Jika Memasang Roof Box Mobil Sembarangan Bisa Ditilang Dan Denda
Jika Memasang Roof Box Mobil Sembarangan Bisa Ditilang Dan Denda

Aksesoris Roof Box Mobil Buat Mudik Lebaran

27 Apr 2023 | 17:50 WIB

Saat momen Lebaran, sudah banyak mobil yang dilengkapi dengan roof box di bagian atap mobil. Roof box mobil merupakan aksesoris yang berfungsi sebagai ruang tambahan untuk penyimpanan barang bawaan. Roof box ini sangat tepat digunakan untuk bepergian jarak jauh dengan membawa banyak barang. Seperti saat wisata atau mudik lebaran ke kampung halaman.


Saat melakukan perjalanan ini, biasanya ada banyak barang yang dibawa, termasuk oleh-oleh. Terkadang, bagasi dan kabin tidak mampu menampung banyaknya barang bawaan. Biasanya pengemudi memasang aksesoris roof box di mobil karena dua hal, mengikuti trend aliran modifikasi dan kebutuhan akan kompartemen tambahan untuk mengangkut barang lebih banyak. Aksesori ini banyak tersedia di pasaran dengan harga bervariasi.


Sahabat juga harus mengikuti peraturan yang sudah berlaku jika memasang roof box mobil sembarangan maka bisa ditilang dan denda sampai Rp500 ribu. Hal ini sebagaimana diatur dalam Pasal 285 ayat 2 UU LLAJ yakni kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000.


Pilih Roof Box Mobil Terbaik Untuk Mobil Kesayangan

Pilih Roof Box Mobil Terbaik Untuk Mobil Kesayangan


Melansir dari halaman otomotif terpercaya, ada beberapa syarat pemasangan roof box yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum memasangnya. Mari simak dibawah ini.


1. Harus Pasang Roof Rail


Dalam pemasangan roof box pada atap kendaraan pastinya harus tersedia roof rail terlebih dahulu. Hal itu berguna sebagai dudukan penopang roofbox ketika pemasangan. Pastikan roof rail yang Sahabat gunakan aman dan kuat serta diperuntukan menahan bobot. Hati-hati dalam membelinya. Pasalnya saat ini banyak pabrikan atau aftermarket yang menjual roof rail hanya sebagai pemanis tampilan saja.


2. Perhatikan Jenis-Jenis Roof Rack


Syarat kedua yang perlu Sahabat penuhi yakni dengan memperhatikan detail jenis-jenis roof rail. Umumnya di Indonesia terbagi dalam 2 jenis. Pertama ada yang dipasangkan dengan cara dibor lalu kedua dengan cara menjepit pada tulangan atap. Cara terbaik untuk memilihnya yaitu menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan daya angkut beban mobil kesayangan Sahabat. Sebab kedua jenis roof rack memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.


3. Perhatikan Aturan Bobot Maksimal


Syarat yang ketiga yang perlu Sahabat ketahui dalam pemasangan roof box yakni dengan memperhatikan aturan bobot maksimal yang ditentukan. Pemakaian roof box umumnya diperbolehkan asal tahu aturan pemakaiannya serta digunakan dalam pemakaian yang wajar. Nyatanya roof box yang dipergunakan dihimbau hanya diperbolehkan menahan bobot sebesar 75 Kg saja dan tidak boleh melebihi dari berat tersebut. Jika roofbox yang digunakan pemilik mobil melebihi batas anjuran diatas maka siap-siap untuk dikenakan pelanggaran sanksi tilang oleh pihak kepolisian.


Banyak Roof Box Dengan Pilihan Warna Dan Motif

Banyak Roof Box Dengan Pilihan Warna Dan Motif


4. Perhatikan Desain Dan Bahan Roof box


Syarat keempat yakni dengan memperhatikan desain dan bahan roofbox. Sebab secara otomatis pemakaian roof box dapat menyebabkan rusaknya aerodinamika pada mobil terutama pada kecepatan tinggi. Sehingga yang terjadi malah akan menimbulkan masalah baik buat diri sendiri maupun pengendara lainnya.


Untuk mendapatkan roof box terbaik, Sahabat perlu mengetahui merek-merek roof box ternama terlebih dahulu. Karena merek yang ternama sudah pasti memiliki material dan kualitas terbaik sehingga dikenal oleh banyak orang. 


5. Perbaiki Gaya Berkendara


Syarat yang terakhir yang perlu diperhatikan mengenai gaya berkendara yang perlu diperbaiki. Pasalnya pengendalian mobil tanpa roof box serta pakai roofbox tentu sangat berbeda. Usahakan Sahabat saat mengendarai mobil jangan bermanuver terlalu ekstrim untuk menghindari hilangnya kontrol pengendalian yang dapat menyebabkan kecelakaan.


Roof Box Yang Mahal Memiliki Kualitas Dan Daya Tahan Yang Kuat

Roof Box Yang Mahal Memiliki Kualitas Dan Daya Tahan Yang Kuat


Selain Sahabat harus mencari referensi rekomendasi roof box terbaik. Untuk menemukan roof box yang tepat, kamu juga harus mengetahui cara memilihnya yang benar. Jika memilih roof box sembarangan, bisa dipastikan akan merusak atap mobil dan mengganggu performa mobil. Pilih roof box yang memiliki material bahan yang kokoh dan ringan misalnya baja, atau plastik ABS. Jika mobil yang Sahabat miliki jenis city car, atau hatchback gunakan roof box berkapasitas 400 liter. Untuk mobil MPV gunakan roof box berkapasitas 450 liter. Dan untuk mobil jenis SUV gunakan roof box berkapasitas 450 hingga 650 liter.


Selamat mudik Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 27 Apr 2023 | 19:02 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

aksesorisotomotifroofboxroofrackmudiklebaran2023
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2023 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family