AC Mobil Sejuk Membuat Perjalanan Menyenangkan
AC Mobil Sejuk Membuat Perjalanan Menyenangkan

AC Mobil Kamu Bau Tidak Sedap, Mungkin Ini Penyebabnya!

08 Feb 2022 | 10:11 WIB

Saat mengendarai mobil, tentu pendingin udara sangat penting ya, Sahabat Garasi. Apalagi, cuaca panas di Indonesia yang sangat terik sangat membutuhkan pendingin udara. Namun, jika kondisi AC mobil Kamu mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hal ini akan mengganggu perjalananmu.


Lakukan Perawatan AC Mobil  Seacara Berkala

Lakukan Perawatan AC Mobil Secara Berkala


Bau tidak sedap pada sistem pendingin kendaraan menjadi salah satu permasalahan yang akan dihadapi para pemilik mobil. Salah satu cara mengatasi permasalahan ini adalah dengan mencari tahu sumber yang menimbulkan bau ini.

 

Ini faktor-faktor yang menyebabkan AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap:

1. Evaporator Kotor

Penyebab pertama AC mobil bau adalah evaporator yang penuh dengan kotoran serta berlendir. Ketika kondisinya kotor, maka bisa menimbulkan jamur serta bakteri di dalamnya. 

Semakin banyak jamur dan bakteri, maka tinggal menunggu waktu saja AC mobilmu tercium bau tidak sedap. Biasanya ada bau tidak sedap lainnya yang menjadi ciri khas dari penyebab ini.

Evaporator juga bisa mengalami kebocoran. Kalau sudah begini, maka akan timbul bau. Namun yang muncul adalah bau freon yang khas. Semakin besar bocor dan sisa freon, maka semakin terasa pula baunya. Sebisa mungkin yang harus Kamu lakukan selanjutnya adalah membersihkan evaporator.

2. Asap Rokok

Jika Sahabat Garasi merupakan perokok aktif, janganlah merokok di dalam mobil. Sebab, Kamu akan meninggalkan jejak bau rokok yang menempel di beberapa bagian, seperti jok, plafon, karpet, hingga dashboard mobil, dan tentu saja menyebabkan AC mobil bau.


Kenali Resiko Merokok Dalam Kabin Mobil

Kenali Resiko Merokok Dalam Kabin Mobil


Sudah bau, membersihkannya pun juga sulit. Kalau memang Kamu ingin kondisi AC mobil tetap wangi, sebaiknya hindari merokok di dalam mobil dan selalu jaga kebersihan kendaraan.

3. Pewangi Kualitas Rendah

Setiap pengendara mobil pasti memasang pewangi atau parfum di bagian AC mobil. Berfungsi untuk memberikan aroma yang enak dihirup, namun pewangi bisa juga memunculkan bau tak sedap. 

Alasan utamanya karena kualitas pengharum sangat rendah. Kadar alkohol yang tinggi juga bisa membuat AC mobil mengeluarkan bau asam. Untuk itu, perhatikan pewangi yang Sahabat Garasi beli untuk digunakan. Jangan sampai kadar alkoholnya terlalu tinggi serta pilih yang berkualitas baik.

4. Ventilasi Buruk

Mungkin Kamu pernah mencium bau asap knalpot atau sampah saat sedang berkendara. Begitu juga lingkungan yang memang kotor. Namun, itu semua bisa dihindari jika Sahabat Garasi memiliki ventilasi jendela yang baik.

Jika kualitasnya buruk, berbagai bau dari luar mobil bisa masuk ke dalam kabin. Pastinya hal itu akan membuat Kamu tidak nyaman selama perjalanan.

5. Bangkai Binatang

Selain beberapa penyebab yang telah dijelaskan di atas, penyebab AC mobil bau juga bisa disebabkan bangkai binatang. Tidak dapat dimungkiri, ketika mobil diparkir semalaman, bisa saja ada binatang seperti tikus, cicak, atau kecoa yang masuk ke dalam mobil. 

Jika sudah mati, maka bisa dipastikan muncul bau bangkai yang sangat menusuk hidung. Kalau sudah begini, mau tidak mau Kamu harus mengecek beberapa bagian mobil untuk mencari titik bangkai binatang itu berada.

 

Kendati demikian, Sahabat Garasi harus segera mengambil Tindakan jika AC mobil mengeluarkan bau tidak sedap. Ini caranya:

  • Ganti Parfum Mobil

Cara pertama mengganti parfum pada mobil. Kualitas pewangi mobil yang rendah dapat menjadi salah satu penyebab bau tidak sedap pada AC mobil. Ganti parfum mobil secara berkala agar AC mobil tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  • Bersihkan Saluran AC

Apabila bau tetap tercium setelah mengganti parfum, selanjutnya bisa dengan membersihkan saluran AC mobil. Hal ini perlu diperhatikan karena bakteri dan jamur seringkali menempel pada saluran-saluran AC tersebut.

Membersihkan saluran AC tidak perlu tergesa-gesa. Lakukan dengan cermat dan perlahan, usahakan menjangkau hingga ke bagian paling ujung. Lakukan hal ini secara rutin untuk memperlambat proses pertumbuhan bakteri dan jamur.

  • Bersihkan Evaporator

Evaporator kotor dapat menjadi salah satu faktor yang membuat AC mobil mengeluarkan bau tak sedap. Apabila dibiarkan terus-menerus dalam kondisi basah atau lembab, bakteri dan jamur akan berkembang biak lebih cepat. Hal ini tentu akan membuat AC mobil mengeluarkan aroma tak sedap.


Mengenal Evaporator AC Mobil Lebih Jauh

Mengenal Evaporator AC Mobil Lebih Jauh


Untuk mengatasi hal tersebut, bersihkan evaporator mobil secara berkala. Khusus evaporator, cara membersihkannya akan terasa menyulitkan untuk orang awam. Untuk meminimalisir kesalahan, bawa mobil ke bengkel AC mobil terdekat.

  • Ganti Filter Kabin

Filter kabin yang berada di dalam AC mobil berfungsi untuk menyaring udara dari kotoran atau debu, sehingga membuat udara lebih bersih. Jika filter kabin ini dibiarkan terlalu lama tanpa dibersihkan sama sekali, tentu saja akan menghasilkan bau tak sedap.

Terutama jika ditemukan bangkai hewan seperti serangga atau cicak yang menempel pada filter, tentu akan membuat tidak nyaman para pengendara. Jika sudah dalam tahap seperti ini, sebaiknya langsung ganti filter kabin tersebut.

  • Cek Refrigerant

Cek refrigerant adalah cara terakhir yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau AC mobil yang membandel. Jika terjadi kebocoran pada refrigerant atau komponen AC lain pada mobil, akan menimbulkan bau yang jauh lebih tak sedap.

Cara mengatasi gantilah refrigerant yang telah mengalami kebocoran tersebut. Refrigerant memang butuh perhatian khusus dalam perawatannya, jika tidak dicek secara rutin hal tersebut hanya akan menambah masalah dan tentunya harus mengeluarkan uang lebih untuk biaya penggantiannya.


Jika Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan AC mobil secara berkala bisa cek website www.Garasi.id atau klik link ini. Sebab, Garasi.id sedang ada promo Gaspol In Love di bulan yang penuh cinta dan diskon hingga 50%, promo ini berlaku hingga 28 Februari 2022.

 

Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 17 Feb 2022 | 09:50 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifservisperawatanACgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family