Dibutuhkan perawatan khusus untuk merawat atap yang memiliki sunroof, moonroof maupun panoramic roof
Membuka sunroof berarti memberikan akses ekstra untuk udara dan sinar matahari

Apa Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof

24 Jul 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN

Pernahkah Sahabat memperhatikan keberadaan kaca di atap mobil? Ternyata ada beberapa jenis kaca atap mobil, yaitu sunroof, moonroof, dan panoramic roof. Ada banyak orang di luar sana yang meskipun mengaku penggemar otomotif, namun tetap saja tidak bisa membedakan antara mana yang sunroof, moonroof, serta panoramic roof.


Baca juga: Tampil mewah dengan sunroof, pahami jenis dan cara merawatnya


Tren memasang jendela pada atap mobil memang sudah lama dilakukan oleh produsen-produsen mobil. Bahkan, membuat jendela pada atap mobil sudah dilakukan sejak tahun 1937 oleh Nash Motor Company. Selanjutnya, teknologi tersebut berkembang pesat hingga muncul wujud yang lebih inovatif dari jendela atap mobil ini seperti sunroof, moonroof, dan juga panoramic roof

Pada dasarnya, ketiga jenis kaca atap memiliki fungsi yang sama persis, yakni agar penumpang dapat menikmati pemandangan di luar mobil. Namun bila dilihat dari segi cara kerja, masing-masing memiliki perbedaan yang sangat jelas. Lalu, apa sih yang membedakan dari tiga jenis kaca atap mobil tersebut? Berikut penjelasannya seperti dilansir di otosia.com :


Sunroof

Sunroof adalah istilah yang paling umum dipakai oleh para produsen mobil buat menamakan fitur panel kaca yang tersemat pada mobil mereka. Kenyataannya, sunroof adalah sebuah panel atap yang bisa dibuka biar udara dan sinar matahari bisa masuk ke dalam mobil.

Apa Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof


Panel tersebut menggunakan bahan yang sama dengan bodi mobil, bukan pakai kaca. Kalo yang pakai kaca namanya moonroof. Seiring dengan perkembangannya sunroof pakai sistem kelistrikan mobil. Sistem ini dahulu digunakan sebagai teknologi ventilasi bus kota, dimana udara dapat mengalir bebas melalui ventilasi tersebut.


Moonroof

Jenis atap yang kedua adalah moonroof. Sebenarnya moonroof tidak jauh beda dengan sunroof. Perbedaannya hanya rel yang mengarahkan atap bergerak ke arah mana. Bila sunroof mengangkat kaca, sebaliknya, moonroof justru memasukkan kaca ke dalam atap sehingga tidak mengganggu aliran udara. Kaca seperti ini terkadang rawan macet. Dan ketika macet, sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu, kaca ini biasa digerakkan secara otomatis dengan tombol tertentu sehingga tidak membuat rel mudah macet.

Apa Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof


Awalnya, moonroof adalah istilah yang dibuat oleh John Atkinson pada tahun 1970 dimana manager marketing dari Ford ini menamakan panel kaca pada mobil Lincoln Mark IV sebagai moonroof untuk membedakan dengan sunroof yang sudah pernah ditemukan sebelumnya.


Panoramic Roof

Jenis atap terakhir adalah panoramic roof. Jenis kaca atap ini sering juga disebut sebagai panoramic roof. Model ini menggunakan ukuran kaca yang cukup besar, bahkan hampir sebesar atap mobil itu sendiri. Lalu kaca tersebut tidak bisa bergerak, yang bergerak justru atap yang ada di bawahnya alias penutupnya.

Apa Perbedaan Sunroof, Moonroof dan Panoramic Roof


Tidak ada fungsi sebagai ventilasi udara pada panoramic roof karena memang tujuan utamanya adalah untuk memberi pengalaman menarik bagi pengguna mobil untuk mengendarai mobil sambil menikmati pemandangan luar. Jika sedang tidak ingin melihat pemandangan luar atau matahari sedang sangat terik, panoramic roof bisa ditutup dengan lapisan atap mobil sehingga tak lagi berupa kaca besar, namun kembali seperti atap mobil pada umumnya.


Kalian lebih pilih yang mana: sunroof, moonroof, panoramic roof, atau sekaligus panoramic sunroof yang bisa menjalankan fungsi sunroof dan panoramic roof sekaligus?


Foto : Pinterest

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 24 Jul 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN