Mobil Aneh dan Unik
Mobil Unik dan Aneh Dalam Sejarah

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

19 Sep 2020 | 10:01 WIB

Mobil Pertama kali ditemukan pada tahun 1880, hingga kini mobil yang merupakan kendaraan darat berbahan bakar minyak, sudah berkembang dengan sangat pesat. Mulai dari masyarakat ekonomi menengah ke atas hingga masyarakat dengan ekonomi rendah sudah banyak memiliki kendaran yang satu ini. Dan berbicara mengenai mobil nih Sahabat Garasi, ternyata di luaran sana ada sekitar 7 mobil unik yang desainnya sangat tidak biasa, berbeda jauh dengan mobil-mobil yang biasa kita temui di sekitar kita. 

Berikut ini desain mobil unik dan aneh dalam sejarah

1. March Engineering 711

Mobil unik yang pertama adalah March Engineering meluncurkan desain mobil balap yang mereka juluki dengan Spitfire. Mobil ini di luncurkan pertama kali tepat pada pagelaran ajang Formula 1. Namun sayang mobil yang diluncurkan oleh March ini tergolong aneh karena memiliki sayap pada bagian hidung mobil yang membuatnya terlihat aneh untuk mobil F1.

7 Mobil Dengan Desain Paling Unik dan Paling Aneh Dalam Sejarah

March Engineering meluncurkan desain mobil balap yang mereka juluki dengan Spitfire. Mobil ini di luncurkan pertama kali tepat pada pagelaran ajang Formula 1. Namun sayang mobil yang diluncurkan oleh March ini tergolong aneh karena memiliki sayap pada bagian hidung mobil yang membuatnya terlihat aneh untuk mobil F1.

2. Electic Car

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

Electic Car pertama kali dirilis ke pasar publik sebagai terobosan terbaru dalam teknologi otomotif. Mengusung konsep mobil ramah lingkungan, mobil unik ini mengandalkan panel surya yang akan mengubah panas sinar matahari menjadi listrik sebagai bahan bakar utamanya. Mobil unik ini tidak banyak diminati oleh konsumen, walau memiliki konsep ramah lingkungan, namun desain mobil ini terlihat kuno karena lebih mirip kereta kuda jaman kerajaan daripada terlihat mobil futuristic modern.

3. Dogde Deora 1967

Konsep untuk menggabungkan mobil Pick-Up dengan gaya yang sporty adalah awal dari diciptakannya Dodge Deora 1967. Sesuai dengan namanya, mobil unik ini pertama kali diciptakan di tahun 1967. Dodge Deora sendiri akhirnya hadir dengan memiliki bak terbuka yang sangat luas namun tidak terlalu terlihat tinggi hingga terlihat seperti product Muscle Car yang juga di produksi oleh pabrik tersebut.

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

Namun desain tersebut tidak berjalan sesuai dengan rencana, karena desain mobil unik ini secara keseluruhan malah tidak enak dipandang mata. Akhirnya para petinggi Dodge pun menolak untuk memproduksi mobil unik yang ide pertamanya lahir dari Alexander bersaudara.

4. Pininfarina 512 S Modulo Tahun 1970

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

Siapa yang tidak tahu mobil  bermerk Ferrari ini? Ketika mendengar salah satu produk terkenal ini, langsung terbayang di benak Sahabat sebuah mobil yang terlihat mewah, elegan dan nyaman di gunakan. Namun kabarnya Ferrari pernah melansir mobil unik dengan desain yang cukup tak biasa, yaitu Pininfarina 512 S Modulo yang diciptakan pada 1970. Merk ini adalah merk yang gagal di pasaran karena desainnya yang kurang diminati para konsumen.

5. Ford Upside Down

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

Mobil Ciptaan Jeff Block yang memiliki desain mobil unik dengan casing ban mobil yang berada di atas sehingga terlihat terbalik. Mobil ini sering digunakan pada ajang musim balap Lemons di negaranya. Mobil unik ini memiliki kapasitas mesin 1300 CC dan mampu melaju dengan stabil.

6. Dream Car 123

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

Mobil selanjutnya yang juga masuk nominasi mobil unik di dunia adalah Dream Car 123. Mobil unik yang diciptakan oleh Greg Zanis ini kabarnya diklaim sebagai mobil yang futuristik karena mobil unik ini mengusung moto elektrik sebagai mesin utamanya. Namun Zanis membuat desain mobil ini terlihat sangat lucu, karena mobil unik ini berbentuk segitiga dan terlihat seperti pesawat alien yang sering terlihat di film-film science fiction era 1960an.

7. Chaparral 2H

Nah, berikutnya mobil unik yang terakhir adalah Chaparral 2 H, mobil unik ini didesain lengkap dengan sayap di bagian tengah mobil, serta dengan dua lengan yang menjulang ke atas. Benar-benar bentuk mobil unik bukan?

