Toyota Kijang Innova
Toyota Kijang Innova

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

25 Okt 2020 | 11:00 WIB

Bila dihadapkan pilihan membeli mobil MPV Toyota Kijang Innova masih menjadi 'Raja'. Saking populernya mobil ini, harga bekasnya masih tinggi. Coba kunjungi berbagai situs mobil bekas seperti Garasi.id. Rata-rata mematok antara Rp 240 - 250 jutaan. Itu pun masih varian Innova G yang miskin fitur. Tipe tertinggi, Innova V, tentu lebih mahal lagi, bahkan bisa melampaui harga kompetitornya. Nah apa saja sih kelebihan dari Toyota Kijang Innova khsusnya Innova Reborn ? Yuk simak fakta-faktanya di bawah ini.

Toyota Kijang Innova Reborn

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

Sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) tangguh, Toyota Kijang Innova punya rekam jejak yang apik di Tanah Air. Penjualannya terus melejit sejak kehadiran pertamanya tahun 2004. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas segala hal yang sering ditanyakan terkait Toyota Kijang Innova Reborn.

Arti Innova Reborn

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

Innova Reborn adalah tema yang diusung oleh Toyota ketika generasi keduanya muncul. Reborn disini dimaknai sebagai lahir kembali. Generasi kedua Toyota Kijang Innova meluncur pada tanggal 23 November 2015, membawa segenap pembaruan baik dari segi desain, mesin hingga kelengkapan fiturnya.

Apakah Innova Termasuk Mobil Mewah?

Mewah atau tidaknya sebuah mobil, tidak bisa diukur secara matematis. Semua berasal dari anggapan pengguna atau kebanyakan orang. Namun dalam hal ini, Toyota Kijang Innova sudah cukup sukses untuk dikategorikan sebagai mobil mewah.

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

Mengapa begitu? Yang pertama adalah soal harganya, yang dijual Rp. 300 jutaan, berada di kisaran menengah. Bisa dibilang, mobil ini sudah tergolong cukup mewah karena harganya sudah lumayan mahal. Kedua adalah soal fiturnya, menjamin setiap kelengkapan berkendara bersama keluarga. Terakhir adalah soal desainnya, yang memang disukai oleh masyarakat Tanah Air.

Apakah Innova Reborn Diesel Pakai Turbo?

Jawabannya adalah tidak. Perlu diketahui, Toyota Kijang Innova Reborn tidak menggunakan Turbo. Untuk saat ini, mesin diesel-nya menggunakan kode 2GD-FTV 4 silinder segaris dengan konfigurasi VNT Intercooler.

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

Meski tidak ditawarkan mode Turbo, Toyota Kijang Innova mampu digeber hingga 149 PS setara 3.400 Rpm. Perbedaan antara mesin bensin dan diesel, terletak pada dua hal yakni kemampuan torsinya serta keiritan bahan bakar. Innova diesel mampu 34.9 Kg.m untuk transmisi manual dan 36.7 Kg.m pada transmisi otomatis.

Apakah Innova Reborn Bensin Boros?

Jika dibandingkan antara Innova Reborn bensin dan diesel, maka jawabannya adalah "iya, Innova Reborn bensin lebih boros." Dari hasil pengujian, Innova bensin hanya mampu mencatatkan rekor 5-6 Km/Liter. Sedangkan untuk Innova diesel bisa mencapai keiritan di angka 9-10 Km/Liter. Catatan ini adalah hasil dari rute kombinasi dalam kota dan luar kota.

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

Kelebihan Toyota Kijang Innova diesel adalah soal keiritan bahan bakar serta torsinya yang cukup mumpuni. Hal ini didasari oleh konfigurasi mesin diesel yang menggunakan Common Rail dan VNT Intercooler. Meski begitu, Innova tipe bensin juga tak selalu buruk. Tenaga yang ditawarkan cukup untuk melakukan akselerasi hingga 150 Km/Jam, tanpa disertai gangguan sedikitpun.

Apa Bedanya Innova Dengan Venturer?

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

Cukup banyak perbedaannya, mengingat antara Toyota Kijang Innova dan Innova Venturer punya harga berbeda. Innova standar dihargai mulai Rp. 326 jutaan, sedangkan Venturer dipatok mulai Rp. 423 jutaan.

Perbedaan yang pertama terletak pada eksterior yakni Emblem. Pada Innova Venturer terdapat Emblem bertuliskan "Venturer" pada sisi bodi belakangnya. Sedangkan untuk, All New Kijang Innova hanya Emblem 2.0 atau 2.4.

Kedua adalah soal interior yang punya fitur lebih lengkap. Salah satunya adalah jok kursi kulit yang sudah dibalut kulit, Premium Leather. Tak kalah menarik adalah fitur Rear Seat Entertainment pada kursi tengah sehingga memberi kenyamanan lebih bagi seluruh penumpang.

Perbedaan ketiga adalah tentang fitur keselamatan yang lebih lengkap. Pada Innova Venturer mendapat tambahan fitur menarik yakni jumlah Airbags yang lebih banyak, Hill Assist Control (HAC) serta Vehicle Stability Control (VSC). Hal ini tentu menjadi pembeda tersendiri dengan Innova standar.

Kelebihan Innova Venturer

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Innova Venturer punya kelebihan soal fitur yang lebih lengkap. Soal eksterior hanya berbeda pada sisi Emblem-nya saja dan tidak perbedaan berarti dibanding Innova standar.

7 Fakta Menarik Toyota Kijang Innova Reborn yang Perlu Diketahui

Kelebihan Toyota Kijang Innova Venturer terletak pada fitur keselamatan yang lebih lengkap khususnya dari Airbags, HAC dan VSC. Sehingga, keselamatan berkendara akan lebih terjaga bagi seluruh penumpang. HAC sendiri berfungsi untuk mencegah mobil turun saat menaiki tanjakan curam. Apabila Sahabat sering bepergian ke area gunung, maka Innova Venturer menjadi pilihan terbaik.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 25 Okt 2020 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipsmobilbarubekasjualbelimazdaskyactivbianteCX3CX5jakartabandungsurabayagarasiidtokogarasiidotomotifmudik2019promo