Apa Aja Sih Jenis Spare Part Mobil?
Apa Aja Sih Jenis Spare Part Mobil?

Apa Aja Sih Jenis Spare Part Mobil?

10 Agt 2022 | 11:00 WIB

Ketika Sahabat memiliki sebuah mobil, tentu ingin mobil tetap dalam kondisi yang prima. Upaya menjaga performa mobil bisa dilakukan dengan perawatan servis rutin dan ada beberapa spare part mobil yang penting untuk diganti secara rutin.

Servis rutin sangatlah disarankan untuk dilakukan, karena bisa menghindarkan mobil dari berbagai kerusakan spare part. Apabila terjaga dengan baik, maka mobil bisa tahan lama dan bisa dipakai dalam berbagai kondisi jalan. Nah, berikut ini adalah pembahasan lengkap perihal ragam spare part mobil.

Apa Itu Spare Part Mobil?

Spare Part merupakan sebuah barang yang berisikan berbagai komponen dalam suatu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. Spare part banyak dipakai di berbagai jenis kendaraan, sehingga jenis-jenisnya juga sangat beragam.

Spare part mobil pasti memiliki kegunaan tersendiri, tetapi ada yang sistem kerjanya saling terkait dengan spare part lain. Setidaknya ada beberapa jenis spare part yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari sistem kerjanya.

Selain pengertian spare part di atas, berikut ini penjelasan spare part lainnya. Ada pun spare part artinya bagian mobil yang terdiri atas komponen-komponen yang membuat kesatuan dan punya fungsi spesifik. Spare part terdiri atas banyak komponen, tetapi yang dibahas di sini adalah komponen yang seringkali mengalami rusak dan diganti.

Jenis-Jenis Spare Part Mobil

Berikut ini pembahasan perihal spare part mobil yang perlu Sahabat ketahui.

1. Orisinil

Original equipment manufacturer atau OEM merupakan sebuah istilah yang menyatakan produk pabrikan asli atau orisinil. Produk orisinil biasanya memiliki kualitas yang bagus dan jenis produk orisinil banyak ditemukan di industri otomotif.

Produk orisinil biasanya akan diproduksi oleh pihak manufaktur asal atau bisa juga diproduksi perusahaan lain yang ditunjuk oleh pihak manufaktur. Mobil menjadi kendaraan yang dilengkapi dengan ratusan spare part.

Tidak semua jenis spare part bisa dibuat atau diproduksi oleh pihak manufaktur, sehingga ada beberapa jenis spare part yang pembuatannya dialihkan ke perusahaan lain dan perusahaan tersebut sudah pasti ditunjuk oleh pihak manufaktur mobil.

Meskipun dikerjakan oleh perusahaan lain, namun spare part mobil yang dihasilkan termasuk orisinil atau asli, karena pembuatannya telah sesuai dengan standar yang diterapkan manufaktur.

Apa Aja Sih Jenis Spare Part Mobil?


2. Non Pabrikan atau Aftermarket

Spare part mobil yang dibuat oleh non pabrikan adalah jenis yang diproduksi oleh perusahaan untuk kebutuhan segmen tertentu, sehingga spare parts tidak dibuat untuk kebutuhan normal kendaraan.

Non pabrikan menjadi perusahaan yang membuat atau memproduksi spare part untuk keperluan hobi, kustomisasi, balap dan berbagai keperluan lainnya. Non pabrikan juga bisa membuat spare part mobil yang sesuai pesanan para klien.

Biasanya spare part mobil non pabrikan tidak akan ada hubungannya atau tidak akan berelasi dengan pihak manufaktur mobil, namun pihak non pabrikan biasanya telah memiliki lisensi sebelum melakukan pembuatan spare part mobil.

Spare part mobil yang dihasilkan dari non pabrikan bisa memiliki kualitas sama bagusnya dengan hasil manufaktur atau bisa juga lebih bagus dibandingkan dengan spare part mobil yang orisinil dari manufaktur.

3. KW

KW merupakan salah satu istilah yang sangat familiar dalam dunia otomotif. Spare part mobil yang dinyatakan KW biasanya terbagi menjadi 3 yaitu KW 1, 2 dan 3. Biasanya ketiga kategori KW hanya memiliki sedikit perbedaan yaitu pada bagian tampilan atau bahan pembuatan yang dipakai.

Banyak juga yang beranggapan bahwa produk yang KW termasuk dalam kategori produk yang palsu, sehingga produk KW tidak akan diproduksi oleh perusahaan manufaktur mobil dan produk KW juga tidak akan memperoleh lisensi dari pihak manufaktur mobil.

Ketika Sahabat menggunakan spare part mobil KW, tentu sangatlah membahayakan untuk keamanan kendaraan Sahabat dan keselamatan, karena spare part mobil KW kualitasnya tidak sesuai standar keamanan.

Apa Aja Sih Jenis Spare Part Mobil?


Manfaat Service Spare Part Mobil

Servis rutin merupakan sebuah hal yang penting untuk dilakukan oleh para pemilik kendaraan mobil, meskipun servis rutin tidak menjamin mobil bebas dari berbagai kerusakan dan kecelakaan, namun bisa menjaga komponen mobil tetap stabil.

Melakukan servis rutin bisa menjaga keselamatan para pengendara, karena mobil bisa tetap berjalan dengan stabil dalam berbagai kondisi jalan. Salah satu penyebab kecelakaan yang sering terjadi karena kendaraan jarang di servis.

Jarang servis biasanya akan membuat sistem pengereman mobil menjadi jelek, oli mesin sedikit, rusaknya karet wiper kaca dan berbagai kerusakan lainnya. Sistem pengereman yang jelek, tentu bisa menimbulkan kecelakaan saat berkendara.

Apabila Sahabat melakukan servis rutin, maka Sahabat bisa mengetahui berbagai hal yang tidak beres dengan kendaraan dan Sahabat bisa segera memperbaiki kerusakannya.

Servis rutin bisa menjaga performa mobil tetap stabil dan tetap kondusif. Mobil yang rutin di servis akan membuat mobil lebih responsif, nyaman untuk dipakai dan mobil akan terasa halus saat dikendarai.

Nah Sahabat, itulah penjelas soal jenis spare part mobil. Semoga dengan info yang diberikan bisa menambah wawasan Sahabat Garasi semuanya ya. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Agt 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifsparepartmobilonderdil
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family