Garasi.id
RPM Mobil

5 Cara Menghemat Bensin Mobil Kesayanganmu

16 Jan 2019 | 16:21 WIB

Mobil yang bahan bakarnya boros tentu akan sangat melelahkan, selain kita jadi sering bolak-balik SPBU, kocek juga harus dirogoh terus. Alhasil, pengeluaran membengkak dan waktupun semakin banyak yang terbuang. Lain cerita jika mobil Sahabat Garasi adalah mobil sport yang memang haus akan bahan bakar, tapi jika mobil kamu adalah MPV dan bahkan terkenal akan keiritannya, hmm mungkin ada yang salah dengan cara kamu memperlakukan mobil.

5 Cara Menghemat Bensin Mobil Kesayanganmu

Nah Sahabat Garasi, berikut ini ada 5 cara yang perlu kamu ketahui, agar mobil jadi lebih irit bahan bakar dari sebelumnya.

1. Jaga RPM Mesin Mobil Kamu

Posisi putaran terbaik untuk mengoper gigi agar hemat bahan bakar adalah RPM 1.500 hingga RPM 2.200, jika mobil kamu bermesin bensin. Tapi jika mobil kamu bermesin diesel, maka putaran terbaiknya adalah RPM 1.100 hingga RPM 2.000. Jangan tunggu hingga mobil meraung keras baru lakukan perpindahan gigi karena selain membuat bahan bakar lebih boros, itu juga tidak baik bagi mesin mobil.

2. Sesuaikan Jenis Bahan Bakar Mobil Kamu

Sesuaikan oktan bahan bakar kendaraan kamu dengan rasio kompresi mobil. Menggunakan oktan RON92 pada mobil yang seharusnya memakai oktan RON88, akan membuat bahan bakar tidak terbakar dengan sempurna dan akan terbuang melalui knalpot.

Sebaliknya, jika mobil kamu harusnya memakai oktan RON92 dan kamu malah memakai oktan RON88, kerja mesin tidak akan maksimal karena bahan bakarnya tidak mampu 'mengangkat' performa. Hal ini akan memicu kamu untuk menginjak pedal gas lebih dalam lagi, guna mengejar performa yang seharusnya bisa didapat secara normal jika kamu menggunakan oktan yang sesuai.

3. Periksa Tekanan Udara Pada Ban

Kondisi ban kurang angin dapat memicu gesekan yang lebih besar antara ban mobil dengan jalan. Hal ini membuat traksi pada ban jadi berkurang, sehingga memaksa mesin bekerja lebih keras. Jika dibiarkan, kondisi ini akan merongrong bahan bakar mobil kamu tanpa disadari. Sahabat Garasi, rajin-rajinlah periksa tekanan ban mobil secara rutin. Ban dengan tekanan angin yang tepat, dapat membuat bahan bakar jadi lebih hemat hingga 20% lho.

4. Sesuaikan Suhu Pendingin Ruangan (AC)

Semakin rendah suhu yang kita setel maka akan semakin berat kerja mesin mobil. Semakin berat kerja mesin mobil, tentu semakin banyak bahan bakar yang harus dikonsumsinya.

Memang mau tidak mau, kita orang Indonesia pasti harus menyetel suhu AC mobil serendah mungkin jika tidak mau 'terpanggang' di dalam mobil sendiri. Tapi jika cuaca sedang hujan, atau mendung, atau sedang tidak panas, tidak ada salahnya mematikan AC mobil untuk menghemat bahan bakar.

5. Hindari Membawa Beban Berlebih Pada Mobil

Jangan bawa yang tidak perlu. Semakin besar beban yang kamu limpahkan ke dalam mobil kamu, maka itu akan mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya. Cukupkan diri untuk membawa barang bawaan yang memang penting untuk diri kita dan keluarkan yang tidak perlu. Jangan pula memaksakan mobil untuk membawa penumpang melebihi kapasitas seharusnya. Itu akan meningkatkan konsumsi bahan bakar mobil kita secara signifikan.

Nah gimana Sahabat Garasi? semoga dengan tips di atas bisa membantu kamu mengurangi pengeluaran yang berlebih khusus untuk BBM mobil ksayanganmu ya. 

Selamat mencoba Sahabat Garasi!

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 14:51 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsiritbbmmobilbarubekasamanjakartadepokbogorbandungsurabayajogjapembakaran
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family