Biaya servis kaki kaki mobil
Biaya servis kaki kaki mobil

Apa Aja Sih Komponen dan Berapa Biaya Servis Kaki Kaki Mobil?

26 Apr 2022 | 11:00 WIB

Mobil bukan hanya sekedar kendaraan yang mengantarkan kita ke mana pun kita akan pergi, tetapi lebih dari itu. Sebagai kendaraan yang menampung beban berat, mobil harus memiliki komponen kaki kaki mobil yang kokoh dan lengkap. Jika salah satu komponen saja tidak berfungsi dengan baik, maka bisa berdampak bagi keamanan dan kenyamanan berkendara.

Apa Aja Sih Komponen dan Berapa Biaya Servis Kaki Kaki Mobil?


Apa saja komponen kaki kaki mobil dan fungsinya? Yuk, simak artikel berikut ini.

Apa saja sih Komponen Kaki-Kaki Mobil itu?

Komponen ini adalah hal yang sangat penting dan wajib diservis secara rutin. Dengan perawatan secara rutin tentu Sahabat akan mengetahui apakah terdapat kerusakan pada komponen kaki kaki sehingga segera diperbaiki dan perjalanan pun akan lebih nyaman dan aman. Berikut ini adalah daftar dari komponen kaki kaki mobil beserta dengan fungsinya.

1. Roda dan ban mobil

Roda dan ban mobil adalah komponen utama dalam kendaraan ini. Tanpa roda, mobil tidak akan bisa berjalan. Fungsi roda pada mobil adalah sebagai penahan bobot kendaraan, sebagai bantalan yang menjaga mobil tidak bersentuhan dengan jalan, sebagai penyeimbang kendaraan, dan sebagai penahan guncangan sehingga berkendara di jalanan yang tidak rata terasa lebih nyaman.

Ada 2 jenis ban, yaitu ban luar dan ban dalam. Tetapi saat ini mobil juga banyak menggunakan ban tubeless yaitu ban yang tidak memiliki ban dalam. Komponen penyusun roda juga ada velg dan pentil.

2. Suspensi (Shockbreaker)

Sahabat pasti sering mendengar nama komponen ini. Komponen kaki kaki mobil ini berfungsi sebagai peredam kejut atau guncangan ketika mobil berjalan di jalanan yang tidak rata atau berbatu. Suspensi yang baik akan membuat penumpang merasa nyaman meskipun sedang melaju di jalan yang tidak rata.

Letak suspensi berada di antara roda dan bodi rangka mobil. Umumnya suspensi terbagi menjadi 2 tipe, tipe independen atau bebas dan tipe rigid.

Pertama, tipe independent. Suspensi tipe ini membuat roda dapat bergerak bebas karena roda kanan dan kiri tidak dihubungkan ke axle. Jadi, pergerakan roda tidak saling mempengaruhi. Tipe suspensi ini banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru dan memiliki harga yang lebih mahal karena konstruksinya lebih rumit. Suspensi tipe independent ini memberikan kenyamanan yang tinggi bagi penumpang mobil.

Kedua, tipe rigid. Suspensi tipe ini tidak dapat bergerak bebas karena axle terhubung langsung pada bodi mobil dan frame pegas. Jadi, ketika jalanan tidak rata, kedua roda akan saling mempengaruhi. Letak suspensi ini berada di posisi belakang bodi mobil, tepat di bawah kursi penumpang belakang. Tipe suspensi ini cocok digunakan pada mobil yang membawa beban berat, misalnya truk atau bus.

3. Tie rod

Tie rod berfungsi sebagai penghubung stir dan pengikat roda agar roda dapat berbelok ke kiri dan kanan. Bentuknya bundar dan besarnya seperti kelereng. Apabila daya ikat tie rod longgar, maka akan terdengar bunyi pada roda karena roda tidak stabil.

Penyebab tie rod longgar adalah benturan keras atau usia pakai komponen yang sudah lama. Gejala kerusakan pada tie rod dapat terasa ketika melaju di jalanan berlubang. Bisa juga di cek menggunakan dongkrak mobil dan menggoyangkan roda ke kiri dan kanan. Kalau roda bergoyang, kemungkinan tie rod rusak.

