Plat putih bertuliskan merah  hanya boleh digunakan dari pabrik ke dealer dan dari dealer ke rumah pembeli.
Setiap huruf dan angka di plat nomor memiliki arti masing-masing

Arti Dari Plat Nomor Kendaraan yang Sahabat Miliki !

14 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN

Sahabat pastinya memiliki kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor bukan di rumahnya? Tahukah kamu setiap huruf setelah angka pada nomor plat kendaraan memiliki arti tersendiri? Apalagi kendaraan bermotor di Jakarta yang Sahabat tau sangat mendominasi di setiap penjuru wilayah. Namun plat B yang terdaftar sebagai kendaraan asal kota Jakarta tidak hanya dipakai di Jakarta saja namun di wilayah seperti Depok, Bekasi, Tangerang dan sekitarnya juga ikut menggunakan plat B. 

Lantas, bagaimana cara membedakan dari mana kendaraan tersebut berasal jika kode plat depan yang digunakan sama-sama berinisial B? 


Nomor polisi yang ada pada mobil diberikan sesuai dengan urutan pendaftaran kendaraan bermotor. Nomor urut tersebut terdiri dari angka 1 sampai dengan angka 4 dan posisinya ditempatkan setelah kode wilayah pendaftaran.

Untuk wilayah DKI Jakarta sendiri, penggunaan angka 1-2999 dialokasikan untuk kendaraan penumpang, 8000-8999 untuk kendaraan penumpang/barang, 3000-6999 untuk sepeda motor, 7000-7999 untuk bus, dan 9000-9999 untuk truk atau kendaraan pengangkut beban.

 

Bila nomor urut pendaftaran yang telah dialokasikan habis digunakan, makan nomor urut pendaftaran berikutnya kembali ke nomor awal yang telah dialokasikan dengan diberi tanda pengenal berupa abjad dari A sampai Z di belakang angka pendaftaran. Khusus untuk DKI Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi penulisan huruf abjad di belakang angka telah mencapai 3 huruf abjad yang melambangkan tempat kendaraan tersebut terdaftar, jenis kendaraan (golongan), dan abjad terakhir sebagai pembeda saja. 

Arti Dari Plat Nomor Kendaraan yang Sahabat Miliki !



Misalkan Sahabat memiliki mobil dengan plat nomor B 4433 SAT, B melambangkan plat nomor kendaraan yang terdaftar di wilayah DKI Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Selanjutnya, nomor/angka 4433 pada plat nomor mobil yang Sahabat miliki dialokasikan untuk mobil untuk mengangkut penumpang. Huruf abjad di belakang angka mewakili daerah tempat mobil tersebut terdaftar, dalam kasus ini : 

S merupakan daerah Jakarta Selatan

A melambangkan mobil Sahabat berjenis sedan/pick up

T adalah abjad pembeda saja. 

Untuk lebih jelas dari wilayah mana mobil Sahabat terdaftar dan berjenis apa mari simak kode-kode abjad di bawah ini: 

B - wilayah Jakarta Barat

C - wilayah Kota Tangerang

E - wilayah Depok

F - wilayah Kabupaten Bekasi

G - wilayah Kabupaten Tangerang SAMSAT Tigaraksa

K - wilayah Kota Bekasi

N - wilayah Kabupaten Tangerang SAMSAT BSD

P - wilayah Jakarta Pusat 

S - wilayah Jakarta Selatan

T - wilayah Jakarta Timur

U - wilayah Jakarta Utara

V - wilayah Kota Tangerang SAMSAT Ciledug

W - wilayah Kota Tangerang Selatan

Z - wilayah Kota Depok


Sedangkan abjad kedua setelah angka pada plat nomor kendaraan mewakili jenis kendaraan berdasar golongan. Berikut daftarnya :

A - kendaraan berjenis Sedan/Pick Up

D - kendaraan berjenis Truk

F - kendaraan berjenis Minibus, Hatchback, City Car

J - kendaraan berjenis Jip dan SUV

Q - kendaraan staf pemerintahan

T - kendaraan berjenis Taksi

U - kendaraan staff pemerintahan

V - kendaraan berjenis Minibus


Aturan tersebut hanya berlaku untuk kendaraan beroda empat atau lebih, jadi kalau kamu hanya memiliki motor Sahabat hanya bisa mengetahui dari mana wilayah motor tersebut terdaftar. Nah jika Sahabat sering melihat plat dengan huruf belakang RFS, RFD,RFL,RFU, dan RFP itu merupakan plat nomor kendaraan pejabat negara. Biasanya yang mendapatkan plat tersebut merupakan pejabat negara eselon II ke atas hingga menteri. Untuk kendaraan pejabat diplomatik seperti pejabatan kedutaan besar biasanya diberikan plat khusus seperti CD dan CC. 


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 14 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN