Logo Mobil
Logo mobil memiliki nilai filosofi masing-masing

4 Logo Mobil dan Filosofinya

11 Agt 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN

Logo mobil yang biasanya terpampang di depan sebuah mobil tidak begitu saja dibuat oleh produsen. Setiap logo kendaraan menyimpan makna dan merepresentasikan suatu filosofi yang terkandung di dalamnya. Namun, filosofi yang terdapat di balik sebuah logo terkadang tidak diketahui oleh konsumen. Nah, oleh karena itu, kali ini kita akan membahas makna di balik logo mobil yang belum kamu ketahui sebelumnya:

BMW

Siapa yang tidak kenal dengan mobil pabrikan Jerman ini. Logo BMW sendiri merupakan penghormatan kepada logo yang sebelumnya digunakan ketika masih bergabung dengan Rapp Motor hingga pada akhirnya berpisah pada tahun 1917. Sebagai pengganti lambang kuda hitam yang ada di logo, BMW akhirnya menggunakan warna nasional negeri Bavaria, Jerman, yaitu perpaduan warna hitam, putih dan biru. 

4 Logo Mobil dan Filosofinya

Mercedes-Benz

Berbeda dengan BMW, mobil yang memiliki kampung halaman di Stuttgart, Jerman ini memiliki logo yang paling ikonik. Sekali melihat logonya, orang awam sekalipun akan langsung menyadari merek premium yang berlambang bintang dengan tiga sudut runcing ini.

4 Logo Mobil dan Filosofinya

Logo bintang Mercedes-Benz pada awalnya digunakan sebagai gambar dalam kartu pos yang dikirim oleh pendiri Daimler Motoren Gesellschaft, Gottlieb Daimler kepada istrinya di tahun 1870. Bintang ini merupakan 'petunjuk' lokasi rumah Daimler dan menjadi harapan bagaimana cahaya bintang akan "bersinar di atas pabriknya dan membawa kemakmuran".

Putra Daimler, Paul dan Adolf mulai menggunakan logo bintang ini pada pabrik pembuatan mobil DMG yang mereka buat di awal 1900-an. Ketika DMG bersatu dengan Benz & Cie di 1926, mereka menggabungkan bintang yang mereka gunakan dengan karangan bunga laurel.

Pada akhirnya, Mercedes menanggalkan karangan bunga laurel, dan menyisakan bintang yang pada masing-masing sudutnya melambangkan dominasi di darat, laut, dan udara.

Toyota

Nah selanjutnya adalah produsen mobil asal Jepang yang pasti sudah kita kenal, Toyota. Sejak memasuki pasar global ternyata Toyota tidak memiliki lambang atau logo. Pada tahun 1989 barulah Toyota secara resmi mengeluarkan lambang atau logo dengan memilih dua lingkaran elips yang bersentuhan satu sama lain dan berada dalam lingkaran yang lebih besar. Toyota memilih lambang ini karena mirip dengan huruf T dan merupakan huruf pertama dari nama perusahaan. 

4 Logo Mobil dan Filosofinya

Berdasarkan situs resmi yang dikeluarkan oleh Toyota, tiga elips yang digunakan pada lambang Toyota merepresentasikan makna sendiri-sendiri. Elips pertama mewakili para pelanggan Toyota, elips kedua melambangkan komitmen Toyota untuk memberikan yang terbaik dan memuaskan, dan elips ketiga memiliki arti sebagai kemungkinan yang terbentang tanpa batas bagi teknologi dan inovasi.

Honda

Selama ini, perusahaan Honda sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat otomotif dunia. Pada awalnya Honda hanya memiliki satu lambang yaitu sayap yang mengepak, karena pada awal perusahaan ini dibangun hanya motor saja yang diproduksi, namun Honda melebarkan divisi untuk memproduksi kendaraan roda empat dengan logo H. 

4 Logo Mobil dan Filosofinya

Sejarahnya berawal ketika Soichiro Honda mulai memproduksi mobil Honda pada tahun 1962. Model yang pertama kali meluncur dibawah naungan Honda tersebut adalah Honda S360 dan T360. Tetapi karena ia ingin ada perbedaan logo antara mobil dan motor yang dibuatnya, ia tidak menggunakan lambang Honda untuk roda dua di mobil buatannya.

4 Logo Mobil dan Filosofinya

Tentunya desain logo mobil Honda pada awalnya tidak seperti sekarang lho Sahabat, huruf H pada model mobil pertama terlihat lebih lebar dan masih terlihat seperti bentangan sayap yang mengembang.

Foto: Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 11 Agt 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN