Ac mobil
Ac mobil

5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

24 Jul 2021 | 11:00 WIB

Air conditioner (AC) atau pendingin udara menjadi fitur dalam mobil yang tak pernah absen digunakan selama berkendara. Apalagi bagi yang tinggal di Jakarta, komponen AC adalah komponen penting yang akan selalu digunakan di setiap perjalanan. Menikmati perjalanan akan terasa sempurna berkat angin dingin yang menerpa wajah dan sekujur tubuh. 

5 Penyebab  Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Karena begitu pentingnya komponen ini, Sahabat tentu harus melakukan perawatan secara berkala untuk menghindari ac mobil tidak dingin dan bau. Bayangkan jika tiba-tiba AC mobil kamu tidak dingin saat berkendara di tengah kemacetan dengan udara yang panas. Pasti akan membuat perjalananmu tidak nyaman bukan. 

5 Penyebab  Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Selain itu, AC mobil juga wajib dibersihkan secara berkala. Pasalnya, AC yang kotor atau jarang dibersihkan menjadi tempat yang disenangi oleh kuman dan bakteri. Jika dibiarkan begitu saja, akan mempengaruhi kesehatan para penumpang lho Sahabat. Nah, apa sih penyebab AC mobil tidak dingin? Yuk simak di bawah ini.

Freon AC habis

5 Penyebab dan Solusi AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Salah satu penyebab yang sering menjadi penyebab AC tidak dingin adalah freon yang habis atau kurang. Pada dasarnya freon tidak akan habis kalau tidak ada kebocoran pada sistemnya. Jika terjadi kebocoran yang disebabkan oleh beberapa komponen yang sudah rusak, tentu AC mobil tidak dingin akan sering terjadi walaupun Sahabat sudah melakukan isi ulang freon berulang kali.

Evaporator AC kotor

5 Penyebab dan Solusi AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Sederhananya fungsi evaporator adalah menyerap udara panas dan menghembuskannya kembali menjadi udara dingin ke dalam kabin. Jika AC mobil tidak dingin bisa disebabkan oleh evaporator yang kotor karena debu. Debu adalah musuh utama yang bisa membuat evaporator AC mobil kotor dan tersumbat sehingga sirkulasi AC menjadi tidak lancar.

Kondensor AC kotor

Nah, kondensor AC terletak di bagian depan mobil dekat radiator. Bentuknya memang seperti radiator mobil namun dimensinya lebih kecil. Tanpa disadari, posisi kondensor di bagian depan mobil kerap kali mengundang segala kotoran yang mungkin bisa saja menempel saat kita berkendara.

5 Penyebab dan Solusi AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada sistem kerja AC mobil tidak dingin karena proses kondensasi AC mobil tidak berjalan maksimal. Jadi, walaupun saat ini mobil sedang tidak digunakan, selalu bersihkan mobil ya, debu dan kotoran lain yang terbawa udara bisa membuat AC mobil tidak dingin lho.

Filter AC mobil tersumbat

5 Penyebab dan Solusi AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Filter AC berfungsi untuk menyaring segala kotoran dan debu. Jika kamu malas untuk membersihkan bagian ini, tentunya debu dan kotoran akan menempel dan menimbun di bagian filter sehingga menyumbat. Jika terjadi penyumbatan, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal sehingga AC mobil tidak dingin.

Motor extra fan mati

Coba periksa bagian extra fan jika AC mobil tidak dingin. Extra fan terletak di depan kondensor. Apakah extra fan berputar atau tidak? Jika tidak berputar berarti extra fan yang jadi sebab AC tidak dingin.

5 Penyebab dan Solusi AC Mobil Tidak Dingin dan Mengeluarkan Bau

Extra fan yang rusak atau tidak berputar akan mempengaruhi proses kondensasi menjadi tidak berjalan. Padahal proses kondensasi inilah yang membuat penurunan suhu di dalam kondensor. Kalau extra fan mati otomatis tidak ada penurunan suhu sehingga udara yang masuk ke dalam mobil tidak dingin. Nah itulah beberapa penyebab yang membuat AC mobil tidak dingin Sahabat. Jika sudah ada gejala AC tidak dingin, alangkah baiknya di bawa ke bengkel AC terdekat untuk dicek beberapa komponen di atas.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 24 Jul 2021 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

garasiidsolusipuasperawatangarasiidtipsotomotif