Sahabat Harus Bijak Dalam Memilih Aksesoris Mobil
Sahabat Harus Bijak Dalam Memilih Aksesoris Mobil

Aksesoris Penting VS Berbahaya Mobil

26 Sep 2022 | 12:43 WIB

Aksesori mobil menjadi salah satu item yang berperan penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara. Meski tidak besar, namun fungsinya cukup vital untuk berkendara sehari-hari maupun kala menjalani perjalanan jauh.

Terdapat beberapa aksesori interior mobil yang paling penting untuk Sahabat miliki. Barang-barang ini akan membantu keamanan saat berkendara serta menunjang perjalanan kamu. Aksesori interior maupun eksterior sangat mudah didapatkan dan harganya pun terjangkau, tapi pastikan aksesori tersebut benar-benar diperlukan Sahabat. Namun, ada juga aksesori yang berbahaya jika digunakan pada mobil Sahabat yang bisa mencelakai maupun mengganggu perjalanan pengendara lain.

Banyak rekomendasi aksesori interior mobil yang penting untuk Sahabat. Tidak hanya itu, inilah beberapa aksesori yang berbahaya jika digunakan saat berkendara. Simak informasinya disini.

Interior Mobil Bersih Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Interior Mobil Bersih Meningkatkan Kenyamanan Berkendara


Aksesori Mobil yang Paling Penting

Berikut ini daftar benda dan aksesori interior mobil yang paling penting untuk Sahabat miliki.

1. Phone Holder

Aksesoris satu ini sangat penting untuk para pengendara. Phone Holder bisa membantu pengendara untuk melihat peta jalan dan menghindarkan pengendara dari memegang smartphone-nya ketika sedang berkendara. Dengan begitu, kamu bisa tetap fokus menyetir tapi berbagai notifikasi yang kamu dapatkan melalui smartphone-mu tetap bisa dipantau.

Jika kerap menggunakan GPS saat berkendara, aksesori ini sangat kamu butuhkan. Meski kecil, namun fungsinya sangat besar. Tempatkan phone holder di dekat setir agar tidak menurunkan konsentrasi selama berkemudi.

Aksesoris Ini Selalu Ada Di Semua Pengendara Mobil

Aksesoris Ini Selalu Ada Di Semua Pengendara Mobil


2. Port USB

Jika mobil Sahabat belum memiliki port USB, disarankan membelinya dan dipasang. Selain dapat mengisi ulang daya hp, benda ini dapat disambungkan untuk memutar lagu atau keperluan lain.

3. Tong Sampah

Asbak bawaan mobil biasanya tidak cukup untuk menampung sampah jika Sahabat berkendara dengan banyak penumpang. Tong sampah kecil bisa menjadi alternatif agar sampah tidak berserakan dan tetap membuat mobil bersih.

4. Pewangi Mobil

Parfum mobil akan membuat mobil tetap harum sehingga berkendara tetap nyaman meski dilanda kemacetan. Sahabat dapat parfum sesuai selera, seperti buah-buahan, bunga, kopi, atau yang mengandung wewangian pantai. Kini terdapat banyak jenis parfum mobil, mulai dari yang padat, cair, digantung, maupun dipasang di AC mobil.

Aroma Wangi Segar Di Kabin Mobil Menghilangkan Bau Tak Sedap

Aroma Wangi Segar Di Kabin Mobil Menghilangkan Bau Tak Sedap


5. Kamera Dashboard

Kamera dashboard sangat penting Sahabat miliki. Item ini bukan sekadar merekam perjalanan, tetapi bisa sebagai bukti jika terjadi kecelakaan yang melibatkan mobil.

Kamera Dashboard Berfungsi Menjamin Keamanan Berkendara

Kamera Dashboard Berfungsi Menjamin Keamanan Berkendara


6. Tongkat E-Toll

Barang ini cocok bagi Sahabat yang kerap bepergian keluar kota. Dengan benda yang murah ini, kamu tidak perlu lagi repot membayar tol.

Penggunaan Tongkat E-Toll Mempercepat Waktu Transaksi

Penggunaan Tongkat E-Toll Mempercepat Waktu Transaksi

7. Kunci Stir

Kunci stir akan membuat Sahabat tenang saat meninggalkan mobil di area tertentu yang cukup jauh. Namun, pastikan kamu tidak parkir sembarangan karena mengganggu pengguna lain dan mobil bisa saja diderek.

8. Vacuum Cleaner

Pastikan Sahabat dan penumpang nyaman berkendara dengan mobil yang bersih dari debu dan sampah-sampah kecil. kamu dapat membersihkannya secara mudah dan cepat dengan vacuum cleaner portabel. Berbagai aksesori interior mobil yang paling penting tersebut bisa Sahabat dapatkan dengan mudah dan murah secara online maupun beli langsung ke toko.

Vacuum Kotoran Di Dalam MObil

Vacuum Kotoran Di Dalam Mobil


Aksesori Mobil yang Berbahaya

Namun, ada pula aksesori berbahaya dalam mobil harus dipikir ulang jika hendak memasangnya. Berikut daftar aksesori berbahaya yang sebaiknya dihindari oleh pemilik mobil.

1. Lampu Warna-Warni

Sahabat mungkin pernah menjumpai pemilik mobil yang menambahkan lampu warna-warni di depan dan belakang bak kendaraan mainan. Akan tetapi, memasang lampu warna-warni full dan menyala pada mobil bisa sangat berbahaya karena mengurangi intensitas penerangan jalan di depannya. Lampu berkedip juga sangat mengganggu konsentrasi dan pandangan pengendara lainnya yang bisa membahayakan.

Memasang Lampu Warna Warni Dapat Menyilaukan Pandangan Pengendara Lain

Memasang Lampu Warna Warni Dapat Menyilaukan Pandangan Pengendara Lain


2. Sarung Setir

Menambahkan cover atau sarung setir memang dapat memberikan perasaan puas bagi pemiliknya. Namun, beberapa sarung stir murah tidak dirancang dengan baik sehingga mengganggu kenyamanan saat memegang setir. Padahal sarung setir sudah didesain sangat ergonomis dengan memperhitungkan ketebalan gengaman tangan dan jari agar bisa mengendalikan mobil dengan baik. Sarung setir yang terpasang longgar bisa menyebabkan tangan tergelincir saat berbelok dan membuat kendaraan hilang kendali. Untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan, sebaiknya tak perlu menambahkan pembungkus setir sama sekali karena bisa berbahaya.

4. Knop Stir

Sama halnya dengan sarung stir, knop yang dipasang pada kemudi juga berbahaya jika digunakan. Knop stir ini umumnya digunakan untuk memutar setir dengan cepat dan mudah meski hanya dengan satu tangan. Justru keberadaan alat pemutar setir ini sangat berisiko menimbulkan kecelakaan, sebab kedua tangan tidak berada dalam posisi siap untuk mengendalikan kemudi. Aksesori berbahaya dalam mobil ini juga dapat tersangkut di pakaian yang bisa mengganggu saat berkendara.

Bahayanya Jika Pasang Knob di Setir Mobil

Bahayanya Jika Pasang Knob di Setir Mobil


5. Bumper Besi

Penggunaan bumper besi atau bull bar dikhususkan hanya untuk kendaraan off-road untuk melindungi bumper. Jika memaksakannya untuk dipasang pada kendaraan on-road justru berbahaya. Sebab bumper besi tidak dirancang untuk mendukung fitur keselamatan mobil seperti sensor airbag dan zona benturan. Selain itu, bumper besi yang berat akan menambah beban suspensi mobil, sehingga handling menjadi kurang maksimal terlebih ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

6. Hiasan Di Dashboard Depan Dan Belakang 

Banyak orang menganggap dashboard depan dan belakang mobil sebagai tempat meletakkan banyak benda, mulai dari bantal, boneka, tisu, bahkan benda keras lainnya. Padahal dashboard depan-belakang ini sebaiknya dibuat lega dan harus bebas dari gangguan pandangan. Jika dashboard depan penuh tentu akan menghalangi pengemudi saat menyetir. Begitu juga di belakang juga sebaiknya tidak dipenuhi dengan barang yang bisa menghalangi kaca spion dan membatasi pandangan. Ketika terjadi pengereman mendadak, benda-benda yang ditaruh di dashboard tersebut bisa jatuh dan membentur penumpang yang duduk di dekatnya. Beberapa jenis aksesori yang ditambahkan dalam mobil mungkin saja bisa berguna dan memudahkan pengemudi ketika berkendara. Semua dikembalikan ke Sahabat, aksesoris mana saja yang sangat penting atau malah akan membahayakan saat mengendarai mobil.

Aksesoris Penting VS Berbahaya Mobil

Sahabat Garasi ingin melakukan perawatan mobil, Kamu bisa mengecek Garasi.id. Sebab, Garasi.id memberikan Kamu promo September Ceria Bareng Mobil tercinta dengan diskon jasa servis hingga 50 persen. Promo ini berlaku mulai dari 30 September 2022.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 26 Sep 2022 | 12:47 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifaksesorismobil
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family