mesin mobil bekas
Merawat kesehatan mesin mobil bekas

8 Tips Jitu Mengetahui Kesehatan Mesin Mobil Bekas

04 Okt 2019 | 15:51 WIB
BAGIKAN

Kesehatan mesin mobil bekas meski memiliki peran cukup penting namun banyak yang mengabaikannya. Para pemilik cenderung menggunakannya saja tanpa peduli perawatan, memang ada service rutin namun service ini dilakukan dalam interval tertentu. Sementara mesin mobil bekas harus kita jaga setiap hari.

Tapi ada beberapa pemilik mobil yang sangat memperhatikan setiap detailnya termasuk kesehatan mesin mobil bekas. Tentu pada mobil-mobil bekas, kita ingin membeli dengan label mesin mobil bekas yang sehat. Namun beberapa mobil dijual justru karena mesin mobil bekas yang sudah bermasalah, untuk mencermati hal ini kita simak tanda-tanda mesin mobil bekas yang masih baik dan terawat berikut.

8 Tips Cara Mengetahui Kesehatan Mesin Mobil Bekas

Kebersihan Mesin

Kebersihan menjadi hal awal yang bisa mengindikasikan permasalahan mesin mobil bekas. Coba perhatikan komponen-komponen yang visible dari kotoran dan kerak, biasanya di komponen kepala silinder akan terdapat beberapa bercak yang sulit untuk dibersihkan. Bercak ini bisa berasal dari uap baterai yang mengenai head cylinder.

8 Tips Cara Mengetahui Kesehatan Mesin Mobil Bekas

Komponen lain yang perlu juga diperhatikan pada mesin mobil bekas adalah kondisi baterai. Di permukaan baterai juga sering mengendap kerak dan kotoran. Jika kerak ini menyelimuti baterai maka pemilik kurang dalam perawatan mesin. Meski sepele masalah kebersihan mesin mobil bekas juga bisa memunculkan suatu permasalahan. Kerak dan kotoran yang menempel bisa saja mempengaruhi putaran pulley yang dihubungkan belt. Sehingga potensi slip dan belt putus itu bisa terjadi.

Perhatikan semua komponen sambungan

Dalam mesin mobil bekas ada berbagai sistem termasuk sistem pendingin dan sistem steering. Coba perhatikan seluruh sambungan antara selang dari kebocoran. Kebocoran ini bisa nampak secara visual dalam bentuk rembesan.

Jika kondisi seluruh sambungan kering pada mesin mobil bekas maka kebocoran fluida mesin tidak ada dan itu bisa menjadi salah satu indikasi ciri mesin mobil sehat. Namun, jika ada kebocoran maka bisa dipastikan mesin mobil bekas sedang dalam kondisi bermasalah.

Perhatikan stick oli

Pemeriksaan ini bisa menghasilkan dua hal, yakni kualitas oli dan volume oli. Cabut stik oli dari mesin mobil bekas dan perhatikan tetesan oli yang terbawa, jika kondisi oli sudah cukup hitam itu menandakan bahwa oli mesin mobil bekas sudah lama tidak diganti. Namun jika bening, maka oli mesin mobil bekas masih bagus.

8 Tips Cara Mengetahui Kesehatan Mesin Mobil Bekas

Bersihkan oli pada stik dan tancapkan kembali ke mesin kendaraan, kemudian cabut dan Sahabat akan menjumpai volume oli dalam mesin. Umumnya jika tidak terjadi kebocoran oli, maka volumenya akan normal.

Cari apakah ada rembesan fluida pada mesin

Selain dari kebocoran selang, sambungan komponen mesin mobil bekas juga perlu diperhatikan. Area di sekitar sambungan kepala silinder dan covernya, beserta cover depan mesin memiliki potensi terjadinya kebocoran.

8 Tips Cara Mengetahui Kesehatan Mesin Mobil Bekas

Selain itu perhatikan pula bagian bawah mesin mobil bekas di area oil pan (carter). Komponen ini juga sering terjadi kebocoran oli mesin. Jika ada rembesan seperti ini, bisa mengartikan bahwa mesin dalam keadaan bermasalah. Kebocoran oli meski tidak mempengaruhi kinerja output mesin mobil bekas bisa membuat kita tekor. Karena kita perlu menambahkan oli setiap saat. Jika telat, maka mesin mobil bekas bisa bermasalah.

Hidupkan mesin

Untuk memastikan kembali, coba hidupkan mesin mobil bekas kamu. Jika mesin mobil bekas masih sehat maka dalam satu kali start mesin bisa langsung hidup. Apabila proses starting perlu beberapa kali maka itu bisa mengindikasikan adanya masalah kebocoran kompresi.

Dengarkan suara mesin

Suara mesin mobil bekas yang sehat cenderung tenang dan stabil, jika ada suara kasar maka itu bisa mengindikasikan adanya masalah seperti kebocoran kompresi atau rantai timing yang kendor. Kedua masalah ini merupakan masalah inti mesin, sehingga akan cukup merepotkan untuk membenahi masalah seperti ini,

8 Tips Cara Mengetahui Kesehatan Mesin Mobil Bekas

Perhatikan asap kendaraan

Untuk mesin mobil bekas yang sehat maka asapnya akan berwarna bening. Jika ada emisi berupa asap hitam atau putih itu bisa mengindikasikan adanya kerusakan mesin. Asap hitam bisa disebabkan karena kerusakan sistem bahan bakar atau injektor. Untuk asap putih disebabkan karena oli mesin masuk dan ikut terbakar di ruang bakar. Hal ini bisa disebabkan dari kebocoran seal katup atau keausan ring piston/silinder.

Bila sudah mengetahui cara memeriksa kesehatan mesin mobil bekas, kamu juga perlu tahu cara membersihkan ruang mesin mobil bekas saat harus membersihkannya sendiri tanpa bantuan montir ahli. 

Tips membersihkan mesin mobil bekas di rumah

Mesin mobil merupakan bagian yang paling terpenting dari sebuah mobil, karena mesin mobil merupakan pusat kinerja yang menjadikan mobil bisa melaju. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harus bisa menjaga dan merawat kondisi mobil agar tetap dalam keadaan baik apalagi mobil bekas. Tidak hanya itu saja, merawat  mesin mobil bekas juga tidak boleh sembarangan yang nantinya akan menyebabkan mesin mobil bekas berkarat yang pada akhirnya akan berujung pada kerusakan mesin.

8 Tips Cara Mengetahui Kesehatan Mesin Mobil Bekas

Bila mesin mobil bekas sudah mengalami kerusakan, secara otomatis laju mobil tidak akan nyaman digunakan lagi, bahkan bisa menyebabkan korsleting yang menimbulkan percikan api sehingga mobil mudah terbakar.

Merawat mesin mobil bekas memanglah bukan hal perkara yang mudah, karena tidak semua orang paham dengan mesin mobil bekas. Bagi Sahabat yang tidak mau repot, menggunakan bantuan bengkel atau jasa mekanik lainnya menjadi solusi yang tepat. Namun, kamu juga harus rela merogoh kocek yang tarifnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Nah agar berhemat tapi mobil tetap terawat, berikut ini adalah cara membersihkan mesin mobil bekas yang baik dan benar.

Siapkan Cairan Khusus Pembersih Mesin Mobil

Langkah pertama yang harus disiapkan pemilik mobil adalah bahan pembersih khusus mesin mobil bekas, gunanya untuk menjaga kebersihan serta keawetan mesin pada mobil. Cairan pembersih ini bisa didapatkan di toko khusus peralatan dan perlengkapan mobil.

