Kaca pengemudi wajib terjaga agar visibilitas selama berkendara tidak terganggu
Pastikan mobilmu siap dalam menghadapi musim penghujan

6 Tips Siap Menghadapi Musim Hujan

03 Jul 2019 | 12:01 WIB
BAGIKAN

Bulan Oktober akan segera tiba. Musim penghujanpun akan segera menggantikan musim kemarau. Walaupun cuaca saat ini tidak bisa diprediksi, alangkah baiknya Sahabat berjaga-jaga dengan melakukan pengecekan mobil agar selalu optimal. Beberapa pengecekan dan persiapan bisa kamu lakukan agar proses berkendara melewati hujan tidak menyulitkan dan tentunya aman. Berikut 5 tips yang bisa Sahabat siapkan sebelum menghadapi musim hujan.

Pastikan Kondisi Ban

Jaga tekanan angin dan pastikan semua roda memiliki tekanan yang sesuai rekomendasi pabrik. Setelah angin terjaga, periksa apakah tapak dan alur ban masih dalam kondisi yang layak dan tak berbahaya untuk menerjang hujan. Sebab dalam kondisi hujan, kemampuan ban untuk mencengkram akan berbeda dengan saat kondisi kering. Alur atau pola tapak ban, sangat berpengaruh pada kemampuan ban menjaga stabilitas kendaraan.

Periksa Rem

Saat kondisi hujan, rem akan bekerja lebih keras untuk mereduksi kecepatan kendaraan, meski akan sulit untuk mengganti brake pad terlebih dahulu, paling tidak kenali lagi kondisi rem kamu sebelum memulai perjalanan menembus hujan. Hal ini akan meningkatkan kewaspadaan Sahabat saat akan berjalan di tengah hujan.

Kaca Pengendara

Jangan lupa pastikan visibilitas selama berkendara terjaga. Hal pertama yang perlu kamu periksa adalah visibilitas dari sisi pengemudi. Pastikan semua sisi kaca bisa memberikan kondisi penglihatan yang sempurna ke semua sisi bahkan jarak terjauh yang bisa dipandang. Bersihkan terlebih dahulu kaca mobil dari kotoran yang melekat erat agar tak menyulitkan kerja wiper nantinya. Periksa juga kondisi lampu utama dan foglamp, karena dalam kondisi hujan, komponen pencahayaan dapat meningkatkan visibilitas.


Baca juga: kaca bagian dalam perlu dibersihkan begini caranya

Wiper dan Washer 

Setelah visibilitas dipastikan terjaga kebersihannya, kamu juga wajib mengecek peranti untuk menjaga visibilitas selama perjalanan yaitu wiper dan washer. Cek kondisi karet wiper apa masih baik atau sudah waktunya diganti, selain itu cek juga penampungan air washer, bila sudah kosong atau berkurang alangkah baiknya untuk ditambahkan.

AC dan Defogger Berfungsi

AC dan defogger baik itu untuk kaca depan dan belakang akan menjaga suhu lebih dingin dari luar kendaraan, sehingga efek pengembunan pada kaca akan tereduksi. Jika kondisi AC dan defogger tidak prima akan mengurangi visibilitas saat menerjang hujan karena kaca tertutup embun.

Jaga Jarak dan Kecepatan

Namanya hujan, pasti banyak air yang menggenang di jalanan. Nah jika kamu tidak menjaga kecepatan mobil saat berkendara, hati-hati dalam menerjang genangan air karena bisa terjadi aquaplaning. Aquaplaning sendiri merupakan gejala dimana roda tidak bisa mencengkram permukaan jalan sehingga tidak mendapatkan traksi yang dibutuhkan sehingga mobil tergelincir. Satu-satunya cara menyiasati efek buruk dari aquaplaning adalah dengan menjaga kecepatan. Dengan terjaganya kecepatan, maka Sahabat akan semakin waspada untuk mengantisipasi berbagai situasi dan mudah bermanuver.

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 03 Jul 2019 | 13:13 WIB
BAGIKAN