Lakukan Perawatan Agar Menunjang Masa Pakai Yang Panjang
Lakukan Perawatan Agar Menunjang Masa Pakai Yang Panjang

5 Kelebihan & Komponen Mobil Perlu Servis Rutin di Bengkel

12 Jun 2023 | 10:37 WIB

Memilih bengkel mobil sebaiknya tidak boleh dilakukan secara asal karena akan berpengaruh pada performa kendaraan. Performa mobil yang tidak maksimal ini tentu pada akhirnya akan berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. Jika Sahabat memiliki kemampuan teknis mengenai perawatan mobil, mungkin bisa melakukan servis rutin sendiri.


Akan tetapi, lebih baik lagi jika melakukan servis rutin di bengkel yang tentunya sudah memiliki teknisi terlatih. Hal lain yang mungkin perlu diperhatikan ketika akan melakukan servis rutin pada mobil adalah jenis bengkelnya. Apakah harus melakukan servis di bengkel resmi atau bengkel umum yang dianggap memiliki tarif lebih terjangkau. 


Servis Mobil Lebih Baik di Bengkel Resmi

Servis Mobil Lebih Baik di Bengkel Resmi


Meskipun bisa lebih mahal, bengkel mobil resmi memiliki kelebihan yang bisa didapatkan. Lalu, Apa saja kelebihan jika memilih tempat di bengkel resmi? Berikut penjelasannya.


  • Teknisi Sudah Terlatih

Salah satu alasan mengapa lebih baik memilih bengkel mobil resmi adalah teknisi kendaraan yang sudah pasti terlatih. Setiap teknisi ini pastinya sudah menguasai setiap kerusakan pada mobil dan cara penanganan yang tepat. Tidak hanya itu saja Sahabat, biasanya para teknisi juga memiliki pengetahuan mengenai produk yang tepat untuk mobil. Dengan begitu, performa mobil sudah pasti bisa selalu awet dan maksimal. 


  • Spare Part Terjamin

Melakukan servis mobil di bengkel resmi juga memiliki kelebihan lainnya, yaitu penggunaan spare part yang pasti asli. Penggunaan spare part yang terjamin keasliannya ini akan berpengaruh juga pada daya tahan mobil itu sendiri. Spare part yang asli ini tentunya memiliki daya tahan yang lebih baik, sudah teruji performanya, dan memiliki garansi pabrikan.


Meskipun memang biaya servis rutin di bengkel resmi bisa menjadi lebih mahal karena spare part asli ini. Biaya servis rutin yang dilakukan di bengkel resmi juga bersifat transparan. Dengan kata lain, Sahabat tidak perlu khawatir terkena tipu atau mendapatkan harga yang tidak sesuai dengan kondisi aslinya.


5 Kelebihan & Komponen Mobil Perlu Servis Rutin di Bengkel

Peralatan Yang Lengkap Mempermudah Pengerjaan Servis Mobil


  • Menggunakan Peralatan Yang Lengkap

Dengan melakukan servis mobil di tempat yang resmi juga biasanya akan lebih aman karena peralatan yang lengkap. Tidak hanya lengkap, fasilitas yang didapatkan juga pastinya sudah disesuaikan dengan teknologi terbaru dan kebutuhan yang cocok untuk mobil Sahabat. Fasilitas serta peralatan yang lengkap ini bisa memberikan hasil yang terbaik pada mobil. Pada akhirnya, kembali lagi akan berpengaruh pada kondisi mobil yang selalu maksimal. 


  • Riwayat Servis Lengkap

Melakukan servis mobil di tempat yang resmi juga bisa membantu Sahabat mengetahui seluruh riwayat perawatan. Tidak hanya seluruh riwayat perawatan, tetapi perbaikan dan penggantian suku cadang juga bisa tercatat dengan rapi.  Mengeluarkan biaya servis rutin ini juga bisa memberikan keuntungan. Jika Sahabat ingin menjual kembali, harganya tidak akan anjlok karena perawatan yang rutin dilakukan di bengkel resmi tersebut. 


  • Layanan Customer Service

Biaya servis rutin yang sedikit lebih mahal di bengkel resmi juga memberikan garansi akan pelayanan yang diberikan. Biasanya keluhan, saran, compliment, maupun pertanyaan terkait pelayanan di bengkel resmi disediakan untuk menunjang kenyamanan pemilik kendaraan. 


Hubungi Tim Customer Servis  Clara dari Garasi.id
Hubungi Tim Customer Servis Clara dari Garasi.id

Nah, Sahabat sudah mengetahui mengapa harus melakukan servis rutin di bengkel mobil yang resmi? Namun, ada hal yang pasti tidak boleh terlewat adalah melakukan perawatan secara berkala agar mobil tetap nyaman saat digunakan. Lalu, bagian dan komponen apa saja yang harus diservis secara berkala. Sahabat bisa simak dibawah ini.