Disarankan tidak asal dalam menggunakan cairan pembersih, sebab dikhawatirkan akan terjadinya konsleting atau kerusakan pada mesin mobil. Sebaiknya, tanyakan terlebih dahulu kepada pelayan toko atau mekanik yang benar paham menyoal pembersih mesin mobil. Berikut beberapa bahan pembersih mobil yang bisa digunakan dan mudah untuk didapatkan:

Engine Conditioner

Engine conditioner adalah cairan pembersih untuk bagian ruang bakar pada mesin mobil bekas. Cairan ini teksturnya seperti busa halus dan berbahan solvent. Cara menggunakannya hanya dengan menyemprotkan busa halus melalui lubang busi yang mengarah pada ruang bakar mesin. Namun, sebelum itu jangan lupa untuk melepas busi terlebih dahulu.

Engine Degreaser

Engine degreaser adalah suatu cairan yang digunakan untuk membersihkan kotoran bagian luar mesin. Cairan ini terbuat dari bahan yang sama dengan engine conditioner, hanya saja teksturnya lebih keras, sehingga cairan ini dapat mengikat serta melarutkan kotoran yang ada pada bagian luar mesin mobil. Cara menggunakanya juga cukup mudah, pastikan jika mesin mobil masih bertemperatur hangat, kemudian semprotkan cairan pada bagian yang kotor.

Engine Flush

Cairan Engine flush memiliki fungsi yang mirip dengan deterjen, yaitu untuk membersihkan bagian mesin mobil yang berada di bagian tempat oli. Kamu bisa menggunakan cairan ini dengan cara memasukkannya ke dalam lubang oli. Ketika sudah memasukkan cairan tersebut, menyalakan mesin mobil hingga 15 menit dan buang cairan pembersih seperti saat membuang oli.

Bersihkan Bagian Termudah

Membersihkan bagian termudah bisa menggunakan sabun khusus atau bahkan sabun pencuci piring. Cara ini umumnya digunakan untuk membersihkan mobil secara mandiri tanpa harus pergi ke pencucian atau bengkel. Bagian ini bisa berupa kap bawah mobil, dan pastikan bersihkan dengan cara yang benar.

Bersihkan Ruang Pada Mesin Mobil

Membersihkan ruang pada mesin mobil bisa menggunakan dengan menyemprotkan air selang ke arah ruang mesin. Namun, perhatikan intensitas serta tekanan pada air yang keluar dari selang. Pastikan jika membersihkannya dengan benar dan tidak ada kotoran yang tersisa pada bagian ruang mesin mobil. Cara ini bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa ddmenggunakan jasa cuci mobil dengan biaya yang lumayan mahal.

Gunakan Spons atau Sikat Gigi

Spons atau sikat gigi merupakan alat pembersih yang sering kali digunakan untuk membersihkan bagian mobil yang susah dijangkau. Nah,kamu bisa menggunakan kedua media ini secara bersamaan. Spons digunakan untuk mesin yang kotor dan sikat gigi ini bisa digunakan untuk mesin mobil yang kotor membandel. Selain itu, bisa juga menggunakan kain yang sudah tidak terpakai.

Proses Finishing

Pastikan kembali jika seluruh bagian sudah dibersihkan, kemudian semprotkan mesin tersebut dengan air bersih dan keringkan dengan kain kanebo. Sahabat juga bisa menggunakan semprotan khusus agar mobil lebih mengkilap.

Banyak Keuntungan Membersihkan Mobil Sendiri

Ada banyak sekali keuntungan yang didapat dengan membersihkan mobil sendiri di antaranya kamu bisa tahu lebih banyak tentang mesin, bisa mengecek kondisi mesin secara berkala, dan yang terpentingnya lagi akan menghemat pengeluaran daripada harus pergi ke bengkel atau tempat pencucian mobil.

Jika biasanya dalam 1 bulan menghabiskan biaya 200 ribu lebih untuk membersihkan mobil, maka kali ini bisa menghabiskan 200 ribu hanya untuk membeli bahan pembersih mobil yang bisa digunakan berkali-kali hingga beberapa bulan kedepan. Otomatis beberapa bulan kedepan akan jauh lebih hemat dan bisa menabungkan uang tersebut untuk keperluan lainnya seperti membeli mobil di Garasi.id.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 04 Okt 2019 | 15:56 WIB
BAGIKAN