan anti karat.

Bahaya ! Perhatikan 4 Komponen Berikut Saat Mencuci Mobil

Mengganggu sistem kaki dan suspensi

Sistem kaki kaki dan juga suspensi pada mobil akan terganggu akibat terlalu sering mencuci bagian mobil dengan menggunakan mesin steam. Dengan air bertekanan tinggi maka akan dapat membuat pelumas pada bagian tersebut menjadi hilang dan bersih.

Bahaya ! Perhatikan 4 Komponen Berikut Saat Mencuci Mobil

Jadi pada saat dikendarai mobil akan terasa kurang nyaman karena pelumas yang melumasi bagian tersebut tidak ada. Nah jadi mulai sekarang sebaiknya Sahabat menyempatkan waktu untuk merawat mobil khususnya saat mencuci mobil. Bila memang Sahabat tidak memiliki waktu yang panjang untuk mencuci mobil, serahkanlah kepada ahlinya yaitu KlikNClean. Buat Sahabat yang berencana mau mencuci mobil, Sahabat bisa nih dapatkan promo cuci mobil dengan diskon hingga 40% dari KlikNClean untuk pembelian voucher melalui Jasa dan Servis Garasi.id. 

Bahaya ! Perhatikan 4 Komponen Berikut Saat Mencuci Mobil

Yang menariknya nih Sahabat, promo dari KlikNClean ini bisa dikerjakan dari rumah alias Home Service, dengan layanan yang meliputi : 

1. Cuci Komplit + Fogging (40%)

2. Cuci Medium + Fogging (40%)

3. Cuci Regular + Fogging (40%)

4. Fogging (40%)

5. Cuci Komplit (30%)

6. Cuci Medium (30%)

7. Cuci Drywash (30%)

8. Cuci Regular (30%)

Gimana Sahabat, menarik bukan promonya? yuk buruan dibeli promonya biar dapat diskon 40%. Kapan lagi kan cuci mobil disamperin ahlinya ke rumah. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 22 Des 2020 | 13:36 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstipsotomotiftipsgarasitipsototipsdantrikotomotiftipsmobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family