1. Ganti Oli Mesin


Semua mekanik di bengkel mobil tentu tahu betul cara mengganti oli mobil dengan benar. Hal ini karena penggantian cairan pelumas ini adalah salah satu service yang paling sering dilakukan. Untuk pemakaian mobil secara standar, biasanya cara mengganti oli perlu dilakukan setiap 6.000 km atau sekitar 6 bulan sekali. Dengan mengganti oli secara berkala, komponen-komponen pada mesin lebih terjaga kondisinya. Diantaranya mesin tidak cepat aus, mencegah mesin mengalami panas berlebih atau overheat sehingga suhu kendaraan tetap stabil.


2. Filter Oli


Filter oli menyaring kotoran dan debu dari mesin. Filter ini harus diganti setiap Sahabat melakukan pergantian oli mesin. Langkah ini penting untuk menghindari gumpalan oli yang terjadi secara akumulatif.


Ganti Busi Mobil Dengan Yang Baru

Ganti Busi Mobil Dengan Yang Baru


3. Busi Mobil


Busi berguna untuk membakar bahan bakar yang terkompresi dan menciptakan ledakan di ruang bakar. Setiap mobil mempunyai nomor busi yang berbeda, dan setiap busi juga mempunyai perbedaan usia pakai. Busi dengan kualitas lebih bagus cenderung lebih tahan lama, dengan pemakaian mencakup 40.000 kilometer. Dimana busi kualitas rendah hanya bertahan sekitar 20.000 kilometer.


4. Kampas dan Minyak Rem


Ketika Sahabat mendengar suara berisik saat melakukan pengereman. Ini merupakan indikasi kalau mobil hanya mempunyai sisa kampas sebanyak 20 persen lagi. Rata-rata setiap kampas rem bertahan sekitar 35.000 kilometer. Namun, jika kamu adalah seorang pengemudi yang tidak menyetir secara agresif, kampas rem bisa bertahan hingga 100.000 kilometer. Biasanya kampas rem yang kompatibel mempunyai suara lebih berisik meskipun dalam kondisi baru. Namun berbicara jarak pengereman, baik orisinal ataupun di bawahnya mempunyai kualitas yang tidak jauh berbeda. Sebaiknya segera ganti komponen ini ketika servis mobil.


Jasa Spooring 3D Lebih Akurat

Jasa Spooring 3D Lebih Akurat


5. Spooring, Balancing dan Penyelarasan Roda


Ban yang kerap melakukan pengereman cenderung lebih cepat aus, sehingga perlu dirotasi lebih cepat. Persisnya setiap 10.000 kilometer. Dengan merotasi ban, semua empat ban akan aus secara merata sehingga kamu tidak harus buru-buru mengganti setiap ban yang mulai aus. Umur pakai ban umumnya berkisar 30.000 hingga 40.000 kilometer. Dan juga penting untuk menyelaraskan sudut roda setiap 20.000 hingga 30.000 kilometer sekali. Ini karena sudut roda atau wheel alignment mulai berubah. Sehingga salah satu sisi roda akan lebih cepat aus. Sahabat akan mengetahui mobil perlu spooring ketika melepas tangan dari setir, dan mobil mulai berjalan mengarah ke salah satu sisi.


Perlu Sahabat ketahui, kondisi komponen sangat mempengaruhi mesin mobil kamu secara signifikan. Apabila tidak dilakukan penggantian secara rutin, bisa-bisa mesin mobil kamu tidak bekerja dengan optimal. Sehingga, ini bisa berisiko membuat kendaraan kurang nyaman saat melaju di berbagai medan jalan.


Kelebihan & 5 Komponen Mobil Perlu Servis Rutin di Bengkel


Sahabat tidak perlu khawatir, Garasi.id bekerjasama dengan Bengkel Bos berikan promo Serbu Hemat Bulan Juni diskon hingga 20% untuk jasa servis ganti oli, spooring & balancing, tune up, jasa kuras transmisi, servis rem 4 roda, engine scan dan cuci mobil agar kendaraan akan lebih terawat sehingga mampu memberikan performa terbaiknya serta efisiensi yang optimal. Promo ini berlaku sampai dengan 20 Juni 2023, syarat dan ketentuan berlaku. Informasi lengkap silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Yuk, rawat mobil kesayanganmu dengan baik. Selamat servis mobil Sahabat!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 13 Jun 2023 | 22:02 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisberkalaperawatanmobilbengkelresmigantiolispooringbalancing
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family