Aman berkendara saat mudik
Aman berkendara saat mudik

Agar Aman Berkendara Saat Mudik Lebaran, Ikuti Tips Ampuh Berikut

25 Apr 2022 | 10:09 WIB

Musim mudik akan segera tiba. Pastikan kendaraan dan diri Sahabat dalam kondisi prima, agar aman berkendara dan selamat sampai tujuan.  Arus mudik Lebaran tahun 2022 ini diperkirakan akan macet. Agar perjalan mudik Sahabat dan keluarga selalu dalam kondisi yang menyenangkan, perlu banget menyiapkan semuanya sebelum mudik Lebaran.


Agar Aman Berkendara Saat Mudik Lebaran, Ikuti Tips Ampuh Berikut


 

Mudik menjadi momen paling ditunggu-tunggu para perantau. Adanya pandemi selama kurang lebih dua tahun, mengakibatkan para perantau tidak bisa mudik. Kini, mereka dapat kembali berkumpul serta bertemu dengan keluarga besar di kampung halaman, untuk merayakan momen Idul Fitri 1443 H.

 

Untuk memastikan perjalan mudik Sahabat dan keluarga aman dan nyaman, Garasi.id mencoba merangkum tips aman berkendara saat mudik lebaran nanti.

 

1. Kondisi tubuh harus dalam keadaan sehat atau fit

pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat saat mudik. Karena ketika dalam kondisi tubuh tidak sehat, Sahabat akan sulit berkonsentrasi. Hal tersebut bisa membuat tidak aman berkendara.

 

2. Servis kendaraan sebelum mudik

Pada saat servis, periksalah kelayakan ban depan, ban belakang, keadaan mesin, rem, oli, dan kopling.

 

3. Periksa surat-surat kendaraan 

Pastikan bahwa surat-surat kendaraan lengkap. Seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

 

4. Tidak bawa barang berlebih 

Barang bawaan tidak melebihi muatan. Sahabat harus pastikan jumlah penumpang atau barang bawaan agar tidak melebihi muatan standar kendaraan yang digunakan.

 

5. Isi penuh BBM

Pastikan mengisi penuh Bahan Bakar Minyak (BBM). Itulah beberapa tips sebelum perjalanan mudik. Usahakan tetap berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan. 

 

Bila sudah mempersiapkan keperluan saat hendak berkendara, Sahabat juga perlu menyimak tips aman berkendara di Jalan Raya seperti berikut :

1. Atur Posisi Mengemudi

Sebagai pengendara Sahabat harus tahu bagaimana cara mengatur posisi mengemudi yang baik itu seperti apa, kalau bisa atur terlebih dahulu posisi duduk Sahabat bagaimana yang nyaman dan tidak membuat Sahabat menjadi pegal, apalagi Kram.

2. Gunakan sabuk pengaman

Aman berkendara menggunakan mobil jangan lupa untuk menggunakan Sabuk pengaman. Sabuk pengaman berfungsi untuk melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan jika terjadi kecelakaan, selain dari kantung udara (airbags).

3. Ikuti Arus Lalu Lintas

Agar aman berkendara, sebagai pengendara yang disiplin harus mengikuti arus lalu lintas dan juga rambu-rambu lalu lintas yang benar sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Karena jika Sahabat melanggar peraturan lalu lintas bisa saja Sahabat dijerat pasal hukum dan Undang-undang tentang Transportasi. Bukan hanya itu saja, dengan menaati peraturan lalu lintas yang ada Sahabat juga akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Agar Aman Berkendara Saat Mudik Lebaran, Ikuti Tips Ampuh Berikut


4. Atur Kecepatan Berkendara

Agar aman berkendara, Sahabat perlu mengatur kecepatan dalam berkendara. Berkendara dengan kecepatan tinggi memang boleh namun perhatikan pengendara lain yang ada di samping kanan kiri Sahabat.

5. Sering Periksa Kaca Spion

Yang perlu diperhatikan agar aman berkendara adalah Kaca Spion. Kaca Spion berfungsi untuk melihat kendaraan lain yang ada di belakang, sehingga ketika Sahabat hendak ingin berbelok atau ketika akan menyebrang ke persimpangan bisa mengetahui sudah aman atau belum.

6. Gunakan Lajur Kanan Untuk Menyalip

Yang keenam yaitu dengan menggunakan jalur kanan untuk menyalip kendaraan lain, yang mana sudah menjadi peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan dalam Undang-undang Transportasi. Hal ini bertujuan untuk menghindari yang namanya kecelakaan dan juga kemacetan.

7. Jangan Menggunakan Ponsel

Yang ketujuh, agar aman berkendara jangan menggunakan Ponsel pada saat berkendara. Hal tersebut bisa mengganggu konsentrasi Sahabat pada saat dijalan. 

8. Istirahat Jika mengantuk

Kemudian tips selanjutnya agar aman berkendara, jika Sahabat merasa mengantuk dan capek sebaiknya berhenti sejenak untuk beristirahat. Dan bisa melanjutkan perjalanan kembali jika badan sudah merasa fit.

Jika Sahabat ingin mengetahui kondisi mobil anda, silahkan melakukan inspeksi kendaraan anda sebelum mudik di Garasi.id. Informasi selengkapnya bisa klik link ini.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 25 Apr 2022 | 10:09 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmudikaman