Towing mobil
Perawatan pasca banjir

Mobil Terendam Banjir? Lakukan 5 Pengecekan Pasca Banjir Berikut

24 Feb 2021 | 10:35 WIB

Semua orang tentunya ingin selalu menjaga kendaraan di jalanan dalam kondisi mulus dan mesin yang prima. Namun apa mau dikata jika bencana banjir melanda dan mobil kesayanganmu terendam banjir. Apalagi jika daerah rumah tempat tinggal kamu memang sering terjadi banjir, hati-hati saat melewati wilayah tersebut ya karena akan menyebabkan mobil mogok. Tapi apabila banjir memang tidak bisa dihindari seperti beberapa waktu kebelakang, Garasi.id kasih tips nih beberapa pengecekan yang wajib kamu lakukan jika mobilmu sudah terendam banjir.

Jangan menyalakan mesin

Mobil Terendam Banjir? Lakukan 5 Pengecekan Pasca Banjir Berikut

Usahakan untuk diingat-ingat agar tidak menyalakan mesin. Wah, kalau kamu sampai menyalakan mesin setelah mobil terendam banjir tandanya kamu benar-benar merusak. Jika tetap memaksa untuk menyalakan mobil, maka potensi kerusakan arus pendek atau korslet akan semakin besar. Kelistrikan yang mengalami arus pendek dapat membuat mobil terbakar, jadi diamkan dulu agar air benar-benar sudah kering ya.

Cek bagian dalam

Mobil Terendam Banjir? Lakukan 5 Pengecekan Pasca Banjir Berikut

Jika banjir tidak terlalu tinggi, mungkin hal ini tidak perlu dilakukan. Namun jika banjir merendam seluruh bodi mobil hingga atap, kamu wajib memeriksa bagian dalam mobil. Cek seluruh bagian dalam mobil. Jika air sudah masuk dan merendam, lepaskan seluruh komponen seperti jok, sabuk pengaman dan karpet agar mudah mengeringkan sisa-sisa banjir.

Cek bagian saluran udara dan filter

Mobil Terendam Banjir? Lakukan 5 Pengecekan Pasca Banjir Berikut

Kalau mobilmu terendam hingga menutupi kap mesin, sudah pasti bagian mesin akan terendam sempurna. Cek bagian filter udara, bersihkan filter dari air. Kamu juga harus memeriksa saluran udara yang masuk ke intake manifold. Buka bagian filter, jika basah lebih baik dibuang saja dan diganti dengan yang baru. Air yang terhisap ke dalam ruang bakar bisa menyebabkan kerusakan di bagian dalam mesin.


Cek bagian oli mesin, oli transmisi dan oli gardan

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah memeriksa oli mesin. Kamu harus memastikan tidak ada air yang meresap ke dalam ruang mesin. Pastikan oli tidak bercampur dengan air banjir. Oli yang tercampur dengan air banjir berpotensi merusak seluruh komponen di bagian dalam mesin mobil kamu. Cek juga bagian busi dan kabel businya. Jika bisa dikeringkan, lebih baik dikeringkan dan dibersihkan terlebih dahulu.

Mobil Terendam Banjir? Lakukan 5 Pengecekan Pasca Banjir Berikut

Selain mesin, kamu juga bisa memeriksa oli transmisi dan oli gardan. Usahakan tidak ada air banjir yang bercampur ke bagian-bagian oli. Karena jika bercampur, akan berpotensi kerusakan di kemudian hari. Jika kamu memiliki asuransi yang mengcover banjir, langkah yang kamu lakukan adalah menghubungi pihak asuransi sesegera mungkin. Biarkan mobil dalam kondisi apa adanya dan jangan dinyalakan.

Cek bagian ECU

Electronic control unit (ECU) merupakan otak dari sebuah mobil. Jika mobil sudah terendam, maka bagian yang pertama kali wajib kamu periksa adalah ECU ini. Jika ECU basah dan tertutup oleh lumpur, usahakan panggil mobil derek atau towing untuk membawanya ke bengkel. Sekadar mengeringkan rasanya tidak apa-apa, tetapi jangan pernah di-starter ya! Karena komponen dalam ECU bisa terbakar.

Mobil Terendam Banjir? Lakukan 5 Pengecekan Pasca Banjir Berikut

Nah apabila mobil kamu sudah terendam banjir dan ingin segera memeriksa mobil kamu ke bengkel secepatnya, kamu bisa menggunakan jasa dari Garasi.id. Pertama kamu bisa menggunakan jasa towing gendong untuk mengangkut mobil ke bengkel terdekat.

Mobil Terendam Banjir? Lakukan 5 Pengecekan Pasca Banjir Berikut

Lalu kedua kamu bisa menggunakan jasa perawatan pasca banjir yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di Garasi.id melalui aplikasi Garasi.id di handphone kamu masing-masing. Jadi tidak ada waktu yang terbuang dan tidak perlu mengambil resiko untuk membongkar dan mengecek mobil sendiri.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 24 Feb 2021 | 12:03 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

banjirtowingmobilbanjirtowingjakartatowingbandungtowingbanjirgarasii.id