4. Ball joint

Komponen kaki kaki mobil ini berbentuk seperti bola. Letaknya berada di dudukan roda dan berfungsi sebagai penghubung lengan ayun sehingga suspensi lebih mudah bergerak dan menahan roda agar tidak lepas dari chasis roda. 

Untuk mendeteksi kerusakan ball joint caranya adalah dengan mendongkrak bagian depan mobil dan letakkan linggis di antara ball joint dan sisi lain yang juga sebagai dudukan roda. 

Kemudian, gerakkan linggis naik dan turun. Kemudian cek apakah mur pengancingnya kencang atau tidak. Kalau mur pengancingnya keras tetapi longgar, maka artinya ball joint harus diganti. Kerusakan pada ball joint akan membuat ban cepat aus dan bergelombang.

5. Bushing

Bushing berfungsi sebagai peredam getaran agar tidak mengganggu komponen dengan metal lain yang berhubungan. Bentuknya karet dan terletak di dua tempat. Ada bushing stabilizer yang berfungsi sebagai pengikat ke chasis mobil serta penyeimbang suspensi kiri dan kanan. Ada pula bushing swing arm yang berfungsi meredam getaran saat mobil berjalan.

Bushing bisa rusak atau getas karena suhu panas dari mobil. Beban kerja dan guncangan juga bisa membuat bushing cepat rusak. Kamu bisa merasakan kerusakan bushing ketika melaju di jalan yang tidak rata dan stir bergerak sendiri padahal tidak digerakkan. Kemudian, terdengar bunyi decitan pada bagian bawah jok depan saat melaju di jalanan rata. Kerusakan juga bisa terasa apabila mobil terasa oleng.

6. Bearing

Komponen kaki kaki mobil yang terakhir yang akan kita bahas adalah bearing. Bearing atau juga disebut laher berfungsi sebagai bantalan roda agar dan memperkecil gesekan pada sumbu putar sehingga putaran roda terasa lebih halus.

Bearing yang rusak akan membuat roda cepat panas, bergetar, bahkan komponen putar di dalamnya bisa patah. Kerusakan ini bisa disebabkan oleh pemakaian, usia pakai, dan kualitas barang. Gaya berkendara yang ugal-ugalan akan membuat bearing cepat rusak.

Kerusakan akan terasa apabila terdengar bunyi gemuruh yang berasal dari bearing bagian depan ketika mobil melaju di kecepatan 40-50 km/jam. Semakin tinggi kecepatan mobil, bunyinya terdengar lebih berisik.

Cara mengecek apakah bearing rusak atau tidak adalah dengan mendongkrak mobil sampai roda depan terangkat dan tidak menyentuh tanah, kemudian putar ban searah jarum jam. Apabila terdengar suara berderit atau terasa getaran, kemungkinan bearing sudah aus atau kering. Kalau gerakannya tidak wajar atau oblak, artinya bearing sudah rusak.

Nah kita sudah membahas tentang komponen kaki kaki mobil, sekarang mari kita lanjut membahas tentang biaya servis kaki kaki mobil biar Sahabat tau harga pasarannya.

Biaya Service Kaki kaki Mobil

Biaya service kaki kaki mobil biasanya cukup terjangkau. Contohnya untuk Toyota Avanza saja cukup Rp277 ribu untuk jasa pengerjaan shockbreaker belakang kanan dan kiri, sedangkan untuk bagian depan sekitar Rp382 ribu. 

Sementara itu untuk harga satuan shockbreaker depan Avanza sekitar Rp850–950 ribuan. Harga untuk shockbreaker belakang sekitar Rp450 ribuan per item.

Berikutnya inilah kisaran harga service kaki-kaki mobil.

Komponen

Biaya Service

Bushing arm

Rp300 ribuan

Tie rod

Rp340 ribuan

Ball joint

Rp90–150 ribuan

Link stabilizer

Rp40 ribuan

Bearing belakang

Rp80 ribuan

Bearing depan

Rp160 ribuan

 

Nah Sahabat, itulah informasi tentang kaki kaki mobil mulai dari komponen hingga biaya servisnya. Semoga informasi yang Garasi.id berikan bisa bermanfaat untuk semua Sahabat Garasi ya. 

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 28 Apr 2022 | 11:41 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkakikakimobiltierod
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family