Musim hujan
Musim hujan

5 Tips Jitu Persiapan Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan

19 Des 2020 | 11:00 WIB

Pada saat musim hujan, terdapat sejumlah persiapan yang perlu dilakukan pada mobil kamu. Hal tersebut disebabkan karena berkendara saat hujan tentu memiliki resiko yang lebih tinggi dibandingkan berkendara pada musim panas. 

5 Tips Jitu Persiapan Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan

Persiapan mobil saat musim hujan

Nah ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk melakukan persiapan mobil saat musim hujan agar semua komponennya bisa berjalan secara maksimal. Nah berikut ini penjelasannya.

Baterai & Kaki-Kaki Mobil

Komponen ini merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh kamu lewatkan saat musim penghujan tiba. Hal ini dikarenakan baterai akan bekerja lebih banyak seperti untuk menggerakan wiper, radio, AC, lampu depan maupun lampu belakang.

5 Tips Jitu Persiapan Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan

Selain itu, kamu juga perlu memeriksa bagian kaki-kaki mobil. Termasuk pada bagian ban. Sebab, pada saat musim penghujan maka kondisi jalan bisa dikatakan lebih licin. Dengan demikian, kamu perlu memperhatikannya dengan baik sehingga meminimalisir terjadinya kecelakaan.

Wiper mobil

Pada saat musim hujan, wiper memiliki peranan yang sangat penting bagi pengendara. Maka dari itu, kamu perlu memeriksa pada wiper kaca depan mobil kamu. Nah jika kondisi wiper rusak, maka kamu harus menggantinya.

Rem mobil

Selain itu, kamu juga perlu melakukan pengecekan pada rem mobil. Sebab, komponen rem wajib diperiksa secara berkala agar tetap aman saat berkendara. Kamu perlu memeriksa apakah kondisi kampas rem butuh diganti atau tidak. Jika memang kondisinya tidak baik, maka kamu perlu menggantinya dengan segera.

Sistem kelistrikan mobil

Kelistrikan pada mobil merupakan bagian yang bisa dikatakan sensitif jika terkena air. Sebab, dapat menyebabkan terjadinya korsleting pada mobil. Nah untuk menghindari hal tersebut, lebih baik kamu memeriksa kondisi kabel-kabel pada mesin mobil tersebut. Apabila terkelupas, maka kamu perlu memperbaikinya.

Lampu mobil

Lampu merupakan komponen penting untuk membantu penglihatan pengemudi. Apalagi, jika sedang mengendarai mobil pada saat hujan deras. Pastikan seluruh lampu kendaraan, baik depan maupun belakang berada dalam kondisi baik. Sebab, saat hujan deras maka keterbatasan jarak pandang menjadikan peran lampu sangat penting bagi pengendara.5 Tips Jitu Persiapan Mobil Saat Menghadapi Musim Hujan


Selain itu Sahabat juga harus sering mencuci mobil agar kotoran yang menumpuk tidak menjadi kerak di bagian atau komponen mobil. Nah, bagaimana cara mencuci mobil yang tepat di musim hujan? Yuk simak di bawah ini.

Pertama, mobil harus sering dicuci minimal 2 kali dalam seminggu.

Kedua, pakailah bahan shampo khusus mobil yang mengandung bahan-bahan pencegah anti karat. Tidak dianjurkan menggunakan produk sabun rumah tangga, seperti sabun colek atau detergen.

Ketiga, gunakan busa dan lap khusus. Jangan menggunakan lap biasa, seperti kain bekas, sebab kotoran dan pasir debu akan menempel di kain sehingga sewaktu mencuci dapat mengakibatkan cat atau bagian bodi tergores.

Keempat, pakailah sikat untuk mencuci di bagian roda, seperti ban, pelek, dan  kaki-kaki bawah.

Kelima, tidak dianjurkan mengelap bodi dan kaca mobil dalam keadaan berdebu. Sebab debu yang menempel pada bagian mobil akan membuat lapisan kaca dan cat tergores. Disarankan untuk menyiram atau disemprotkan terlebih dahulu dengan air agar debu yang menempel pada bagian mobil mencair.

Keenam, bagian yang menggunakan anti karat, sebaiknya jangan disikat, cukup dibersihkan pakai sabun dengan busa pembersih. Hal ini untuk menghindari lapisan pelindung anti karat tersebut menipis sehingga cepat rontok.

Nah, tunggu apalagi, segera cuci mobil kesayangan kamu agar terawat dan tampil kinclong seperti mobil baru.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 19 Des 2020 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

musimhujanmobilhujanbanjirmeneroboshujanperawatanmobilpenghujangarasiid