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

Nah itulah Sahabat Garasi, beberapa jenis mobil unik dan paling aneh yang ada di dunia ini. Kamu juga bisa baca Yuk Kita Ungkap Tentang Sejarah Mobil di Dunia. Kalau sudah membahas soal mobil unik, bagaimana kalau kita juga membahas fitur mobil unik yang bisa bikin kita geleng kepala? mari simak artikel berikut ini 

Fitur Mobil Unik Sepanjang Sejarah

Sekarang ini, mobil sudah tak lagi menjadi sekedar alat transportasi saja. Banyak fitur yang ditanamkan di dalamnya yang gunanya adalah membuat perjalanan Sahabat Garasi menjadi lebih nyaman, menyenangkan, dan membuat Sahabat betah di dalam. Kalau di mobil modern, ini bisa berarti memasang sound system, televisi mini, dan bahkan kulkas mini. Tapi ternyata sepanjang sejarah mobil, cukup banyak mobil unik yang memiliki fitur yang aneh-aneh.

7 Mobil Unik Dengan Desain dan Fitur Paling Aneh

Fitur-fitur mobil unik tersebut ada yang sudah dipasang nyata di mobil tersebut, dan ada juga yang masih menjadi konsep. Hal yang sudah pasti adalah, begitu Sahabat melihatnya, Sahabat pasti akan geleng-geleng kepala. Entah karena kagum dengan inovasinya, atau karena merasa bahwa fitur tersebut terlalu tak masuk akal. Satu hal yang jelas adalah, fitur-fitur itu bukanlah fitur mobil unik yang bertahan sampai di zaman modern. mari lihat fitur-fitur yang hanya menjadi konsep saja dan tak pernah dipasang:

1. Karung kanvas buat anjing peliharaan

Konsep ini pertama kali diajukan di tahun 1935. Karung kanvas tersebut bisa dipasang di pintu mobil dan berada di sisi luar. Untungnya, konsep ini tak pernah jadi kenyataan.

2. Disc yang terlepas saat tabrak lari

Di tahun 1931, muncul konsep untuk melepaskan disc yang berisi identitas pengemudi secara otomatis ketika dia menabrak seseorang. Sayangnya konsep berguna ini tidak diberlakukan.

3. Ban yang bisa menyala

Goodyear memperkenalkan ban yang bisa menyala ini di tahun 1961. Ban ini bisa menyala karena ada bohlamnya, yang jelas sangat berbahaya kalau dipakai jalan.

4. Mini Bar

Mobil Cadillac Eldorado Brougham keluaran 1975 memiliki mini bar yang dilengkapi magnet untuk menjaga gelas dan botol alkohol agar tak tumpah. Bahkan di bar tersebut Sahabat akan menemukan tempat peralatan makeup, tempat rokok, dll.

5. Mobil Amfibi

Diproduksi tahun 1961-1968. Mobil unik ini memiliki 4 silinder dan pompa untuk mengapungkan mobil. Sayangnya, mobil ini kecepatannya pelan di jalan, dan lambat di air.

6. Mobil Roda 3

Dibuat di Inggris selama 27 tahun. Mobil yang dikenal dengan sebutan Robins ini diklasifikasi sebagai sepeda motor karena tak punya 4 ban. Sangat ringan dan cocok buat di jalanan bersalju, meski mudah terguling.

7. Kursi Berputar 180o

Kursi depan mobil Buick Flamingo buatan tahun 1961 ini bisa berputar 180o sehingga bisa dipakai untuk mengobrol dengan orang di belakang.

8. Setir mobil yang mengayun

Mobil Ford Thunderbird 61 ini memiliki setir yang bisa diayun sehingga pengemudi mudah untuk keluar.

Selanjutnya adalah beberapa fitur unik lain lagi yang sekarang ini sudah tak ada lagi:

Seatbelt otomatis

Diperkenalkan tahun 1970-an, seatbelt ini akan langsung mengikatkan diri ke penumpang begitu duduk.

Rim Blow

Alih-alih menggunakan tombol klakson, Sahabat bisa membunyikannya dari mana saja di bagian setir karena ada karetnya di dalam rangkanya.

Persneling lightning rod

Sistem transmisi manual yang unik karena menggunakan 3 buah persneling sekaligus.

Benar-benar fitur mobil unik yang cukup bikin geleng kepala, bukan? Kalau dilihat lagi, sebenarnya ada beberapa fitur mobil tersebut yang masih ada sampai sekarang, hanya saja diperbaharui dan dibuat lebih praktis. Sementara yang lainnya lagi sudah ditinggalkan begitu saja. Meskipun demikian, harus diakui bahwa ada beberapa konsep tersebut yang sebenarnya cukup berguna buat pengendara mobil modern.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 06 Jan 2021 | 10:43 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

sejarahmobilmobil Unikfituranehgarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family