Starter mobil membutuhkan daya yang besar untuk menyalakan mobil
Lemahnya akiakan mengakibatkan mobil susah untuk dinyalakan, selain itu biasanya indikator aki pada dashboard akan menyala

4 Sumber Mobil Susah di Starter

31 Jul 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN

Mobil yang tak bisa distarter kadang membuat pemiliknya pusing. Apalagi jika hal itu menimpa saat kamu berada di tengah perjalanan dan jauh dari bengkel. Jika kamu tidak begitu memahami bagaimana mengatasinya, hal ini akan sangat mengganggu perjalanan. Lalu bagaimana pemilik mobil dapat melakukan identifikasi penyebab mobil tak bisa distarter ? 

Berikut beberapa langkah dalam melakukan pengecekan pada mobil yang tak bisa distarter :

Masalah kelistrikan.

Kondisi ini bisa dideteksi jika saat Sahabat menstarter mobil, tetapi tidak ada arus listrik sama sekali. Bisa ditandai dengan tidak adanya bunyi sama sekali dari motor starter atau meskipun berbunyi tetapi sangat pelan.

4 Sumber Mobil Susah di Starter

Jika mobil tak bisa distarter karena masalah kelistrikan, biasanya masih bisa dinyalakan dengan didorong. Namun perlu diingat bahwa tidak semua mobil bisa dinyalakan dengan didorong. Untuk memeriksa apakah ini benar karena masalah kelistrikan, kamu bisa memeriksanya pada beberapa bagian.

Aki yang Lemah

Bagian pertama yang perlu Sahabat periksa yaitu aki atau ACCU. Sebagai sumber listrik, aki yang terlalu tua atau kotor bisa menghasilkan listrik yang sangat lemah bahkan tak memiliki arus listrik sama sekali. Bisa juga karena mobil tidak pernah dihidupkan mesinnya sehingga aki tidak memiliki pasokan energi listrik yang dihasilkan saat mobil bekerja.

4 Sumber Mobil Susah di Starter

Periksa Kabel Sekring dan Kondisi Sekring

Jika Sahabat telah memeriksa bagian aki namun ternyata kinerjanya normal, coba untuk memeriksa kabel sekring utama. Umumnya kabel sekring utama berada di dekat aki pada bagian positif. Jika kabel putus, maka harus diganti dan diperbaiki. Periksa pula sekring-sekring, mungkin saja ada sekring yang rusak atau meleleh karena terjadi arus pendek.

Setelah memeriksa aki, kabel sekring utama, dan kondisi sekring, namun tidak menemukan kerusakan, selanjutnya periksa bagian soket dan kunci kontak. Ini bisa menjadi biang utama mobil tak bisa distarter. Soket yang kendor bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter.

Kunci Kontak

Jika menstarter mobil dan tidak ada suara dari dinamo starter sama sekali, maka kemungkinan besar adanya gangguan pada socket dan kunci kontak. Kamu bisa memperbaikinya dengan mengencangkan dan memastikan socket dan kunci kontak dalam keadaan yang seharusnya.

4 Sumber Mobil Susah di Starter

Itulah beberapa penyebab mobil tak bisa distarter, untuk mengatasinya bisa dilakukan sendiri atau membawa mobil kamu ke bengkel. Namun setidaknya Sahabat dapat mengetahui kunci utama mobil tak bisa distarter semua karena masalah kelistrikan. Foto : Internet


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 31 Jul 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN