Berkendara Aman
Cara Berkendara Aman untuk Wanita

5 Tips Jitu Berkendara Dengan Aman Untuk Para Wanita

22 Nov 2019 | 14:24 WIB
BAGIKAN
Berkendara di malam hari bagi kaum wanita lebih menantang dan membutuhkan perhatian ekstra. Karena pada umumnya wanita sering kali menjadi korban kejahatan pada saat mengemudi di malam hari, terutama jika sedang sendiri tanpa dukungan kaca film mobil yang cukup baik dalam menyamarkan pandangan ke dalam mobil.
5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita
Oleh karena itu, ladies kamu harus selalu berkendara dengan aman ya karena kejahatan tidak melihat waktu dan tempat. Biar kalian lebih paham apa saja sih tips berkendara dengan aman, mari simak beberapa poin di bawah ini.

Tips berkendara dengan aman untuk wanita

Wanita menyetir mobil pada masa sekarang ini sudah bukan sesuatu yang wah lagi. Karena memang pemandangan seperti ini sudah sangat sering kita jumpai di daerah ibukota. Hal inilah yang menjadikan setiap orang atau setiap individu yang berkecimpung di dalamnya harus bisa mandiri dan tangguh untuk menghadapi segala seluk beluk kehidupan di dalamnya, salah satunya adalah berkendara dengan aman dan tertib.
5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita
Sama hal nya dengan menyetir ini ya sobat, sekalipun perempuan bisa melakukannya tetap para wanita harus memperhatikan cara berkendara dengan aman terutama di kondisi malam hari. Pada kesempatan kali, Garasi.id akan memberikan tips berkendara dengan aman bagi wanita yang menyetir di malam hari. Karena seperti yang kita ketahui pada malam hari ada begitu banyak kemungkinan kejahatan atau bahaya yang mengintai Sahabat.
Nah apa saja sih tips berkendara dengan aman khususnya untuk para wanita? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Selalu waspada dan mawas diri

Tips berkendara dengan aman bagi wanita yang menyetir di malam hari yang pertama ialah selalu waspada. Kewaspadaan dalam menyetir terutama pada saat malam hari perlu Sahabat tingkatkan ya, pasalnya pada saat kondisi menyetir di malam hari pasti ada saja hal – hal yang mencurigakan yang tentunya berpotensi untuk membahayakan Sahabat.
5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita
Salah satu kejadian yang sering terjadi ketika kamu tidak berkendara dengan aman pada malam hari adalah pengempesan ban. Untuk mencegah hal ini sebaiknya jika Sahabat ingin  parkir di suatu tempat ada baiknya jika sobat memilih tempat yang paling aman untuk memarkirkan kendaraan Sahabat.

Gunakan lampu depan

5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita

Tips berkendara dengan aman bagi wanita yang menyetir di malam hari yang kedua yakni dengan memanfaatkan lampu depan secara full. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, lampu depan kendaraan Sahabat memiliki peran yang sangat penting jika digunakan pada malam hari. Selain sebagai penanda bahwa kendaraan ada kendaraan yang sedang melintas, lampu depan juga berfungsi sebagai alat untuk melihat jalanan di depan Sahabat dengan jarak yang sejauh mungkin.Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi hal – hal yang terjadi di depan kita saat berkendara pada malam hari. 

Waspadalah dalam meletakkan barang berharga

5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita

Tips berkendara dengan aman selanjutnya adalah jangan pernah meletakkan barang yang menurut Sahabat berharga dalam posisi terlihat dari luar mobil Sahabat. Karena hal ini bisa saja mengundang perhatian orang yang berniat jahat untuk mengikuti atau bahkan melakukan tindak kejahatan bagi Sahabat karena sedang mengincar barang berharga yang sedang Sahabat letakkan di dalam mobil Sahabat.

Waspada pada orang sekeliling

5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita

Karena begitu banyak modus kejahatan yang sering terjadi belakangan ini, apapun akan dilakukan untuk mengambil sesuatu atau melakukan tindak kejahatan bagi Sahabat. Salah satu contohnya adalah Sahabat jangan langsung percaya apabila ada seseorang yang mengatakan ban mobil Sahabat kempes. Tetapi jika memang dirasa ban mobil kamu kempes, alangkah baiknya kamu ikuti tips berkendara dengan aman dengan cara mengurangi kecepatan dan berhenti di tempat yang ramai.

Perhatikan tempat berhenti dalam waktu sejenak\

5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita

Tips berkendara dengan aman selanjutnya adalah memahami kondisi mobil kamu seutuhnya. Apabila Sahabat merasa ada bagian dalam mobil Sahabat yang bermasalah atau tidak normal keadaanya, sebaiknya Sahabat jangan langsung turun dari mobil sesaat Sahabat mengetahui adanya masalah tersebut. Tetapi sebaiknya Sahabat mencari tempat yang aman untuk berhenti. 

Hindari berkendara dengan kecepatan tinggi

5 Tips Jitu Berkendara yang Aman Untuk Para Wanita

Tips berkendara dengan aman bagi wanita yang menyetir di malam hari yang terakhir adalah hindari berkecepatan tinggi. Jangan mengendarai kendaraan Sahabat dalam kecepatan tinggi apalagi pada malam hari. Karena jika sedang ada masalah lalu lintas atau kondisi jalanan yang kurang bagus.
Foto: Garasi.id
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 25 Nov 2019 | 08:53 WIB
BAGIKAN